Sabtu, Desember 31

Apa Resolusi Kamu di Tahun 2012? (Let's Share)


Artikel Penting | Catatan Pengalaman | Tulisan Bebas - Akhirnya kita telah tiba pada penghujung tahun 2011 ini!! hoho. Mungkin banyak dari kita semua pada awal tahun 2011 yang lalu telah membuat komitmen tentang apa yang akan dilakukan atau target tahun ini. Apakah sobat sudah mewujudkan komitmen itu? waktunya kita berintrospeksi lagi, apakah masih ada target yang belum kita capai sampai saat ini. Dari beberapa pengalaman teman saya, ada beberapa resolusi yang paling sering saya temui. Kadang saya heran juga, karena resolusi mereka dari tahun ke tahun selalu sama alias tidak berubah. Saya jadi berpikir, apakah mereka setiap tahun tidak pernah mencapai target mereka sendiri?? tanya kenapa?

Saya sendiri pernah membuat resolusi yang menurut saya merupakan tantangan besar bagi saya. Waktu itu saya masih kuliah di bidang IT, dan saya membuat resolusi agar saya bisa mengetik dengan 10 jari. Saya berpikir, masa anak IT tidak bisa mengetik 10 jari? hal yang memalukan bukan? tapi itulah adanya. Awal mula belajar saya sangat kesulitan, karena biasanya juga menggunakan 11 jari. hehe. Ada masa-masa dimana saya putus asa dan kembali ke kebiasaan lama mengetik dengan 11 jari. Melihat teman-teman yang lain ada beberapa yang bisa mengetik dengan 10 jari, semangat saya menjadi terpacu kembali. Tugas kuliah yang kian menumpuk, mengharuskan saya untuk bekerja dengan lebih efektif dan efisien. Salah satu jalan keluarnya yakni harus bisa mengetik 10 jari. Jika mengingat masa itu jadi terharu juga rasanya. Mengerjakan tugas sambil berlatih menggunakan 10 jari untuk mengetik. Target yang sederhana, namun berdampak besar bagi kemajuan saya. Bagaimana? apakah sobat masih berpikir yang muluk-muluk tentang target yang akan di capai di tahun 2012 ini?
Kita memang harus berpedoman pada konsep S.M.A.R.T. Teori ini tidak serta merta menjadi patokan baku, tapi bisa di sesuaikan dengan kondisi sobat sekalian. Apa itu SMART?
projectsmart.co.uk
S = Specific, Significant, Stretching
artinya setiap target yang kita tentukan harus dibuat sangat detil agar mudah di aplikasikan. Untuk mendapatkan target yang spesifik, kita harus menggunakan pertanyaan dasar:

Siapa? - Siapa yang terlibat dalam perencanaan kita? apakah kita sendiri atau ada orang lain?
Apa? - Apa yang menjadi target kita?
Dimana? - Dimana kita akan melakukan atau mengaplikasikan target tersebut?
Kapan? - Kapan jangka waktu penyelesaian target tersebut?
Yang mana? - Kebutuhan apa saja yang harus kita persiapkan untuk tujuan yang akan kita capai tersebut.
Mengapa? - Mengapa target tersebut kita buat? manfaatnya apa dan berdampak apa bagi kita?

Misal: "Resolusi tahun ini, saya akan membuat tubuh saya terlihat lebih atletis seperti Ade Ray". Target tersebut baik, namun lebih baik lagi kalau target yang kita buat seperti ini: "Saya akan mengikuti kelas fitness di deket rumah, dan latihan rutin 3 kali seminggu."

Catatan: Resolusi seperti ini hanya akan bertahan selama lima hari. Selama dua hari pertama, Anda akan berlatih di pusat kebugaran dengan penuh semangat didorong keinginan untuk mengurangi bobot tubuh Anda. Kemudian di tiga hari selanjutnya Anda akan mulai kelelahan dan merasa bosan karena gym ternyata tidak cukup menyenangkan seperti hari sebelumnya. Tujuan yang lebih masuk akal adalah lebih kepada melakukan sedikit gerak tubuh setelah makan malam setiap harinya. Atau carilah teman untuk berolahraga beberapa kali seminggu. (female.kompas.com)
M = Measurable, Meaningful, Motivational
artinya apa yang ingin sobat capai haruslah bisa diukur, misalnya seberapa kuat, seberapa sering, seberapa banyak, atau seberapa dalam.
A = Attainable, Achievable, Acceptable, Action-oriented
artinya tujuan yang sobat tetapkan haruslah bisa dicapai. Dengan begitu Anda akan berkomitmen untuk mencapainya dengan sungguh-sungguh. Jangan sampai sobat menetapkan tujuan yang tidak mungkin sobat capai.
R = Realistic, Relevant, Reasonable
artinya realistis atau masuk akal adalah hal lain yang harus dipenuhi oleh tujuan yang ingin sobat capai. Jangan membuat tujuan yang terlalu sulit sehingga tidak mungkin sobat capai atau membuat tujuan yang tidak sejalan dengan keinginan atau hasrat hati sobat.
T = Time-based, Timely, Tangible, Trackable
artinya sobat harus bisa menetapkan kapan tujuan tersebut harus dicapai. Apakah minggu depan, tahun depan, atau lima tahun lagi. Dengan adanya batasan waktu, sobat akan terpacu untuk segera memulai melakukan tindakan.
Pengalaman Paling berkesan Tahun 2011 dan Resolusi Tahun 2012
Pengalaman adalah guru yang terbaik, Sobat bisa menuliskan pengalaman sobat di tahun 2011 ini dengan format bulanan seperti di bawah ini. Tujuannya untuk mengintrospeksi diri hal-hal yang telah dilakukan setahun ini serta menjadi pertimbangan bagi resolusi yang ingin sobat buat di tahun 2012. Misalnya

Januari - Dapet rezeki awal tahun, ditabung dulu untuk keperluan Valentine :P
Februari: - Siapin kejutan buat pacar di acara valentine day, Happy Ending :D
Maret - Ujian harian gue hancur, gara-gara kebanyakan main game DOTA
April - Mulai belajar bikin blog, dan belajar menulis artikel walau tulisan tentang pengalaman pribadi. :)
Mei - Lagi tertarik sama bisnis Internet, semoga bisa diterapkan dan berhasil \m/
Juni - Asik, belajar mobil, sekalian ngurus SIM A :D
Juli - UAS lagi, gue harus serius kali ini, membayar ujian yang ancur waktu UTS.
Agustus - HP baru, thanks a lot Dad! :D
September - Lagi banyak ujian akhir, bulan penuh kesibukan.
Oktober - Akhirnya tahun ini gue lulus sekolah! what a wonderful day!
November - Dapet kiriman cek dari hasil usaha internet. Horay!
Desember - Gue putus sama pacar T_T

Oke, saatnya kita berkomitmen lagi untuk tahun 2012 ini. Semoga saya dan sobat sekalian bisa menemukan tujuan yang hendak di capai di tahun mendatang. Tujuan ini tidak lain adalah agar kita menjadi orang yang lebih baik lagi, baik dari sisi kemampuan maupun dari sisi pribadi diri kita. 
Selamat Tahun Baru 2012! Salam Sukses selalu. :)

American philanthropist Elbert Hubbard:
"Many people fail in life, not for lack of ability or brains or even courage, but simply because they have never organised their energies around a goal." 

(Banyak orang gagal dalam kehidupan bukan karena kurangnya kemampuan, otak yang cerdas atau kurangnya semangat keberanian, hanya saja, mereka tidak pernah mengatur energi mereka untuk tetap fokus pada tujuan mereka)


Oiya, share juga ya resolusi/target sobat tahun 2012 ini dengan mengisi komentar di bawah, siapa tahu dapet inspirasi baru dari teman-teman yang lain. Ditunggu komentarnya. :D

Judul Artikel: Apa Resolusi Kamu di Tahun 2012? (Let's Share)
Link URL : http://debrianruhut.blogspot.com/2011/12/apa-resolusi-kamu-di-tahun-2012-lets.html
Jangan lupa untuk membagikan artikel Apa Resolusi Kamu di Tahun 2012? (Let's Share) ini jika bermanfaat bagi sobat.

Debrian Ruhut says: Indonesian blogger, ten-fingers typist, pepsi hater, mommy cuisine lover, dog lover, and thank GOD a cum-lauder too :P ▬ You may share the article but don't forget to write the source link. No plagiarism please.
Next Prev Home
Pengunjung yang baik selalu memberikan Komentar. No Sara. No Spamming. Bersama, kita bangun blogger Indonesia lebih cerdas dan kreatif. Terima Kasih :)

0 komentar:

Posting Komentar

PageRank

Free PageRank Checker
 

Debrian Ruhut Blog. © May 2009 - 2021 All Rights Reserved Revolution Two Church theme by Brian Gardner | Terms Of Service | Privacy Policy | Powered By Blogger |