Jumat, Februari 1

Es Teh Manis (Obeng) Asli Batam


Kamu Penggemar Buku Lang Leav dan Amari Soul? Cek buku terbarunya (Popular Book) "Memories" by Lang Leav, Love and Misadventure by Lang Leav (English Version), Reflections Of A Man by Mr. Amari Soul
loading...
Artikel Penting | Catatan Pengalaman | Tulisan Bebas - Begini deh jadinya kalau udah lama gak nulis di blog. Banyak komentar yang pernah dibales, sorry ya temen-temen blogger! hoho, sok penting. Semenjak tinggal di Batam, ada banyak pengalaman seru yang bisa diceritain. Mungkin yang paling menarik perhatian saya untuk di tulis di postingan kali ini adalah mengenai Teh Obeng, yang sering terdengar di telinga saya, ketika memesan makanan (Hampir di segala penjuru daerah Batam).
Me: Pesen makan pak, kepiting, gong-gong, sama sotong. (Makanan mahal bro) | Penjual: Minumnya apa? | Me: ada apa aja, Pak? | Penjual: Teh Obeng pak? | Me: Oke.

Apapun makanannya, minumnya teh Obeng, begitu lah moto kami anak-anak perantauan batam, hehe. Gak peduli makanan semahal dan seenak apapun, teh obeng selalu jadi andalan.
Dari situ kami mulai penasaran, sebenarnya kenapa sih teh manis ini dikasih nama Teh Obeng? pikiran udah kemana-kemana waktu nanya asal muasal nama teh obeng. Ada temen yang bilang, suatu waktu ada orang yang bikin teh manis, tapi gak ada pengaduknya, pas kebetulan cuma ada obeng, dipake lah obeng untuk ngaduk es teh itu. Haha, pikiran yang masuk akal juga..tapi jorok yak. :p

Oiya, ada satu lagi nih, ternyata teh di daerah batam itu ada 2 nama tergantung situasi dan kondisi si Teh itu sendiri. Kalau Teh Manis yang pake ES itu dinamain, Teh Obeng, nah, kalo Teh Manis yang gak pake ES alias Teh Panas, dinamain, Teh-O. Lucu juga namanya, tapi sampai waktu itu masih belum ketemu kenapa  harus dinamain teh obeng dan teh-o. Ceritapun berlanjut...

Ceritanya saya dari kantor dapet penugasan ke satu universitas di Tanjung Pinang. Di situ saya di ceritain deh kenapa teh manis ada yang teh obeng sama teh-o doang. Menurut cerita mereka, Teh Obeng itu sebenarnya diambil dari bahasa Chinese yang memang banyak bermukim di daerah Kep. Riau, khususnya batam. Teh Obeng itu bukan "Obeng" tapi Teh O-beng, untuk yang pake ES. Sedangkan Teh-O untuk yang tidak pake ES. Kesimpulannya, O sama Beng itu menyatakan Pake Es apa gak pake ES. Kira-kira begitulah asal muasal nama teh ini. Tragisnya, cerita dari orang-orang itu juga SALAH BESAR, cape deh..

Cerita yang benernya kayak gini nih:

Dari sisi geografis Batam itu dekat dengan Singapore dan Malaysia. Jadi Batam terkena sedikit pengaruh dari 2 negeri tersebut.

Pertama-tamanya, namanya itu bukan Teh Obeng, melainkan Teh Apeng. Nah Peng ini sendiri berarti es. Namun karena sudah bercampur dengan lidah Indonesia, akhirnya dulu warga keturunan banyak yang menyebut dengan Teh Openg. Tapi tetap saja, kata-kata Teh Openg itu masih ganjil, bagi warga asli Indonesia.

Akhirnya beriring waktu Huruf P tersebut berganti menjadi B, menjadi Teh Obeng yang legendaris. Sedangkan Teh O = teh panas/hangat/tanpa es.
Dalam bahasa orang Tionghoa di Xi cia po ini, yaitu o dan peng.
O = kosong
Peng = es jadi.

Ciri teh obeng ini biasanya, esnya adalah es yang bolong tengahnya.
Oke, perjalanan teh obeng berakhir di sini. Sekarang jadi tau deh asal muasal yang sebenarnya. Saya nulis artikel ini sambil goyang-goyang di dalem mobil, soalnya masih dalam perjalanan ke pelabuhan mau pulang ke Batam. Sepanjang jalan cuma pohon sama tanah merah aja,, :p
Tetap semangat sobat, semoga bisa memberi wawasan untuk sobat sekalian. Salam anak rantau batam. )

Judul Artikel: Es Teh Manis (Obeng) Asli Batam
Link URL : http://debrianruhut.blogspot.com/2013/02/es-teh-manis-obeng-asli-batam.html
Jangan lupa untuk membagikan artikel Es Teh Manis (Obeng) Asli Batam ini jika bermanfaat bagi sobat.

Debrian Ruhut says: Indonesian blogger, ten-fingers typist, pepsi hater, mommy cuisine lover, dog lover, and thank GOD a cum-lauder too :P ▬ You may share the article but don't forget to write the source link. No plagiarism please.
Next Prev Home
Pengunjung yang baik selalu memberikan Komentar. No Sara. No Spamming. Bersama, kita bangun blogger Indonesia lebih cerdas dan kreatif. Terima Kasih :)

8 komentar:

hha teh obeng ada ya ..
lucu lucu nama teh nya !!

artikel mnarik
follow yh www.mbahgahol.blogspot.com
follow aja nnti saya follow balik blog kamu

Artikel menarik. Sekian lama di Batam, tidak terpikir sebelumnya...

Kenapa orang kalo pesen es kosong gak bilang "pesen o-beng kak"? Kok mala tetep bilang "es kosong satu ya?" ....hayoooo

Mumbai Store
Alamat : Komplek Srijaya Bukit Nagoya
Jl. Raden Patah No. 27A, Pelita, Lubuk Baja, Kota Batam asli kac ni alamt atau tipu"

Mumbai Store
Alamat : Komplek Srijaya Bukit Nagoya
Jl. Raden Patah No. 27A, Pelita, Lubuk Baja, Kota Batam asli kac ni alamt atau tipu"

Poskan Komentar

PageRank

Free PageRank Checker
 

Debrian Ruhut Blog. © May 2009 - 2016 All Rights Reserved Revolution Two Church theme by Brian Gardner | Terms Of Service | Privacy Policy | Powered By Blogger |