Selasa, Desember 11

Tips Belajar Web Programming (From Zero to Hero)


Artikel Penting | Catatan Pengalaman | Tulisan Bebas - Halo sobat semuaa! senang rasanya bisa memainkan lagi jari-jari tangan di keyboard kesayangan saya (di rumah)..hehe, maklum orang sibuk, jangankan menulis artikel, membuka blog saja hampir tidak pernah. :P Yang pasti saya hanya punya 1 komputer PC yang bisa akses internet, sehingga bila bepergian untuk waktu yang lama, saya tidak bisa berbuat apa-apa (hari gini..masih ga mobile, halah). Lupakan...

Saya melihat semakin hari semakin banyak bertebaran website buatan Indonesia dengan ide-ide kreatifnya. Semenjak mengenal istilah yang namanya "Start-up", orang-orang sepertinya mulai berlomba mengkreasikan ide baik untuk tujuan usaha ataupun sekedar hobi ke dalam bentuk website/aplikasi website. Seperti pada artikel "Ide Bisnis Startup Menarik 2012" yang lalu, sobat sekalian bisa melihat ada banyak sekali direktori website start-up yang sudah didaftarkan di situs startup lokal tersebut. Tidak ketinggalan website mesin pencari lagu Rohani buatan saya juga ikut nimbrung di sana (KidungOnline.com) :D Ya, website Start-up menurut saya tidak harus melulu soal bisnis dan usaha. Yang terpenting adalah bagaimana website tersebut memberikan nilai tambah (Value added) yang berguna bagi banyak orang. Tentu dengan ide yang sebisa mungkin baru, yang belum pernah ada di internet.

Beranjak dari hal itu, saya sebagai pemula web programmer yang "dulunya" belajar secara otodidak, ingin memberikan sedikit tips bagi sobat yang ingin mempelajari bagaimana membuat website untuk mendukung ide sobat sekalian. Ingat, Ide tanpa kemampuan adalah NOL besar. Sedangkan kemampuan tanpa IDE bagaikan tukang kayu yang tidak memiliki bahan kayu. So, tetapkan niat sobat untuk belajar web programming, sambil bisa berdiskusi dengan teman satu TIM sobat dalam membangun Start-Up sobat sendiri.

Okay, waktu lalu saya sudah menulis tentang "Cara Mudah Mendesign Website Untuk Pemula". Dari artikel itu sebenarnya sobat bisa meletakkan dasar untuk memulai membuat website. Namun, saya menyadari bahwa ada sebagian besar dari kita yang bahkan belum mengenal pemrograman dasar HTML, dan CSS tapi memiliki ide yang bagus untuk diterapkan. Tidak usah bingung, ada banyak website di internet yang memberikan kita pembelajaran kedua bahasa pemrograman web dasar tersebut. Sobat bisa menengok kembali artikel mengenai "Kursus Web Design Gratis (Online)" pada artikel sebelumnya. Disana saya sediakan banyak referensi untuk memulai belajar 2 bahasa pemrograman dasar web di atas. Bila sobat sudah mahir kedua bahasa pemrograman tersebut, saatnya sobat MOVE ON..Ups, maksudnya bukan dilupain begitu aja, tapi marilah kita beranjak ke jenjang yang lebih menantang lagi,.. hehe

Secara umum, alur belajar web programming dapat di urutkan sebagai berikut:
  • (1) Belajar HTML dan CSS
  • (2) Belajar PHP
  • (3) Belajar Javascript
  • (4) Belajar script-script tambahan (Ajax, Jquery, dll)
  • (5) Belajar Framework
1. HTML & CSS

Langkah paling pertama yang harus dipelajari adalah HTML (Hyper Text Markup Language), HTML ini wajib dikuasai untuk membuat web karena secara garis besar HTML ini berfungsi untuk menampilkan komponen – komponen dasar website kita di browser seperti menampilkan tulisan, link, garis, dll. tetapi, HTML hanya dapat menampilkan komponen – komponen dasar saja, dengan tampilan yang juga mendasar, untuk membuat website yang baik, salah satu syaratnya tentu saja website kita harus menarik, jadi kita juga perlu mempelajari CSS (Cascading Styles Sheet). CSS ini berfungsi untuk mempercantik tampilan website kita, mempercantik komponen – komponen HTML yang tadi telah kita buat, dan bahkan bisa membuat efek – efek sederhana pada tampilan website kita. Jika telah menguasai dua bahasa ini, Sobat sudah dapat membuat sebuah Website statis dengan tampilan menarik.

2. PHP

Selanjutnya, yang harus dipelajari adalah PHP. Secara garis besar PHP ini berfungsi untuk membuat website kita lebih dinamis, artinya website yang dinamis adalah website yang memungkinkan user atau pengunjung untuk berinteraksi dengan website kita, contohnya seperti E-Commerce, Jejaring sosial, Forum / komunitas, dll. jadi dengan PHP ini memungkinkan kita untuk menyisipkan logika – logika program di sintaks HTML yang telah kita buat.

3. JAVASCRIPT

Fungsi javascript hampir sama dengan PHP, hanya terdapat beberapa fungsi dan sintaks yang berbeda, yang tentu saja masing – masing memliki kelebihan dan kekurangan ,masing – masing, sehingga kita juga harus mempelajari keduanya, sama halnya dengan PHP, penggunaan JAVASCRIPT juga disisipkan di file HTML yang telah kita buat.

4. TAMBAHAN

Setelah menguasai keempat bahasa diatas sudah bisa membuat website yang baik dan menarik, dan Sobat juga sudah bisa disebut sebagai Web Developer. Namun untuk lebih mempercantik dan menyempurnakan website yang dibuat, Sobat juga perlu mempelajari beberapa bahasa seperti JQUERY, AJAX, dll. masing – masing memiliki keunggulan yang akan membuat webste Sobat terlihat semakin cantik, contohnya Sobat dapat membuat animasi – animasi dan effect yang baik dengan JQUERY, ditambah lagi beberapa kelebihan yang ditawarkan dibandingkan jika Sobat menggunakan FLASH.

5. FRAMEWORK

Sebagai web developer Sobat tentu saja juga membutuhkan FRAMEWORK untuk mempermudah pekerjaan Sobat. FRAMEWORK ini memiliki sangat banyak keuntungan mulai dari segi kemudahan, kecepatan proses develop, keamanan, dan kompabilitas. Oleh karena itu, hampir semua web developer profesional menggunakan FRAMEWORK untuk membuat sebuah Web. Ada banyak FRAMEWORK yang telah diciptakan seperti CodeIgniter, ZEND PHP, Kohana, Panada, Yii, dll.

(Disandur dari http://codycoding.wordpress.com)

BONUS: 
Buat sobat yang sudah tidak sabar belajar pada tingkatan yang ke-2 dan ke-3 bahkan yang tingkatan yang ke-4, saya akan memberikan referensi belajar yang bagus untuk sobat. Ada ebook gratis yang dibuat Om Desrizal dalam websitenya blog.codingwear.com, dengan judul "Panduan Lengkap PHP Ajax jQuery (bahasa Indonesia)" Download Di Sini.

Selain itu ada juga sumber bacaan lain yang akan memperkaya pengetahuan sobat khusus untuk bahasa pemrograman PHP, yaitu Buku "Menyelam dan Menaklukan Samudra PHP" Download Di Sini.

Oke, sekian sekelumit informasi yang bisa saya tulis pada artikel kali ini, semoga bisa memberikan inspirasi dan wawasan yang berguna, Selamat Belajar! :D

Judul Artikel: Tips Belajar Web Programming (From Zero to Hero)
Link URL : http://debrianruhut.blogspot.com/2012/12/panduan-tips-belajar-web-programming.html
Jangan lupa untuk membagikan artikel Tips Belajar Web Programming (From Zero to Hero) ini jika bermanfaat bagi sobat.

Debrian Ruhut says: Indonesian blogger, ten-fingers typist, pepsi hater, mommy cuisine lover, dog lover, and thank GOD a cum-lauder too :P ▬ You may share the article but don't forget to write the source link. No plagiarism please.
Next Prev Home
Pengunjung yang baik selalu memberikan Komentar. No Sara. No Spamming. Bersama, kita bangun blogger Indonesia lebih cerdas dan kreatif. Terima Kasih :)

0 komentar:

Posting Komentar

PageRank

Free PageRank Checker
 

Debrian Ruhut Blog. © May 2009 - 2021 All Rights Reserved Revolution Two Church theme by Brian Gardner | Terms Of Service | Privacy Policy | Powered By Blogger |