Download Ebook GRATIS Tips Trik PTC (Pay To Click) - Memaksimalkan Pendapatan dari Internet

Selasa, September 18

Situs Jual Beli Produk Online Indonesia


Artikel Penting | Catatan Pengalaman | Tulisan Bebas - Selamat datang kembali sobat yang budiman, semoga setiap tulisan yang ada di blog ini memberikan manfaat bagi sobat sekalian..hehe. Pertama-tama, saya ingin bertanya dahulu, siapa di antara sobat sekalian yang pernah belanja Online? Pasti beberapa dari sobat bahkan saya yakin banyak yang pernah melakukan pembelian secara Online. Kegiatan membeli ataupun menjual secara online bagi kalangan orang Indonesia saat ini memang sudah tidak asing lagi. Dimulai dari kegiatan jual beli di forum, lalu muncul website-website yang khusus menyediakan jasa jual beli secara online, semuanya itu menunjukkan bahwa ada peningkatan aktifitas ekonomi di dunia maya, khususnya untuk orang Indonesia.

Sebelum saya mengupas lebih lanjut mengenai hal ini, saya ingin memberikan intermezzo mengenai perbedaan Situs Jual Beli Online dengan Situs E-commerce. Kedua istilah tersebut sekilas memiliki arti yang sama, namun sebenarnya kedua istilah tersebut berbeda satu sama lain. Sobat yang sering bertransaksi di internet mungkin juga belum tahu perbedaan dari kedua istilah tersebut. :D

Secara umum, perbedaan yang mendasar antara Situs Jual beli Online dengan Situs E-commerce terletak pada Hak Kepemilikan barang yang akan dijual serta dari Cara Bertransaksinya.
  1. Situs Jual Beli Online, dalam kasus ini situs Jual Beli Online hanya bertindak sebagai makelar yang mempertemukan penjual dan pembeli melalui media online website. Yang bertindak dalam roda transaksi jual beli bukanlah si pemilik situs, namun ada pada Penjual dan Pembeli. Situs jual beli memfasilitasi masyarakat yang ingin menjual barangnya secara online, dengan cara memberikan tempat bagi masyarakat luas untuk menjual atau memasarkan barang yang hendak dijual secara online. Beberapa contoh situs Jual Beli Online: Kaskus, Berniaga, Tokobagus, Amazon, dll.
  2. Situs E-Commerce, situs jenis ini berbeda dengan situs Jual Beli Online, walaupun fungsinya sama yakni tempat untuk jual beli. Dalam kasus ini, yang menjadi penjual pada situs e-commerce adalah perusahaan pemilik situs e-commerce itu sendiri. Jadi secara sederhanya situs e-commerce merupakan situs milik suatu toko atau perusahaan yang menjual barang-barangnya secara online. Dalam proses mekanisme jual beli, semua ditentukan oleh sang pemilik website yaitu perusahaan penyedia barang/jasa tersebut, mulai dari penentuan harga barang, cara pembayaran, dll. Contoh E-commerce sangatlah banyak, mulai dari pemilik individu sampai pada perusahaan yang sudah memiliki brand sendiri.


Itu tadi sekelumit informasi mengenai perbedaan Situs Jual Beli Online dengan Situs E-commerce. Yang menjadi ketertarikan saya saat ini adalah mengenai situs Jual Beli Online yang khusus menyediakan barang/produk secara digital (soft). Situs jenis ini termasuk langka dan jarang di Indonesia. Kalau di luar negeri, kita mengenal yang namanya ClickBank. Saya amati, situs clickbank ini pun sudah tidak lagi murni menjual produk digital. Saat ini sudah beraneka macam produk baik produk fisik maupun digital yang ditampilkan di clickbank.

Di Indonesia, bisnis seperti ini masih memberikan peluang besar bila sobat ingin mengembangkannya. Situs jual beli produk digital, dinilai memiliki tingkat resiko yang kecil karena barang yang kita jual tidak dalam berbentuk fisik. Bagaimana dengan sistem pembayarannya? Sistem pembayaran yang umum dilakukan biasanya melalui Paypal, dan Rekening sesuai dengan kesepakatan antara penjual dan pembeli. Karena situs ini tempat bertemunya penjual dan pembeli secara luas, maka kemungkinan terjadinya penipuan sangatlah besar. Lalu bagaimana cara mengatasi hal tersebut?? Satu lagi peluang bisnis yang menjanjikan bila sobat ingin menekuninya yakni Jasa Rekber atau Jasa Rekening Bersama. Semakin meningkatnya arus ekonomi jual beli online, maka dengan adanya jasa Rekening Bersama akan meminimalisir terjadinya penipuan dalam transaksi, sekaligus memberi nilai tambah lainnya. Pemilik jasa mendapatkan keuntungan dari setiap transaksi yang terjadi melalui Rekening Bersama tadi. Got Inspired? :D

Ok, Next... setelah "Jalan-jalan" dan surfing di internet, saya menemukan beberapa website yang bisa menjadi contoh untuk situs Jual Beli Produk Digital, walau masih dalam pengembangan dan "mungkin" tidak pure semuanya menjual barang digital.
  1. Serba50ribu.com, website ini menyediakan tempat jual beli beraneka macam produk digital. Semua barang yang dijual memiliki harga yang sudah dipatok yaitu 50 ribu. 
  2. Lapakplus.co.id, baru saja saya menemukan website ini, dan sepertinya menjanjikan bila sang pemilik website terus mengembangkan website jual beli ini. Di sini sobat bisa menjual ataupun membeli produk yang benar-benar digital, berupa ebook, jasa penambah follower, dan lain sebagainya.
  3. Sribu.com, sudah terkenal sebagai situs penyedia design logo, yang mempertemukan designer dengan pencari design.
Masih banyak situs-situs sejenis yang akan tumbuh di Indonesia, saya yakin sobat juga akan menjadi salah satu di antaranya..hehe. Salam Blogger!

Referensi: http://ibnmalik.net/perbedaan-situs-jual-beli-dengan-situs-e-commerce/

Cari Webhosting Terbaik? BaliOrange.net jawabannya. Telah melayani beberapa website terkemuka sejak 2003. Harga Terjangkau dan Berkualitas!

Hosting Indonesia
Judul Artikel: Situs Jual Beli Produk Online Indonesia
Link URL : http://debrianruhut.blogspot.com/2012/09/situs-jual-beli-produk-online-indonesia.html
Jangan lupa untuk membagikan artikel Situs Jual Beli Produk Online Indonesia ini jika bermanfaat bagi sobat.

Debrian Ruhut says: Indonesian blogger, ten-fingers typist, pepsi hater, mommy cuisine lover, dog lover, and thank GOD a cum-lauder too :P ▬ You may share the article but don't forget to write the source link. No plagiarism please.
Sudah gabung dengan sumber dollar berikut ini?
Next Prev Home
Pengunjung yang baik selalu memberikan Komentar. No Sara. No Spamming. Bersama, kita bangun blogger Indonesia lebih cerdas dan kreatif. Terima Kasih :)

4 komentar:

sekarang toko online di Indonesia telah banyak ya..
terima kasih infonya

Sekedar tambahan referensi gan, PeDeGe.com merupakan salah satu pendatang baru Situs Jual Beli Online karya anak bangsa sebagai media promosi gratis.

wah mantap nih infonya gan..
thhannnnnk........
youuuuuuu,.,,,
veryyy.....
much.....

PeDeGe.com adalah situs jual beli online Indonesia. Tempat bertemu para penjual dan pembeli untuk melakukan transaksi jual beli online seperti jual beli mobil, motor, komputer, handphone, gadget, properti, tanah, aneka perangkat elektronik, peralatan rumah tangga dan berbagai macam barang dan jasa lainnya. Transaksi jual beli di PeDeGe.com tidak dikenakan biaya apapun, semua disediakan secara GRATIS.

Poskan Komentar

PageRank

Free PageRank Checker
 

Debrian Ruhut Blog. © May 2009 - 2011 All Rights Reserved Revolution Two Church theme by Brian Gardner | Terms Of Service | Privacy Policy | Powered By Blogger |