Rabu, Mei 21

Cara Mudah Merotasi File Video (Super Trik)


Artikel Penting | Catatan Pengalaman | Tulisan Bebas - Sobat yang super! setelah sekian lama mencari cara untuk merotasi file video, baik MP4, AVI, MPG maupun file MKV, akhirnya saya menemukan satu cara yang ampuh. Tidak mudah memang untuk melakukan rotasi/memutar file video tanpa menggunakan alat. Kalau untuk merotasi file gambar tentu sobat sudah sangat familiar, dan tidak memerlukan tool khusus. Langsung saja alat dan bahan yang sobat butuhkan untuk melakukan edit video yakni memutar gambar video.

Alat dan Bahan:
1. Software Handbrake.fr (Open Source Video Transcoder, download di http://handbrake.fr/)
2. Beberapa command code (1 baris kode aja kok..)

Langkah Kerja:
1. Download software Handbrake dari situsnya http://handbrake.fr/, lalu install seperti biasa. Saat ini versi yang saya pakai adalah Handbrake 0.9.9.

2. Jalankan Program Handbrake yang telah sobat instal. Lalu akan muncul tampilan seperti di atas. Ada beberapa setting yang akan kita atur dan harus sobat ingat:
  • Tab Picture, pilih Anamorphic ke settingan Strict.
  • Pada Output Settings, cek list Web Optimized.
  • Pada Tab Video, pilih Video Codec-nya H.264 (x264), lalu cek list Constant Framerate, dan pilih Framerate = Same as Source. Kemudian geser/atur Quality (Constant Quality) menjadi angka 25.
  • Pada kolom paling bawah, masih pada tab Video ada isian field Extra Options. Masukkan baris kode sesuai pilihan rotasi yang kita inginkan yaitu
,--rotate=4 (untuk edit rotasi video 90 derajat)   
,--rotate=3 (untuk edit rotasi video 180 derajat) 
  
Pilihan Setting pada Tab "Picture"

Pilihan Setting pada Tab "Video"

3. Setelah semua setting di atas sobat atur, kini sobat bisa pilih menu Source lalu Open File. Pilih file video yang akan sobat edit tampilan rotasinya. Kalau semua pengaturan sudah di set, sobat tinggal menekan tombol START, lalu proses rotasi video akan berlangsung.

Salah satu kelebihan menggunakan Software Handbrake ini adalah proses kompresi video yang sangat bagus, sehingga file yang ukuran awalnya 500Mb bisa di kompresi hingga hanya 30MB! dengan kualitas yang SAMA.. Super sekali bukan? 

Demikian Trik Merotasi File Video kali ini, sekaligus pengenalan software opensource yang sangat unggul dalam hal kompresi file video. Kalau ada masukan dan tips tentang edit video lainnya, sobat bisa memberikan komentar di bawah ini. :D

Berikut ini saya lampirkan video tutorialnnya bila gambar di atas kurang begitu jelas..selamat mencoba!

Judul Artikel: Cara Mudah Merotasi File Video (Super Trik)
Link URL : http://debrianruhut.blogspot.com/2014/05/cara-mudah-merotasi-dan-kompresi-file-video-super-trik.html
Jangan lupa untuk membagikan artikel Cara Mudah Merotasi File Video (Super Trik) ini jika bermanfaat bagi sobat.

Debrian Ruhut says: Indonesian blogger, ten-fingers typist, pepsi hater, mommy cuisine lover, dog lover, and thank GOD a cum-lauder too :P ▬ You may share the article but don't forget to write the source link. No plagiarism please.
Next Prev Home
Pengunjung yang baik selalu memberikan Komentar. No Sara. No Spamming. Bersama, kita bangun blogger Indonesia lebih cerdas dan kreatif. Terima Kasih :)

0 komentar:

Posting Komentar

PageRank

Free PageRank Checker
 

Debrian Ruhut Blog. © May 2009 - 2021 All Rights Reserved Revolution Two Church theme by Brian Gardner | Terms Of Service | Privacy Policy | Powered By Blogger |