Kamis, Desember 13

Posisi Duduk Yang Menunjang Kesehatan


Kamu Penggemar Buku Lang Leav dan Amari Soul? Cek buku terbarunya (Popular Book) "Memories" by Lang Leav, Love and Misadventure by Lang Leav (English Version), Reflections Of A Man by Mr. Amari Soul
loading...
Artikel Penting | Catatan Pengalaman | Tulisan Bebas -  Selamat pagi sobat, di pagi yang cerah berawan ini kita akan menambah wawasan berguna tentang cara duduk dengan posisi yang menyehatkan. Sebagian besar orang mungkin tidak begitu memperhatikan aspek kesehatan yang satu ini, posisi duduk. Sudah tentu kita masing-masing pasti memiliki posisi duduk yang berbeda-beda sesuai kebiasaan yang sering kita lakukan. Namun, perlu sobat ketahui bahwa posisi duduk yang salah bila terus dilakukan akan sangat mempengaruhi kesehatan bahkan umur sobat sekalian. Artikel ini sangat berguna terlebih khusus untuk sobat yang dalam dunia kerja sehari-hari, harus duduk di belakang meja dalam waktu yang lama.
Faktanya:
  • Manusia duduk 9.3 jam sehari, jauh lebih banyak dari waktu yang dihabiskan buat tidur (7.7 jam).
  • Duduk +6 jam perhari dapat meningkatkan risiko kematian sampai 40 % dalam waktu 15 tahun, dari pada yang duduk 3 jam perhari.
  • Duduk dapat membuat anda gemuk. Orang obesitas duduk lebih banyak 2.5 jam per hari dibandingkan orang biasa. 1 dari 3 orang Amerika terkena obesitas.
  • Dari tahun 1980 -2000, waktu orang duduk meningkat 8 %, obesitas menjadi dobel.
  • Duduk menghabiskan hampir 0 energi Saat anda mulai duduk, aktivitas elektrik di otot kaki berhenti, pembakaran kalori menurun 1 per menit, enzim yang menolong pengurangan berat badan menurun 90 %.
  • 2 jam setelah anda duduk, kolesterol yang baik turun 20%, 24 jam setelah anda duduk, efektifitas insulin menurun 24 % dan resiko diabetes meningkat.
  • Enzim yang membantu pelarutan lemak turun 90%
  • Orang-orang yang duduk 3 jam atau lebih perhari menonton TV 64 % lebih beresiko mati karena serangan jantung. Setiap tambahan 1 jam menonton TV, meningkatkan 11% resiko kematian.
  • Duduk yang baik adalah dengan sudut 135 derajat.

Postur tubuh setiap orang sangat dipengaruhi oleh kebiasaannya memposisikan tubuhnya, baik saat berdiri, duduk, maupun tidur. Karena kebanyakan kita bekerja dengan posisi duduk dalam waktu yang lama, kita harus tahu bagaimana posisi duduk yang benar. Selain menjaga kesehatan tulang belakang, posisi duduk yang benar membuat postur tubuh secara keseluruhan tetap tegak dan terjaga.


Berikut tips singkat posisi duduk yang benar:
  1. Duduk tegak dengan punggung lurus dan bahu ke belakang. rasakan posisi bokong menyentuh bagian belakang kursi Anda. normalnya, lengkungan tulang belakang akan tampak saat duduk. Letakkan bantal kecil atau lumbar roll (kayu gulungan penyandang tulang belakang) untuk membuat posisi lengkungan tulang belakang Anda normal.
  2. Bagaimana memastikan posisi kita sudah benar walau tidak memakai back support (penyandang tulang belakang)? • duduklah di ujung belakang bangku, lalu membukuklah dalam-dalam • angkat tubuh Anda dan buatlah lengkungan tulang belakang ke depan sejauh mungkin, tunggu beberapa saat • kemudian, kendurkan posisi tersebut ke belakang sampai 10 derajat. inilah posisi terbaik Anda. 
  3. Seimbangkan beban tubuh ke seluruh tubuh, bahkan pada kedua pinggul Anda. 
  4. Tekuk lutut pada sudut yang benar, dengan posisi lutut lebih tinggi dari pinggul. 
  5. Letakkan kaki pada pijakan (palang kayu yang biasanya terdapat di bawah meja) dan hindari menyilangkan kaki. 
  6. Jaga posisi kaki sejajar dengan lantai. 
  7. Hindari duduk dengan posisi yang sama lebih dari 30 menit. 
  8. Letakkan kursi tidak terlalu jauh dari meja dan komputer, sehingga nyaman saat Anda bekerja (tidak perlu menarik otot untuk meraihnya). 
  9. istirahatkan sesekali lengan dan siku Anda di atas meja atau pegangan kursi, dan buatlah bahu Anda tetap rileks. 
  10. Jangan memelintir punggung Anda saat berputar hendak mengambil sesuatu. Putarlah seluruh tubuh untuk meraihnya. ini juga berlaku jika Anda menggunakan kursi kantor yang dapat diputar.
  11. Bergeraklah ke depan saat hendak berdiri, dengan kaki lurus. Jangan memutar pinggang.
Demikian tips-tips sehat kali ini, semoga sobat bisa mulai mempraktekkannya dan mulai merasakan manfaat dari duduk sehat ini. Baca juga "Posisi Tidur Menentukan Kepribadian Seseorang". Salam sehat selalu!

Sumber: Nota Sehat Pondok Indah HealthCenter, BBC News,

Judul Artikel: Posisi Duduk Yang Menunjang Kesehatan
Link URL : http://debrianruhut.blogspot.com/2012/12/posisi-duduk-yang-menunjang-kesehatan.html
Jangan lupa untuk membagikan artikel Posisi Duduk Yang Menunjang Kesehatan ini jika bermanfaat bagi sobat.

Debrian Ruhut says: Indonesian blogger, ten-fingers typist, pepsi hater, mommy cuisine lover, dog lover, and thank GOD a cum-lauder too :P ▬ You may share the article but don't forget to write the source link. No plagiarism please.
Next Prev Home
Pengunjung yang baik selalu memberikan Komentar. No Sara. No Spamming. Bersama, kita bangun blogger Indonesia lebih cerdas dan kreatif. Terima Kasih :)

4 komentar:

Walaupun untuk kesehatan tapi tetap aja cara duduknya ribet -_-

haha, betul juga gan. sempet coba, jadi gak betah lama. Apa karena ndak terbiasa ya ? atau karena kebiasaan selama ini.

btw, saya termasuk rada sering duduk setiap hari. Blm dikantor + dirumah lagi (sambil inetan). bisa-bisa 10jam ++ /hari.

nice share nih, buat admin makasih banyak udah mengingatkan efek buruk dan sekaligus memberi solusi duduk sehatnya.

salam sukses,
Bang-Is

visit back
http://tutorials1927.blogspot.com/2012/12/how-to-host-jquery-script-in-blogger.html
http://tutorials1927.blogspot.com/2012/12/function-absolute-at-your-css-tips-for.html
http://tutorials1927.blogspot.com/2012/12/what-function-margin-at-your-css-tips.html
http://tutorials1927.blogspot.com/2012/12/how-to-change-blogger-background.html

Poskan Komentar

PageRank

Free PageRank Checker
 

Debrian Ruhut Blog. © May 2009 - 2016 All Rights Reserved Revolution Two Church theme by Brian Gardner | Terms Of Service | Privacy Policy | Powered By Blogger |