Senin, Desember 26

Otodidak : Tutorial Web Design (Wordpress Theme)


Kamu Penggemar Buku Lang Leav dan Amari Soul? Cek buku terbarunya (Popular Book) "Memories" by Lang Leav, Love and Misadventure by Lang Leav (English Version), Reflections Of A Man by Mr. Amari Soul
loading...
Artikel Penting | Catatan Pengalaman | Tulisan Bebas - Memilih tema suatu blog bisa dibilang gampang-gampang susah. Suatu design blog yang kita lihat, pada awalnya mungkin sangat menarik, namun lama-kelamaan timbul rasa bosan atau bisa jadi template yang kita pakai terlalu kaku atau terlihat tidak dinamis. Siapa saja pasti ingin memiliki blog yang terlihat cantik dan menawan, tapi perlu diingat juga bahwa tampilan yang wah! tersebut tidak boleh malah membuat blog kita jadi berat untuk di-load. Maksud hati ingin menampilkan yang terbaik, tapi pengunjung malah kabur duluan karena menunggu lama blog kita di-load. Jika sudah mencari ke beberapa situs dan tidak menemukan tema blog yang tepat, maka satu-satunya solusi adalah membuat design template sendiri. Apakah sobat tertantang untuk melakukannya? Simak terus artikel ini. :)

Oke, langsung aja, dalam postingan kali ini saya membaginya menjadi 2 bagian pembahasan, namun masih dalam satu postingan. Bagian pertama saya akan memberikan sumber tempat terbaik untuk mendownload Theme Wordpress. Postingan ini merupakan lanjutan sekaligus feedback dari mas Shireishou pada artikel "Tempat Download Template Blogger Terbaik". Saya sengaja mengambil beberapa sumber wordpress theme buatan Indonesia, karena saya sendiri ingin Sobat termotivasi dengan beberapa rekan kita yang bisa sukses melalui karyanya di bidang design website/template wordpress ini. Untuk itu pada pembahasan yang kedua saya membagikan artikel tutorial Step-by-step membuat design website/blog sendiri. Dengan mempelajari proses pembuatan suatu design template website/blog, maka diharapkan kita akan memiliki kemampuan untuk memodifikasi design blog milik kita, agar terlihat menarik. 

Bagi sobat yang mungkin ingin mengembangkan ilmu ini menjadi peluang usaha sobat, maka saya sangat mendukung hal itu. Kreativitas sobat melalui suatu design website/blog merupakan karya yang tidak ternilai harganya. Sobat bisa membaca kisah sukses seorang otodidak designer web, Mas Anggi Krisna, yang bisa menghasilkan ribuan dollar per bulannya,  bekerja dari rumah menuangkan ide kreatif dalam suatu design wordpress theme. Semua tidak ada yang mustahil bila kita mau bekerja keras dan menekuni bidang design web ini. Melalui artikel yang singkat ini, saya hanya bisa membagikan ilmu yang saya tahu. Saya juga saat ini sedang tertarik menekuni bidang website designer ini. Semoga bermanfaat! :)

Bagian I
Tempat Download Templates Wordpress

1. 50 Free Wordpress Theme Buatan Blogger Indonesia - Saya kebetulan menemukan website yang membahas free wordpress theme buatan Indonesia secara lengkap, jadi saya tidak usah menulis panjang lebar lagi, sobat bisa kunjungi link situs di atas.
2. Free Wordpress Theme Pilihan Karya Anak Bangsa - Salut buat karya rekan kita yang sudah mewarnai beberapa design wordpress yang terpajang di beberapa situs internet. Beberapa sumber template tersebut bisa sobat download secara gratis. 
3. Wordpress Theme Gratis Bergaya Blog 2010 - Untuk sobat yang menginginkan tampilan blog yang lebih personal ala wordpress, sobat bisa memilihnya di sini.
4. Free Premium Wordpress Theme (Site5) - Tampilan wordpress theme premium ditawarkan secara gratis oleh situs Site5.com. Saya sendiri sudah pernah memakai salah satu template di situs ini. Tampilannya yang simple dan elegan langsung membuat saya jatuh cinta pertama melihat design template ini. Tidak hanya itu, disini kita juga diberikan dokumentasi lengkap bagaimana configurasi dan pengaturan template kita :)
Catatan Penting: Jangan mendownload template wordpress gratisan di situs yang tidak jelas. Pengalaman saya, banyak sekali script jahat yang disisipkan didalamnya, dengan tujuan agar website/blog kita dapat di bobol/hacked (Backdoor) atau hanya sekedar mencuri traffic (Black Marketing).

Bagian II
Belajar Design Website/Blog Secara Otodidak (Wordpress Platform)

Mungkin sobat sering bertanya dalam hati, bagaimana caranya saya bisa membuat theme wordpress sendiri? Saya sering bertanya hal itu dalam hati. Hal pertama yang saya lakukan adalah mencari di google tutorial membuat template wordpress sendiri. Saya mendapatkan satu-satunya tutorial berbahasa Indonesia membuat template wordpress sendiri di wordpress.or.id. Berikut ini ringkasannya:

Step by Step Membuat Themes WordPress
  1. Cara Membuat Theme WordPress
  2. Membangun Theme WP: Style.css
  3. Membangun WP Theme: index.php
  4. Bikin Theme WP: Designing
  5. Bikin Tema WP: Layout
  6. Membuat Theme: Heading
  7. Buat Theme WordPress: Blog Header
  8. Buat Theme WP: Konten
  9. Mengatur Konten dalam Themes WordPress
  10. Styling Konten WordPress
  11. Membuat Sidebar Widget
  12. Styling Sidebar
  13. Membuat Footer
  14. Membuat Custom Background
  15. Membuat Drop Down Menu
  16. Search Form Gaya dengan Image
  17. Memasang Featured Image
  18. Memperbaiki tampilan halaman depan
  19. Membuat Featured Slide Show
  20. Bermain-main dengan Looping WordPress
  21. Memecah File Themes
  22. Memecah Sidebar
  23. Membuat File Single.php, archive.php, dll
Tunggu dulu! 
Sobat ingin belajar men-design website sendiri atau ingin fokus langsung ke pembuatan template wordpress?
Bila ingin langsung fokus ke pembuatan template wordpress sobat bisa langsung ke pembahasan terakhir artikel ini. (Syarat: Sobat sudah mahir HTML, CSS + Graphic Design)
Kalau belum mahir, silakan lanjutkan membacanya :D

Step-step di atas tadi merupakan pedoman dasar pembuatan suatu template wordpress. Tentunya kita tidak serta merta langsung dapat mendesign suatu template. Kita membutuhkan beberapa Programming Skill + Graphic Design Skill (bila sobat serius menekuni design web)  yang sangat membantu kita mewujudkan Template Wordpress Buatan kita sendiri. Programming Skill yang saya maksudkan adalah bahasa pemrograman web seperti HTML, CSS, dan Javascript/JQuery (untuk tingkat lanjut programming). Sedangkan untuk Graphic Sesign Skill, sobat bisa memilih Photoshop sebagai senjata utama. Dengan menguasai beberapa skill ini, akan sangat membantu sobat sekalian yang ingin serius menekuni bidang website designer. Oke, untuk tahap pemula, kita memulai dulu belajar bahasa pemrograman HTML dan CSS. Kedua bahasa pemrograman ini sangatlah vital dalam membangun suatu website. Pengetahuan akan Javascript/JQuery hanya sebagai motor penggerak, agar tampilan website lebih hidup (animasi dan efek lainnya). Berikut ini step tutorial yang harus sobat mulai pelajari :

Referensi Utama Tutorial HTML, Download E-book ini (Bahasa Indonesia)
Referensi Utama Tutorial CSS, Download E-book ini (Bahasa Indonesia)

1. 50 Tutorial CSS/XHTML dalam Bahasa Indonesia - merupakan sumber belajar yang lengkap dan rinci mengenai CSS. Setelah mempelajari Ebook di atas, maka tambahan tutorial ini akan semakin memperkaya pengetahuan dan kemahiran sobat tentang CSS.

2. 10 Artikel / Tutorial CSS Framework dalam Bahasa Indonesia - sobat akan lebih bersemangat bila membaca artikel pada bagian ini. Penggunaan CSS Framework akan 10x meng-efisien-kan pekerjaan sobat dalam hal web design. Bayangkan, sobat bisa mendesign layout website lengkap hanya dengan 1 baris code CSS? Temukan pelajaran menarik lainnya di artikel bagian ini. :)

3. Daftar Situs Belajar Web Desain Dan Css Validator Lengkap (English Version) - Oke, bila sobat sudah menyelesaikan semua tutorial di atas, maka sobat tidak akan kesulitan lagi bila membaca tutorial terakhir ini. Tutorial ini hanya sebagai flash back pelajaran yang sudah sobat kuasai selama ini.

4. Aplikasi CSS pada Drop Down Menu -  Tutorial tambahan mengenai penggunaan CSS pada menu drop down. Sobat bisa langsung mendownload script menu drop down secara gratis dan lengkap dengan cara penggunaannya.

Tutorial Lanjutan Bagi Yang Sudah Mahir
Akhirnya sobat sampai juga tahap terakhir dari step-step belajar design website ini. Di bagian ini saya  memberikan referensi website tempat sobat mendownload Design Web gratis yang bisa sobat modifikasi untuk keperluan pembuatan template wordpress.


Dengan bekal ilmu yang sudah saya share di atas, saya yakin sobat yang ingin serius dalam bidang web design akan bisa menguasainya walaupun melalui metode Otodidak. Mungkin ada sumber-sumber bagus lainnya yang tidak bisa saya masukkan ke dalam tutorial ini, namun sobat sekalian bisa mencari sumber lain melalui google. Sampai jumpa pada artikel selanjutnya, semoga sobat tetap rajin menulis dan berbagi ilmu bersama melalui blogging :)

Judul Artikel: Otodidak : Tutorial Web Design (Wordpress Theme)
Link URL : http://debrianruhut.blogspot.com/2011/12/tutorial-web-design-wordpress-theme.html
Jangan lupa untuk membagikan artikel Otodidak : Tutorial Web Design (Wordpress Theme) ini jika bermanfaat bagi sobat.

Debrian Ruhut says: Indonesian blogger, ten-fingers typist, pepsi hater, mommy cuisine lover, dog lover, and thank GOD a cum-lauder too :P ▬ You may share the article but don't forget to write the source link. No plagiarism please.
Next Prev Home
Pengunjung yang baik selalu memberikan Komentar. No Sara. No Spamming. Bersama, kita bangun blogger Indonesia lebih cerdas dan kreatif. Terima Kasih :)

3 komentar:

kunjungan pertama ane gan, salam kenal yaa. semoga setiap artikel yang ada bermanfaat bagi pengunjung.

bgus bgt gan. ijin nongkrong ya

Terima kasih atas kunjungannya sob, semoga artikelnya bermanfaat..sukses selalu :D

Poskan Komentar

PageRank

Free PageRank Checker
 

Debrian Ruhut Blog. © May 2009 - 2016 All Rights Reserved Revolution Two Church theme by Brian Gardner | Terms Of Service | Privacy Policy | Powered By Blogger |