Selasa, November 15

Mengenal Profesi : Floor Director


Kamu Penggemar Buku Lang Leav dan Amari Soul? Cek buku terbarunya (Popular Book) "Memories" by Lang Leav, Love and Misadventure by Lang Leav (English Version), Reflections Of A Man by Mr. Amari Soul
loading...
Artikel Penting, Catatan Pengalaman, Tulisan Bebas - Masih dalam artikel seri pengenalan profesi pekerjaan. Suatu kali ketika saya diundang dalam acara Talk Show Kick Andy, saya melihat ada banyak kru studio di sana. Namun, dari semua anggota kru tersebut, tampaklah oleh saya seseorang bapak dengan tubuh agak gemuk tapi lincah, menggunakan penutup telinga (headset) memegang handy talky, serta sibuk lalu lalang memerintah anggota-anggota yang lainnya. Pertama kali saya melihat, saya tidak tahu jenis pekerjaan apa yang ia tekuni. Setelah mencari-cari di internet, akhirnya tahulah saya kalo pekerjaan yang sedang Ia geluti adalah seorang Floor Director. Seperti apa profesi seorang FD? simak saja artikel berikut..

Pernahkah Anda bermain ke studio televisi dan melihat ada seseorang memakai headset berkeliaran di antara kamera dan memberikan aba-aba ala anak pramuka? Bukan, itu bukan orang yang sedang stres atau terlalu terobsesi menjadi pramuka sejati, tapi orang itulah yang memegang peranan penting dalam proses produksi siaran di studio. 


Profesi ini dikenal dengan sebutan Floor Director (FD), atau dibeberapa tempat dikenal dengan sebutan Floor Manager. Dalam dunia media & periklanan seperti televisi, FD memiliki wilayah kerja yang luas dalam studio. Bisa dikatakan bahwa FD adalah bos di dalam studio. FD bertugas mengawasi, memberi aba-aba, mengkoordinasi talent, dan sebagainya. Bahkan tak jarang FD terlihat seperti guru taman kanak-kanak saat memberi komando pada audience yang ada di studio. 

Bagaimana Floor Director bekerja? 
Sebelum acara mulai, FD biasanya melakukan koordinasi terlebih dahulu dengan Program Director (PD) tentang gambaran acara yang akan dijalankan. Kemudian PD dan FD berpencar dan memegang tim nya masing-masing. PD menuju Master Control Room, dan FD menuju studio untuk memandu mempersiapkan kamera dan segala peralatan produksi seperti kamera, microphone, lighting, dan set panggung. Setelah semua siap, PD kemudian memberikan instruksi kepada FD untuk memulai countdown. FD kemudian memberikan aba-aba kepada kameramen, tata panggung, dan sebagainya untuk hitung mundur.

Bisa dikatakan bahwa FD adalah sutradara dalam proses siaran. Kenapa? FD berhak mengatur talent tentang bagimana posisi yang pas, kapan talent haru inframe (masuk dalam kamera), bagaimana blocking-nya dan kapan harus closing program. 

Apa yang dibutuhkan untuk menjadi seorang Floor Director? 
Floor Director adalah sebuah pekerjaan yang menuntut kita bertemu dengan banyak orang, karena kita harus mengkoordinir seisi studio demi terciptanya siaran yang bagus. Ada beberapa hal yang harus diperhatikan jika Anda ingin menjadi seorang Floor Director: 

  1. Memiliki kharisma yang bagus, pandai berbicara, dan efektif dalam memberikan komando. 
  2. Memiliki pemahaman dalam dunia broadcasting. 
  3. Sabar, tekun, kreatif dan profesional. 
  4. Mampu bekerja dalam tim dan tidak egois. 
  5. Tahan banting, tahan malu, dan memiliki fisik yang kuat. 
Apakah Anda berminat untuk menjadi Floor Director?

Sumber Referensi : JobsDB.com

Judul Artikel: Mengenal Profesi : Floor Director
Link URL : http://debrianruhut.blogspot.com/2011/11/mengenal-profesi-floor-director.html
Jangan lupa untuk membagikan artikel Mengenal Profesi : Floor Director ini jika bermanfaat bagi sobat.

Debrian Ruhut says: Indonesian blogger, ten-fingers typist, pepsi hater, mommy cuisine lover, dog lover, and thank GOD a cum-lauder too :P ▬ You may share the article but don't forget to write the source link. No plagiarism please.
Next Prev Home
Pengunjung yang baik selalu memberikan Komentar. No Sara. No Spamming. Bersama, kita bangun blogger Indonesia lebih cerdas dan kreatif. Terima Kasih :)

2 komentar:

Sorry mw tanya ne,
Klo mw jadi FD it msuk jurusan ap???maksud nya ambil jurusan ap namanya,
Thx before :)

Untuk jadi FD sobat bisa masuk jurusan yang berkaitan dengan entertain, bisa juga seni /manajemen, misalnya ilmu komunikasi, public relation, broadcasting dll.

Poskan Komentar

PageRank

Free PageRank Checker
 

Debrian Ruhut Blog. © May 2009 - 2016 All Rights Reserved Revolution Two Church theme by Brian Gardner | Terms Of Service | Privacy Policy | Powered By Blogger |