Minggu, Juli 12

Tips Kerja Online Menguntungkan [Programmer]


Artikel Penting | Tulisan Bebas | Catatan Pengalaman - Selamat sore sobat sekalian, kali ini saya menulis artikel bagi para programmer muda yang sering single fighter mencari butiran berlian dari dunia maya. Tulisan saya ini sebagai pengalaman saya yang pertama mendapatkan orderan job dari situs kerja online Projects.co.id. yang saya rasa situs tersebut patut diperhitungkan menjadi penghasilan tambahan sekaligus menjadi portofolio kita untuk menunjukkan reputasi kita sebagai programmer profesional. Syaratnya sederhana saja, Sobat memiliki pengalaman dalam bidang pemrograman yang Sobat dalami. Saya bilang memiliki pengalaman karena banyak kasus yang mungkin harus kita pecahkan ketika mendapatkan pesanan khusus untuk membuat suatu proyek. Berbagai jenis proyek yang ditawarkan, mulai dari desain website, aplikasi database online, desain grafis, excel, visual basic, java, android dan lain sebagainya. Beberapa contoh pekerjaan yang ditawarkan beserta nilai nominal yang didapat setiap project adalah  sebagai berikut:
Jika melihat harganya tentu mata kita langsung tertuju pada nilai proyek yang paling besar..tidak salah memang, namun di sinilah kunci untuk mendapatkan pengalaman. Proyek yang besar tanggung jawabnya juga besar. Yang saya lihat, proyek dengan nilai besar biasanya dikerjakan secara tim, bukan perorangan seperti kita. Dalam mendapatkan reputasi yang baik, saya beri tips yang bagus, yaitu ambil proyek yang nilai nya tidak terlalu besar namun sepadan antara permintaan dengan hasil yang kita kerjakan. Carilah reputasi yang baik dengan mengerjakan banyak proyek yang nilai nya kecil namun dengan hasil yang memuaskan. Kepercayaan adalah mutlak untuk dapat dipilih sebagai pemenang dalam proyek yang ditawarkan. Oke ingin tahu lebih dalam apa itu Projects.co.id?

Projects.co.id adalah “Project and Digital Product Marketplace” atau tempat transaksi (menawarkan project dan mencari project) secara online antara owner (pemberi kerja/ pengguna jasa) dan worker/freelancer khususnya Freelancer Indonesia (pekerja/tenaga ahli). Projects.co.id juga menyediakan tempat untuk terjadinya transaksi penjualan product digital antara seller (penjual product) dan buyer (pembeli product). Tips-tips penting untuk memulai kerja online di projects ini adalah sebagai berikut:
  1. Daftar sebagai anggota ke situs Projects.co.id, klik registrasi.
  2. Setelah sukses mendaftar, hal yang harus dan wajib Sobat lakukan adalah mengisi Biodata, riwayat dan hal-hal penting untuk meyakinkan pemberi kerja bahwa Sobat ahli di bidang yang sobat tekuni. Klik My Profile.
  3. Lalukan penawaran dengan bahasa yang sopan dan profesional. Contoh cara memberikan masukan BID.
  4. Selamat siang,
    Perkenalkan, saya [nama] bertempat tinggal di [lokasi].
    Sampai dengan saat ini, saya telah bekerja sebagai tenaga lepas/freelance untuk beberapa bisnis seperti:- Commercial real estate Developer

    - Online retailer
    - Event organizer
    - Design agency

    Dengan beberapa scope pekerjaan sbb:
    - Design Creative
    - Web design & build
    - Marcomm, PR (b2b dan b2c)

    Saya memenuhi kriteria yang dimaksud dengan kemampuan Adobe Photoshop & Illustrator dalam level advance. Dan memiliki gaya desain clean urban.

    Berikut saya sertakan beberapa portfolio dalam bentuk images yang telah saya kerjakan.
    Untuk project yang sedang saya kerjakan dengan scope develop web adalah sbb:

    - www.abc.com
    - www.def.com
    - www.ghi.com

    Terima kasih atas waktunya, saya mengharapkan kerjasama ini dapat terjalin.  
  5. Berikan tawaran harga yang masuk akal dan sesuai dengan beban job yang diminta. Pastikan apa yang di minta dalam project tersebut jelas dan tidak ambigu. Karena ada beberapa kasus, pemberik kerja sengaja memberikan informasi yang kurang lengkap sehingga pada akhirnya banyak revisi dan tambahan pekerjaan yang tidak tercantum dalam job list proyek.
  6. Lakukan komunikasi yang baik, usahakan rajin-rajin untuk online di situs tersebut, untuk bertanya ataupun memberikan progress pekerjaan yang sedang kita jalani. 
  7. Setelah Sobat memiliki reputasi yang baik dalam berbagai pekerjaan yang Sobat tawar, silakan memulai mencari pekerjaan yang lebih tinggi tingkatannya. Dari sinilah proses belajar dari pengalaman berlangsung. Sobat menjadi semakin ahli dalam mengerjakan proyek sekaligus melatih hubungan personal dengan client atau pemberi kerja. 
Salam Sukses! Selamat bergabung dalam dunia Kerja Online yang sebenarnya. Klik untuk gabung!

Judul Artikel: Tips Kerja Online Menguntungkan [Programmer]
Link URL : http://debrianruhut.blogspot.com/2015/07/tips-kerja-online-menguntungkan-bagi-programmer.html
Jangan lupa untuk membagikan artikel Tips Kerja Online Menguntungkan [Programmer] ini jika bermanfaat bagi sobat.

Debrian Ruhut says: Indonesian blogger, ten-fingers typist, pepsi hater, mommy cuisine lover, dog lover, and thank GOD a cum-lauder too :P ▬ You may share the article but don't forget to write the source link. No plagiarism please.
Next Prev Home
Pengunjung yang baik selalu memberikan Komentar. No Sara. No Spamming. Bersama, kita bangun blogger Indonesia lebih cerdas dan kreatif. Terima Kasih :)

0 komentar:

Posting Komentar

PageRank

Free PageRank Checker
 

Debrian Ruhut Blog. © May 2009 - 2021 All Rights Reserved Revolution Two Church theme by Brian Gardner | Terms Of Service | Privacy Policy | Powered By Blogger |