Senin, Maret 12

Kerja Online Captcha Entry (Mengetik Captcha) - Bagian I


Artikel Penting | Catatan Pengalaman | Tulisan Bebas - Well, minggu ini saya akan membagikan informasi seputar pekerjaan. Bila sebelumnya saya mem-posting mengenai mesin pencari lowongan pekerjaan terlengkap, maka kali ini saya ingin membahas suatu pekerjaan yang dilakukan secara online dan sifatnya part time atau sesuai waktu sobat. Pekerjaan online yang satu ini berkaitan dengan data entry. Pekerjaan ini adalah captcha entry atau mengetik captcha. Apa dan bagaimana proses pekerjaan entri captcha ini? Sobat akan mengetahuinya dalam artikel terpisah, yang saya bagi menjadi beberapa bagian/part artikel. Pada artikel ini, sobat akan mengetahui apa sebenarnya captcha itu dan latar belakang munculnya captcha.

Pengertian Captcha
Jika Anda pernah mengisi formulir di internet, seperti mendaftar email dan sebagainya, tentu Anda pernah melihat gambar huruf yang bengkok atau kacau balau seperti di gambar, lalu diminta menuliskan huruf-huruf itu dalam sebuah kotak isian. Apa huruf-huruf itu? Apa gunanya?

Gambar huruf kacau balau itu disebut CAPTCHA (Completely Automated Public Turing Test to Tell Computers and Humans Apart). Ini adalah salah satu penerapan metode Turing Test yang digagas oleh Alan Turing di tahun 1950. Gunanya untuk memastikan bahwa pengisi formulir adalah benar-benar seorang manusia. Program komputer akan mengalami kesulitan dalam mengartikan huruf-huruf yang bengkok-bengkok atau bertumpuk sementara manusia masih dengan (agak) mudah membacanya.

Sebelum ada CAPTCHA, spammer/hacker dapat membuat program untuk secara otomatis mengisi formulir seperti pendaftaran email gratis, sehingga ia akan memperoleh ribuan alamat email dengan mudah untuk kemudian disalah-gunakan. Atau untuk mengubah hasil sebuah polling online, seseorang bisa saja membuat program sederhana untuk mengisi polling tersebut dengan jawaban yang sama sebanyak ribuan atau bahkan jutaan kali. Akibatnya polling itu tentu saja menjadi tidak valid.

Untuk mencegah program seperti itu, kini semua formulir akan menampilkan CAPTCHA berupa gambar huruf-huruf bengkok atau saling menyambung yang sukar dibaca oleh program atau komputer, namun (relatif) mudah dibaca manusia. Jika isian dari pengisi formulir sesuai dengan gambar yang ditampilkan, maka kemungkinan besar pengisi formulir adalah seorang manusia, bukan program komputer.

Saat ini ada inisiatif untuk memanfaatkan CAPTCHA untuk tujuan positif. Untuk menyelamatkan arsip-arsip penting didunia, di banyak negara kini ada pihak yang bertanggung jawab untuk mengubah format arsip yang sudah ada (buku, dokumen tercetak) ke format digital (file komputer). Dua kendala utama yang muncul adalah banyaknya jumlah arsip yang tersimpan selama ratusan tahun, serta kualitas cetakan yang buruk sehingga hasil scan-nya sukar dikenali oleh komputer. Dengan gabungan kedua kendala itu, hampir tidak mungkin membayar tenaga manusia untuk membaca secara manual arsip yang gagal dibaca komputer.

Ini menjadi solusi win-win bagi semua pihak. Bagi pemilik web dengan formulir, ia mendapat CAPTCHA yang sudah tidak bisa dikenali oleh komputer super canggih yang dipakai untuk proses digitalisasi arsip, sehingga hacker juga kesulitan membuat program yang mampu membacanya. Dan bagi pihak pengubah format arsip, dengan begitu banyaknya formulir yang diisi diseluruh dunia tiap harinya, re-CAPTCHA dapat membantu digitalisasi arsip dengan cepat dan gratis.

Jadi saat mengisi formulir di website yang bekerja sama dengan re-CAPTCHA, Anda sudah turut membantu menyelamatkan arsip dunia bagi anak cucu kita semua.

Penjelasan ReCaptcha menurut Google
  • reCAPTCHA adalah sebuah fasilitas internet yang membantu untuk mendigitalkan buku-buku, surat kabar maupun siaran radio lawas..berupa 'teks tedistorsi' dimana kita harus mengetik teks tersebut untuk menjalankan perintah. 
  • Sebuah CAPTCHA adalah program yang dapat memberitahu apakah user adalah seorang 'manusia asli' atau 'script komputer yang sudah diprogram'. 
  • CAPTCHA digunakan banyak website untuk mencegah penyalahgunaan dari "bot" atau program otomatis yang biasanya ditulis untuk menghasilkan pesan-pesan spam pada internet. 
  • Tidak ada program komputer yang dapat membaca teks terdistorsi sebaik mata manusia, sehingga bot tidak akan dapat menavigasi situs yang dilindungi oleh CAPTCHA
Nah..dari situ diketahui bahwa salah satu fungsi reCAPTCHA adalah untuk mendigitalisasikan buku-buku pengetahuan bersejarah yang diterbitkan sebelum adanya komputer. Di artikel selanjutnya, sobat akan mengetahui bagaimana proses digitalisasi buku-buku/informasi tersebut sehingga dibutuhkan captcha untuk menyelesaikan proyek besar digitalisasi ini. So, stay tune! :D

Lowongan Kerja Captcha Entry
Daftar di sini: http://www.megatypers.com/register
INVITATION CODE:
13R1 atau 18OU atau 18OV
Berapa banyak yang anda peroleh tergantung pada seberapa banyak Anda bekerja. Beberapa pengguna kami mendapatkan antara $ 100 dan $ 250 setiap bulan! Harga kami mulai dari $ 0.85 untuk setiap 1000 kata yang diketik dan bisa meningkat sampai $ 1,5 untuk setiap 1000 kata diketik. Kami membayar melalui Kartu Debet, Cek Bank, Paypal, WebMoney, Liberty Reserve dan Western Union.

Referensi: Kaskus

Judul Artikel: Kerja Online Captcha Entry (Mengetik Captcha) - Bagian I
Link URL : http://debrianruhut.blogspot.com/2012/03/kerja-online-data-entry-part-time.html
Jangan lupa untuk membagikan artikel Kerja Online Captcha Entry (Mengetik Captcha) - Bagian I ini jika bermanfaat bagi sobat.

Debrian Ruhut says: Indonesian blogger, ten-fingers typist, pepsi hater, mommy cuisine lover, dog lover, and thank GOD a cum-lauder too :P ▬ You may share the article but don't forget to write the source link. No plagiarism please.
Next Prev Home
Pengunjung yang baik selalu memberikan Komentar. No Sara. No Spamming. Bersama, kita bangun blogger Indonesia lebih cerdas dan kreatif. Terima Kasih :)

0 komentar:

Posting Komentar

PageRank

Free PageRank Checker
 

Debrian Ruhut Blog. © May 2009 - 2021 All Rights Reserved Revolution Two Church theme by Brian Gardner | Terms Of Service | Privacy Policy | Powered By Blogger |