Minggu, November 13

Mengenal Profesi : SEO


Artikel Penting, Catatan Pengalaman, Tulisan Bebas - Pokoknya pembahasan artikel di blog ini beberapa minggu kedepan masih seputar bidang pekerjaan (jobs). Dari dulu banyak sekali istilah-istilah lapangan perkerjaan yang asing bagi saya, terkadang hal itulah yang membuat saya takut sambil membayangkan susahnya dunia pekerjaan itu. Dengan mengenali berbagai bidang pekerjaan, saya rasa itu akan mengurangi kegelisahan kita akan suatu pekerjaan. Artikel ini masih bersumber dari situs Jobs Seeker terkenal yaitu JobsDB.com. Semoga rangkuman seri pengenalan bidang-bidang pekerjaan ini menambah wawasan sobat sekalian. Selamat Membaca!~ :D

Pernahkah Anda mencari sesuatu di search engine seperti google, Bing, dan Yahoo? Pasti setelah Anda memasukkan kata kunci tentang apa yang Anda cari, seketika muncul daftar situs yang memiliki korelasi dengan kata kunci yang Anda cari. Anda mungkin kemudian berpikir, “ada jutaan situs di dunia maya, apa pertimbangannya hingga 10 situs ini yang muncul di halaman pertama pencarian?”.

Dunia maya itu bukan sulap yang penuh tipu daya, bukan juga politik yang penuh nuansa sikut-sikutan dan kolusi, semua itu ada caranya dan ada aktor dibalik semua itu. Dialah Search Engine Optimizer atau bahasa kerennya SEO.

SEO sendiri adalah sebuah konsep pengoptimalan sebuah situs supaya mudah muncul di search engine seperti google. Lalu kenapa harus halaman pertama? Aturan mainnya adalah seperti ini: kebiasaan orang yang mencari sesuatu lewat google, pasti akan langsung merespon apa yang ada di tampilan pertama. Jarang sekali ada orang yang rela mencari hingga ke halaman 15 untuk sebuah situs yang diinginkan.

Bagaimana bisa menjadi halaman pertama?
Inilah pekerjaan dari seorang operator SEO. SEO bertugas mengoptimasi sebuah website agar memiliki reputasi bagus dan mudah dikenal oleh search engine seperti google. Ada banyak cara yang bisa dilakukan oleh seorang SEO untuk membuat website atau situs yang dikelola teroptimasi di halaman pertama Google, seperti memasang kode meta tag, selalu mengupdate website dengan konten yang berkualitas sehingga Google akan crawl website Anda, menyebarluaskan link website dengan cara blog walking, hingga dengan cara curang yang lebih sering disebut sebagai black hat yaitu menebar dengan paksa link website miliknya kepada ratusan website lainnya. Dengan banyaknya link yang tersebar, itu artinya website yang Anda kelola adalah website yang populer, dan mesin pencari seperti google lebih menyukai situs yang populer ketimbang situs yang kurang dikenal di dunia maya.

Selain membuat sebuah website teroptimasi, SEO juga bertanggung jawab atas analisa statistik website tersebut. SEO bertanggung jawab terhadap traffic dan perkembangan jumlah pengunjung dari website tersebut.

Danny Sullivan, seorang pengamat internet marketing asal Amerika Serikat adalah sosok pertama yang memperkenalkan konsep Search Engine Optimizer ini pada tahun 1996. 

Sumber Referensi: JobsDB.com

Judul Artikel: Mengenal Profesi : SEO
Link URL : http://debrianruhut.blogspot.com/2011/11/mengenal-profesi-seo.html
Jangan lupa untuk membagikan artikel Mengenal Profesi : SEO ini jika bermanfaat bagi sobat.

Debrian Ruhut says: Indonesian blogger, ten-fingers typist, pepsi hater, mommy cuisine lover, dog lover, and thank GOD a cum-lauder too :P ▬ You may share the article but don't forget to write the source link. No plagiarism please.
Next Prev Home
Pengunjung yang baik selalu memberikan Komentar. No Sara. No Spamming. Bersama, kita bangun blogger Indonesia lebih cerdas dan kreatif. Terima Kasih :)

0 komentar:

Posting Komentar

PageRank

Free PageRank Checker
 

Debrian Ruhut Blog. © May 2009 - 2021 All Rights Reserved Revolution Two Church theme by Brian Gardner | Terms Of Service | Privacy Policy | Powered By Blogger |