Senin, September 14

5 Cara Menghasilkan Uang Dari Internet


Artikel Penting | Tulisan Bebas | Catatan Pengalaman -  Selamat datang kembali Sobat yang super! kita merasakan kondisi ekonomi Indonesia saat ini mulai menurun. Dalam banyak kesempatan, media selalu menyoroti pentingnya perekonomian yang tidak bergantung pada luar negeri. Aliran dana asing diharapkan lebih banyak yang masuk ke dalam negeri agar Indonesia memiliki kekuatan ekonomi menghadapi kurs dollar yang semakin melonjak. Dari sisi dalam negeri, belanja dalam negeri oleh pemerintah terus digiatkan dan dipercepat agar usaha-usaha sektor real dapat terus bergulir dan tidak bangkrut atau kolaps. 

Beberapa kegiatan yang sering dianggap melemahkan rupiah dalam situasi seperti ini adalah kegiatan import. Ketika seseorang mengimport barang ke dalam negeri, maka aliran uang akan keluar (transaksi menggunakan dollar misalnya) yang menyebabkan cadangan devisa dalam negeri berkurang. Kondisi ini tentu membahayakan bila dilakukan dalam jumlah yang besar. Kegiatan lain seperti seringnya bepergian ke luar negeri juga menjadi hal yang melemahkan kondisi perekonomian dalam negeri, sekali lagi bila dilakukan dalam jumlah yang besar dalam kasus saat ini dimana budaya untuk belanja atau jalan2 ke luar negeri sedang naik daunnya di Indonesia. Bagaimana kita sebagai individu menyikapi kondisi ini? yaitu dengan menumbuhkan usaha-usaha kreatif kecil dan menengah dengan lebih luas lagi. Tujuannya tidak lain adalah agar kita tidak tergantung pada produk2 luar negeri. Pondasi perekonomian dalam negeri yang kuat ditopang oleh aktifitas dalam negeri dalam mencukupi kebutuhanya sehari-hari. 

Dalam kaitannya dengan itu, artikel ini memberikan solusi bagi Sobat yang ingin memulai usaha di dunia maya. Kenapa harus di dunia maya? Di dunia maya transaksi kadang tidak dipengaruhi oleh kondisi ekonomi yang sedang terjadi. Hal ini karena penjualan atau transaksi di dunia maya sifatnya borderless atau tidak mengenal batas wilayah. Hasil wawancara dengan beberapa Toko Online besar seperti Lazada, Zalora, Bukalapak, Tokopedia, dll, mereka menyebutkan bahwa di tengah kondisi ekonomi Indonesia yang melemah, proyeksi dan penjualan online mereka malah naik sampai sebesar 200% persen! Baca: http://www.beritasatu.com/ekonomi/303177-ekonomi-terpuruk-bisnis-online-diprediksi-tetap-meningkat.html

Ada 5 jenis usaha di dunia maya yang akan menghasilkan pendapatan bagi sobat-sobat sekalian. Dalam pengamatan kami usaha-usaha ini memiliki peluang penghasilan yang tinggi dan patut di coba: 

1. Toko Online

Bagi Sobat yang memiliki barang untuk dijual, sobat bisa memanfaatkan Toko Online sebagai media display produk-produk Sobat.  Tidak bisa dipungkiri pemakai internet jumlahnya kini mencapai angka 82 juta orang atau sekitar 30 persen dari total penduduk di Indonesia. Jumlah ini akan semakin meningkat beberapa tahun ke depan seiring dengan membaiknnya tingkat melek teknologi di kalangan masyarat Indonesia. Beberapa inspirasi Toko Online yang bisa Sobat pakai seperti:
Lapak Instan, menyediakan script Toko Online dengan harga termurah namun dengan kualitas yang bagus untuk display Toko Online. Fiturnya lengkap mulai dari tampilan yang  responsive (tampilan mobile), lalu ada keranjang belanja, Laporan penjualan, pengelolaan produk, serta perhitungan ongkos kirim. Dibangun dengan cms Wordpress dengan dukungan support dari Lapak Instant akan memudahkan sobat untuk membangun Toko Online sendiri!.

2. Menjual Produk Reseller dan Affiliate

Bila Sobat tidak memiliki produk sendiri yang akan dijual, sobat bisa mencari produk-produk yang sifatnya reseller atau dapat dijual kembali. Kerjasama penjualan ini biasa disebut dengan reseller dimana produk yang berhasil dijual akan dibagi sesuai presentase yang telah disepakati di awal, misalnya 20% untuk kita sebagai penjual dan 80% untuk pemilik produk. Kemampuan memasarkan produk sangat penting di sini, karena semakin banyak yang terjual tentu presntasi bagian kita menjadi lebih besar. Ada juga yang namanya affiliate yaitu penjualan produk dengan cara mengarahkan pengunjung melalui link unik khusus ke halaman display produk. Produk-produk reseller ataupun affiliate saat ini sudah banyak dimodifikasi dan dimanfaatkan banyak orang seolah-olah produk mereka yaitu dengan memasangnya di toko online yang sudah kita buat pada poin pertama tadi. Beberapa contoh produk reseller maupun affiliate seperti:
- Baliorange.net, situs hosting dan domain profesional yang telah banyak menyediakan jasa untuk website website terkemuka. 
Lapak Instan, menyediakan script Toko Online dengan harga termurah namun dengan kualitas yang bagus untuk display Toko Online. Lapak instan juga memiliki produk yang dapat dijual kembali dengan pembagian keuntungan 50 ribu untuk setiap penjualan bagi yang free member, serta 100 ribu keuntungan untuk premium member.
- CoverSuper.com, situs penjualan cover mobil dan motor serta perlengkapan lainnya. Bila dibandingkan dengan usaha distro kaos dan hijab, menurut pengamatan kami, menjual cover mobil memiliki pangsa pasar yang masih luas. Bila melihat mobil dipinggir jalan yang tidak di tutup oleh cover, itulah peluang pasar yang seharusnya bisa kita masuki untuk mendapatkan keuntungan.

3. Memasang Iklan di Blog

Memasang iklan di blog memerlukan minimal satu buah blog yang memiliki topik khusus tentang suatu bahasan. Pentingnya topik bahasan yang spesifik yaitu agar memudahkan kita melakukan update artikel setiap hari, apalagi bila bahasan di blog merupakan keahlian kita, tentu lebih memudahkan kita mengisi konten blog. Blog yang sudah terkenal bisa kita manfaatkan untuk menawarkan jasa pasang iklan di blog kita tersebut. Yang paling penting adalah traffic website yang tinggi dan kualitas isi blog yang baik. Beberapa iklan yang biasa dipakai blogger yaitu dari perusahaan pengiklan seperti Adsensecamp.com, Google Adsenes, dan lain sebagainya
http://tutorialhits.blogspot.co.id/search/label/Website%20Traffic?&max-results=12

4. Menjual Produk Sendiri

Bagi Sobat yang memiliki keahlian yang tidak dimiliki orang lain, atau hasil karya dan keterampilan khusus, Sobat bisa mulai memfokuskan diri untuk membuat produk sendiri. Kelebihan memasarkan produk sendiri adalah keuntungan yang kita terima lebih besar ketimbang menjual produk orang lain. Lagi-lagi Sobat membutuhkan paling tidak website untuk menampilkan produk Sobat. Tenang, saat ini banyak sekali media yang dapat kita manfaatkan untuk memasarkan produk kita, salah satunya melalui Tokopedia, Olx, FJB Kaskus, ataupun membuat sales page sendiri dan menyebarkan alamat sales page kita tersebut.

5. Menjual Space Iklan di Youtube

Yang satu ini merupakan potensi yang sudah lama ada, yaitu kita harus membuat video yang menarik yang membahas satu topik khusus. Intinya semakin banyak video kita ditonton banyak orang, maka kita bisa menampilkan iklan baik di deskripsi Video kita maupun iklan dari google untuk menghasilkan pendapatan iklan. 

Judul Artikel: 5 Cara Menghasilkan Uang Dari Internet
Link URL : http://debrianruhut.blogspot.com/2015/09/5-jenis-usaha-di-dunia-maya-ngetrend.html
Jangan lupa untuk membagikan artikel 5 Cara Menghasilkan Uang Dari Internet ini jika bermanfaat bagi sobat.

Debrian Ruhut says: Indonesian blogger, ten-fingers typist, pepsi hater, mommy cuisine lover, dog lover, and thank GOD a cum-lauder too :P ▬ You may share the article but don't forget to write the source link. No plagiarism please.
Next Prev Home
Pengunjung yang baik selalu memberikan Komentar. No Sara. No Spamming. Bersama, kita bangun blogger Indonesia lebih cerdas dan kreatif. Terima Kasih :)

0 komentar:

Posting Komentar

PageRank

Free PageRank Checker
 

Debrian Ruhut Blog. © May 2009 - 2021 All Rights Reserved Revolution Two Church theme by Brian Gardner | Terms Of Service | Privacy Policy | Powered By Blogger |