Senin, Februari 10

5 Fitur Penting Dalam Website Jual Beli Online


Kamu Penggemar Buku Lang Leav dan Amari Soul? Cek buku terbarunya (Popular Book) "Memories" by Lang Leav, Love and Misadventure by Lang Leav (English Version), Reflections Of A Man by Mr. Amari Soul
loading...
Artikel Penting | Catatan Pengalaman | Tulisan Bebas - Halo sobat blogger yang super! Saya senang akhirnya dapat ide lagi untuk menulis artikel kedua di tahun 2014 ini. Hehehe. Semakin banyak saja website jual beli online yang bertebaran di Internet. Para penjual konvensional yang dulu membuka kios pun kini mulai berlomba-lomba membuat website toko online, untuk tujuan pemasaran produknya. Tidak salah sebenarnya jika sobat mulai beralih ke Toko Online untuk jual beli. Namun, ada baiknya kita belajar setingkat lebih maju tentang Website Jual Beli Online ini, agar kita belajar, poin-poin penting apa yang sebenarnya dibutuhkan Calon Pembeli/pengguna dari Website Jual Beli Online tersebut.

Saya sebagai pengunjung website atau bisa dibilang calon pembeli yang mampir ke suatu website jual beli online (Online shop) pasti memiliki penilaian tersendiri apakah website tersebut menarik untuk dikunjungi kembali atau tidak. Tidak melulu soal harga yang di tawarkan suatu Website Jual Beli Online, pengunjung terkadang menilai hal-hal sepele yang sangat mempengaruhi nilai suatu website. Saya berikan contoh, misalnya suatu Toko Online tidak memiliki kotak pencarian (Search Box), padahal produk yang ditampilkan banyak dan beragam, pastinya calon pembeli akan kesulitan mencari barang yang dibutuhkan, dan beralih ke website lainnya. Hilang 1 calon pembeli. Hehe, rugi deh.

Khusus dalam artikel ini, saya akan mengambil contoh website jual beli online yang sudah tidak asing bagi kita, yaitu website Zalora, website Fashion Online. Oke, langsung saja kita bahas, poin-poin penting yang ada dalam website ini.

1. Pembagian Kategori Produk (Katalog Produk)
Pembagian produk akan sangat membantu calon pembeli memilih barang sesuai dengan kebutuhan mereka. Fitur penting pertama ini tergambar jelas ketika kita masuk ke website Zalora. Website ini membagi produk dalam 2 kategori besar, yaitu berdasarkan jenis Kelamin, Pria dan Wanita. Itu adalah fitur sederhana namun sangat berguna buat calon pembeli seperti saya.

2. Fitur Pencarian dan Filter Produk
Fitur ini sebenarnya bisa dibagi 2, yaitu fitur kotak pencarian, dan fitur filter pencarian. Kotak pencarian biasanya terletak di halaman depan website, sedangkan filter pencarian letaknya di sebelah kiri website. Jadi, ketika saya sudah mencari suatu kata kunci (misalnya “Sendal”) maka akan tampil semua hasil produk sendal dari berbagai merk dan harga. Nah, fungsi filter pencarian adalah untuk menentukan sendal jenis apa yang kita cari atau range harga sendal yang berapa? Di website Zalora, kita akan menemukan fitur penting tersebut, dimana kotak pencarian terletak di atas website, dan kotak filter pencarian ada di sebelah kiri dan tengah hasil pencarian kata kunci produk.

3. Fitur Customer Service dan Pembayaran
Fitur shopping cart sebenarnya tidak terlalu berpengaruh bagi pembeli. Tanpa ada fitur shopping cart-pun, pengunjung tetap akan membeli bila mereka tertarik akan suatu produk. Nah, yang menjadi penting dalam fitur ini terletak pada konfirmasi transfer atas barang yang dibeli. Kalau menurut saya, proses pra-pembelian dan pasca-pembelian adalah intinya. Fitur Customer Service yang real-time membantu calon pembeli saat akan membeli produk (Pra-Beli) sedangkan fitur konfirmasi pembayaran yang mudah akan membuat yakin pembeli bahwa barang sudah dibayar dan siap dikirim (Pasca-Beli). Pastikan calon pembeli tidak kesulitan menemukan 2 fitur penting ini.

4. Produk Update
Produk yang dijual menurut waktu dan season akan sangat diminati pengunjung. Yang paling sederhana aja misal, sebentar lagi tanggal 14 februari (valentine dong..) maka produk-produk yang bernuansa valentine pasti akan banyak dicari, karena kebanyakan pasangan akan mencari hadiah buat pacar mereka terkasih (Cieee.. hoho)

5. Diskon/Potongan Harga
Kalau yang satu ini adalah favorit saya. Diskon.. diskon.. dan diskon..haha, bentuk diskon tidak harus melulu potongan harga 10%, atau 20% misal, tapi bisa berupa bingkisan gratis atau hadiah khusus bila sobat sudah membeli berapa banyak produk. Kalau ini sih tergantung strategi masing-masing penjual. Yang penting buat pembeli senang dengan potongan harga, namun jangan lupa produk juga harus berkualitas.


Demikian 5 Fitur Penting Dalam Website Jual Beli Online (Toko Online) dengan contoh kasus website Zalora.co.id, semoga sobat sekalian mendapatkan manfaat dari postingan kali ini. Kalau ada fitur penting lainnya, silakan sobat memberikan komentar di kotak bawah ini.

Salam sukses selalu! :D

Judul Artikel: 5 Fitur Penting Dalam Website Jual Beli Online
Link URL : http://debrianruhut.blogspot.com/2014/02/5-fitur-penting-dalam-website-jual-beli-online.html
Jangan lupa untuk membagikan artikel 5 Fitur Penting Dalam Website Jual Beli Online ini jika bermanfaat bagi sobat.

Debrian Ruhut says: Indonesian blogger, ten-fingers typist, pepsi hater, mommy cuisine lover, dog lover, and thank GOD a cum-lauder too :P ▬ You may share the article but don't forget to write the source link. No plagiarism please.
Next Prev Home
Pengunjung yang baik selalu memberikan Komentar. No Sara. No Spamming. Bersama, kita bangun blogger Indonesia lebih cerdas dan kreatif. Terima Kasih :)

4 komentar:

Untuk meningkatkankan kenyamanan pembeli, fitur deteksi otomatis untuk mem-filter dab mem-block penjual yang ter-indikasi sebagai penipu juga perlu bro . Fitur ini ada tersedia di website jual beli pedege.com.

mau bikin website yang bagus ada di sini

terimakasih mas informasinya, sekedar tambahan buat tmn2 bisa mengunjungi website kami di http://tokobanten.com - pasang iklan gratis & jual beli online wilayah Banten

Kunjungi segala spatu termurah www.malinaushop.com

Poskan Komentar

PageRank

Free PageRank Checker
 

Debrian Ruhut Blog. © May 2009 - 2016 All Rights Reserved Revolution Two Church theme by Brian Gardner | Terms Of Service | Privacy Policy | Powered By Blogger |