Sabtu, Juni 9

4 Tips Mengatasi Sulit Tidur (Insomnia)


Kamu Penggemar Buku Lang Leav dan Amari Soul? Cek buku terbarunya (Popular Book) "Memories" by Lang Leav, Love and Misadventure by Lang Leav (English Version), Reflections Of A Man by Mr. Amari Soul
loading...
Artikel Penting | Catatan Pengalaman | Tulisan Bebas - Halo sobat blogger! berapa banyak dari sobat sekalian yang sering mengalami insomnia atau susah tidur? Sudah tahu besok harus berangkat kantor pagi-pagi atau mungkin ada ujian sekolah sehingga harus bangun pagi untuk mempersiapkan materi, namun malamnya kita malah tidak bisa tidur? Keadaan ini tentu sangat menyiksa dan dilema. Seperti artikel yang pernah juga di bahas dalam blog ini mengenai 10 Tips Mengatasi Insomnia (Bagian I), artikel kali ini merupakan masukan dari dokter Aditya Toga dalam tulisannya di blog healthywaytogo.blogspot.com, yang berjudul "Four Tips to Overcome Insomnia".

Artikel ini sengaja dibuat dalam 2 bahasa, yaitu Inggris dan Indonesia. Versi bahasa Inggris bisa sobat lihat di link ini, sedangkan versi bahasa Indonesianya lebih lanjut ada di bawah ini. Artikel ini saya request langsung dari dr. Aditya Toga untuk dimuat di blog ini. Semoga tips sederhana ini bisa membantu sobat sekalian mengatasi sulit tidur/insomnia. :D

Insomnia atau sulit tidur adalah masalah kesehatan yang sering dialami saat ini. Lebih dari 95% orang pernah mengalami masalah ini dalam hidupnya. Insomnia itu sendiri bisa menjadi penyakit jika keluhan terkait dengan kesehatan dan kegiatan sehari-hari. Dampak yang paling jelas adalah berkurangnya konsentrasi di pagi hari, kehilangan suasana hati / semangat, lebih emosional dan rendahnya mood.

Insomnia dibagi menjadi dua kelompok, Insomnia Primer dan Insomnia Sekunder. Insomnia primer sedikit atau bahkan tidak sama sekali terkait dengan berbagai acara dan stres, sedangkan insomnia sekunder adalah kondisi yang disebabkan oleh nyeri, kecemasan, depresi pengobatan, atau stres berat. Insomnia bisa dialami dengan berbagai variasi kejadian, yakni kejadian sulit untuk tidur; memiliki kesulitan untuk tetap tidur (terbangun dari tidur secara berulang-ulang); atau sering terbangun di malam hari atau juga bangun terlalu pagi.

Keluhan insomnia atau kesulitan tidur terutama dialami oleh remaja dan dewasa muda berusia 20-30 tahun, dan insiden yang lebih tinggi di usia 60 tahun atau lebih tua. Faktor yang terkait dengan insomnia diantaranya aktivitas fisik, faktor makanan, obat, psikososial dan faktor lingkungan.

Berikut adalah 4 tips untuk mengatasi insomnia atau sulit tidur :

A. Jika Anda tidak bisa tidur, cobalah berjalan kecil atau ringan-sedang latihan, seperti push up / sit up sebelum tidur, pada beberapa orang dapat mengatasi masalah insomnia. Tubuh akan merasa lelah dan tertidur tanpa menyadarinya.

B. Dengarkan lagu atau musik yang menenangkan. Cari lagu dengan irama lambat dan tenang, seperti lagu klasik dari mozart atau bach. Cobalah untuk menutup mata Anda, rileks pikiran Anda mengambil napas dalam dan menikmati musik. Ingatlah untuk mengatur lagu sehingga lagu tersebut bisa otomatis dimatikan setelah 30 menit atau 1 jam.

C. Cobalah gerakan-gerakan relaksasi di tempat tidur. Berbaring dengan punggung, tutup mata Anda dan mencoba untuk naik turun kaki Anda perlahan-lahan naik turun. Hal ini dilakukan, menempatkan tangan kanan dan perut tersebut akan dipindahkan searah jarum jam perlahan. Rasakan kehangatan gerakannya saat bernapas secara teratur.

D. Minum susu hangat atau makan sandwich atau kue keju. Makanan atau minuman yang tinggi asam amino triptofan memiliki efek menenangkan yang membantu kita untuk lebih mudah mengantuk.

Contoh lagu yang bisa menenangkan 

Tambahan Hal yang Perlu Diperhatikan
  • Hindari merokok, kafein atau alkohol. Hal ini karena bahan ini perangsang
  • Hindari makan, terutama makan besar, yang dekat dengan waktu tidur. Selang waktu antara waktu makan dan waktu tidur paling tidak 1 jam
  • Hindari tidur di siang hari
  • Mengatur kondisi kamar tidur supaya nyaman, tersedia sirkulasi udara yang baik. 
  • Hindari tumpukan - tumpukan barang di kamar tidur.

Jika tips ini tidak membantu, berkonsultasilah dengan dokter pribadi Anda, untuk mendapatkan solusi yang sesuai dengan keadaan Anda saat itu.


Referensi - dr. Aditya Toga @aditya_toga | Blog HealthyWayToGo.blogspot.com

Judul Artikel: 4 Tips Mengatasi Sulit Tidur (Insomnia)
Link URL : http://debrianruhut.blogspot.com/2012/06/4-tips-mengatasi-sulit-tidur-insomnia.html
Jangan lupa untuk membagikan artikel 4 Tips Mengatasi Sulit Tidur (Insomnia) ini jika bermanfaat bagi sobat.

Debrian Ruhut says: Indonesian blogger, ten-fingers typist, pepsi hater, mommy cuisine lover, dog lover, and thank GOD a cum-lauder too :P ▬ You may share the article but don't forget to write the source link. No plagiarism please.
Next Prev Home
Pengunjung yang baik selalu memberikan Komentar. No Sara. No Spamming. Bersama, kita bangun blogger Indonesia lebih cerdas dan kreatif. Terima Kasih :)

4 komentar:

terima kasih atas artikel yg bermanfaat ini..

saya menawarkan .

saling follow follow-an .

kamu follow blog aku, akan aku follow balik,, :)

Bila anda tertarik silahkan kunjungi blog saya..

Tolong tinggalkan jejak agar saya bisa memfollow balik blog anda.

saya akan menepati janji saya..

Terima kasih

#Semoga Sehat Selalu..

@Darmawan Saputra: Ok sob, saya sudah follow blognya..Semoga bisa saling berbagi informasi, #salam sehat :)

Bagus artikelnya, terima kasih untuk infonya..

Poskan Komentar

PageRank

Free PageRank Checker
 

Debrian Ruhut Blog. © May 2009 - 2016 All Rights Reserved Revolution Two Church theme by Brian Gardner | Terms Of Service | Privacy Policy | Powered By Blogger |