Jumat, November 16

Ide Bisnis Startup Menarik 2012


Artikel Penting | Catatan Pengalaman | Tulisan Bebas - Selamat datang kembali sobat! hadeh, sudah lama sekali saya tidak update artikel di blog ini. Sebenarnya banyak ide yang ingin saya tulis di blog ini, namun karena waktu yang tidak mendukung serta kegiatan di luar yang lagi padat-padatnya, baru kali ini saya nge-blog lagi. :D
Belakangan ini, sering kita mendengar kata "Bisnis Startup" di berbagai media internet ataupun forum. Dari pengertian Startup itu sendiri kita pasti sudah bisa memperkirakan apa arti kata tersebut. Berikut ini pengertian yang saya ambil dari berbagai sumber di internet:

A startup company or startup is a company with a limited operating history. These companies, generally newly created, are in a phase of development and research for markets.

Kalau diartikan dalam bahasa Indonesia, kira-kira begini terjemahannya:
Startup Lokal adalah perusahaan baru yang biasanya bergerak di bidang teknologi informasi dan menggunakan media internet sebagai platform nya. Perusahaan ini menghasilkan produk-produk digital (seperti aplikasi web atau layanan melalui website)
Dalam perkembangannya istilah bisnis startup atau startup lokal, tidak melulu berkaitan tentang produk-produk digital, tapi bisa juga berupa jasa ataupun tenaga yang bisa menambah nilai (value added). Siapa saja bisa mendirikan bisnis startup, tidak harus membentuk perusahaan.

Ingat, dalam bisnis startup, yang memegang peranan penting berkembangnya bisnis itu sendiri adalah ide yang kita ciptakan. Tentunya, ide yang sobat ingin ciptakan harus didukung dengan kemampuan teknis berupa pengetahuan IT Programming yang cukup, karena bila kita berbicara mengenai bisnis di internet, pasti berkaitan dengan membangun website. Membangun suatu website sendiri perlu pengetahuan programming yang baik, agar ide startup bisa diwujudkan.

Bila masih bingung, sobat bisa melihat beberapa contoh (bahkan banyak contoh) website startup buatan anak bangsa yang sedang berkembang. Lihat di website startuplokal.org.

Nah, dari beberapa bisnis startup yang ada tersebut, saya ingin membagikan juga ide bisnis startup versi saya sendiri. hehe, sebenarnya ide startup ini sudah pernah saya coba, namun karena kurangnya tenaga dan sumber daya yang saya miliki, ada beberapa yang tidak saya teruskan. Berikut ini saya listing beberapa ide startup yang bisa sobat coba, serta keuntungan dan kerugiannya dalam membangun startup tersebut:

1. Website Chatting, 
Plus:
(+) Menarik banyak pengunjung dan lama kunjungan.
(+) Traffic website dapat membuat keuntungan bagi pemiliknya melalui iklan.
Minus:
(-) Membutuhkan tenaga programmer mahir dalam membangun website chat
(-) Butuh resources dan bandwith yang besar untuk membangun website chat.

2. Search Engine (Directory),
Plus:
(+) Bila dikerjakan dengan serius, website bisa cepat terkenal untuk acuan informasi tertentu yang spesifik
Minus:
(-) Membutuhkan managemen database yang baik untuk memudahkan pencarian/pencarian cepat

3. Forum 
Website forum akan sangat nyata manfaatnya bila memiliki topik yang spesifik. Jangan membuat forum dengan topik yang umum atau general. Sebagai contoh, forum Adsense-id.com, dimana forum khusus untuk membahas masalah internet bisnis, adsense, dll.

4. Artikel Content
Website artikel sudah banyak menjamur belakangan ini. Website jenis ini membutuhkan informasi yang selalu update. Karena itu, sebaiknya sobat memiliki penulis/writer sendiri untuk mengisi artikel.

5. Download Content
Contoh sederhana website jenis ini yaitu, website blogger templates, dimana di website tersebut tersedia berbagai macam template blogger untuk di unduh gratis. Semakin bervariasi template blogger yang kita pasang, maka semakin ramai pula kunjungan ke website kita. Sobat bisa membuat dengan konsep yang sama (download content) untuk jenis content yang berbeda sesuai keinginan sobat.

6. Aplikasi Online
Khusus untuk website jenis ini, sobat sangat memerlukan kemampuan programming, karena website berbentuk aplikasi. Website aplikasi biasanya dibangun dengan menggunakan flash player. Contoh: Bitstrip.com yaitu website untuk membuat komik online, dan lain sebagainya.

Semua jenis strartup sebenarnya memiliki tujuan yang sama, yaitu bagaimana website kita dikenal banyak orang sehingga dapat menjadi acuan untuk kata kunci tertentu. Sudah disebutkan sebelumnya bahwa startup bisnis tidak melulu soal produk digital, tapi juga bisa berbentuk jasa yang dibutuhkan banyak orang.

Website yang sudah pernah saya bangun, www.kidungonline.com sudah masuk dalam jajaran startup lokal indonesia di situs startuplokal.org. Mari wujudkan ide-ide kreatif-mu kawan. Semoga artikel ini bisa memberikan inspirasi, salam kreatif! :)

Judul Artikel: Ide Bisnis Startup Menarik 2012
Link URL : http://debrianruhut.blogspot.com/2012/11/ide-bisnis-startup-menarik-2012.html
Jangan lupa untuk membagikan artikel Ide Bisnis Startup Menarik 2012 ini jika bermanfaat bagi sobat.

Debrian Ruhut says: Indonesian blogger, ten-fingers typist, pepsi hater, mommy cuisine lover, dog lover, and thank GOD a cum-lauder too :P ▬ You may share the article but don't forget to write the source link. No plagiarism please.
Next Prev Home
Pengunjung yang baik selalu memberikan Komentar. No Sara. No Spamming. Bersama, kita bangun blogger Indonesia lebih cerdas dan kreatif. Terima Kasih :)

0 komentar:

Posting Komentar

PageRank

Free PageRank Checker
 

Debrian Ruhut Blog. © May 2009 - 2021 All Rights Reserved Revolution Two Church theme by Brian Gardner | Terms Of Service | Privacy Policy | Powered By Blogger |