Minggu, September 11

Cara Meningkatkan Traffic Dan Peringkat Blog


Artikel Penting | Catatan Pengalaman | Tulisan Bebas - Sobat sekalian, ketemu lagi dalam artikel tips trik kali ini. Dalam artikel ini, saya akan berbagi informasi dan pengalaman saya mengenai traffic blog. Mungkin sobat sekalian pernah mendengar istilah Traffic Blog. Kalau ada yang belum tahu, tidak usah bingung. Traffic Blog sering dikaitkan dengan berapa banyak/jumlah pengunjung yang datang ke blog sobat dalam jangka waktu tertentu. Sederhananya, traffic itu (blog) adalah angka pengunjung yang singgah di blog. Sebenarnya untuk apa sih traffic blog ini?? Alasan pertama mengapa kita perlu meningkatkan jumlah pengunjung ke blog kita sudah pasti agar tulisan kita lebih cepat tersebar  dan terkenal di dunia maya. Sehingga apa yang sudah kita tulis dan bagikan menjadi berguna buat para pembacanya yang mungkin membutuhkan informasi tersebut. Sedangkan alasan kedua yang menurut saya paling penting, mengapa perlu meningkatkan blog yakni agar peringkat blog kita dimana mesin pencari (google, yahoo, bing, dkk) menjadi naik. Logikanya, apabila blog kita sering didatangi tamu di dunia maya, maka ada sesuatu yang menarik dari blog kita. Di internet, ada satu web yang terkenal dalam menentukan peringkat suatu blog, yaitu Alexa.com. Website ini akan menentukan peringkat berdasarkan jumlah pengunjung setiap waktunya. Peringkat paling baik di dunia adalah 1 (google), 2 (facebook), dst. Untuk blog ini sendiri menurut saya sudah lumayan bagus peringkatnya, walaupun tidak sampai menghebohkan. hehe
Situs Pemeringkat Website
Bila sobat sekalian mencari kata "debrian" di google, maka sobat akan menemukan blog ini ada di peringkat kedua dari atas. Ini tentunya sangat menguntungkan kita bukan? karena dengan naiknya peringkat blog kita maka semakin terkenal dan mudah ditemukan pula blog kita di dunia maya. Seperti membentuk suatu siklus yang selalu berputar.

BLOG -> TRAFFIC TINGGI -> PERINGKAT NAIK -> MUDAH DICARI -> BLOG RAMAI

ATAU

BLOG -> TRAFFIC KECIL -> PERINGKAT RENDAH -> SULIT DICARI -> BLOG SEPI

Kuncinya adalah pada tulisan yang berwarna merah di atas. Apa itu?? Traffic. Bagi blog yang baru aktif seperti punya saya, traffic sangatlah penting. Hal ini dapat kita gambarkan seperti roket Apollo yang hendak terbang ke angkasa. Dia membutuhkan tenaga yang lebih agar bisa mencapai titik aman penerbangan. Di sinilah guna TRAFFIC sebagai booster sebuah blog atau website.

Lalu, bagaimana saya mendapatkan traffic atau pengunjung tersebut?
Ada berbagai cara untuk mendapatkan traffic atau pengunjung blog kita. Masing-masing cara tersebut memiliki kelebihan dan kelemahannya masing-masing:

1. Blogwalking. 
Cara ini merupakan cara paling tradisional dan paling sering dilakukan. Tujuan blogwalking ini sebenarnya untuk mempererat persahabatan kedua pihak yang saling dikunjungi. Misalnya, kita mengunjungi blog teman dan meninggalkan pesan (komentar) di artikelnya. Maka secara tidak langsung, pemilik blog akan mencari tahu siapa orang yang meninggalkan pesan tersebut, dengan mengunjungi balik alamat blog yang sudah kita taruh. Dengan begitu, akan tercipta traffic blog yang alami. Kelebihannya, blog kita akan dikenal secara alami oleh pengunjung, dan pemilik blog sobat tersebut. Kelemahannya, traffic yang dihasilkan sangatlah kecil dan butuh waktu lama untuk membangun suatu peringkat yang tinggi.

2. Traffic Exchange.
Ini adalah cara kedua yang sudah saya sebutkan sebelumnya. Kita memerlukan tool ini sebagai booster dalam meningkatkan peringkat kita di mana mesin pencari. Apa itu traffic exchange??. Traffik Exchange ialah sistem pertukaran kunjungan antara sesama pengelola web atau blog. Secara sederhana, Kita akan memperoleh kunjungan balik setiap mengunjungi blog atau web orang lain. Setiap kita mengunjungi satu kali maka kita akan memperoleh kunjungan balik sekali. Bagaimana cara kerja program ini?
Setiap kita mengunjungi website lain maka kita akan mendapat 1 hit point di mana setiap 1 hit point berarti kita memiliki 1 hak kunjungan balik. Jadi jika kita mengumpulkan 100 hit dalam sehari, maka itu akan menjadi 100 kunjungan balik ke situs kita. Ini dikenal dengan istilah manual traffic exchange, yaitu pertukaran yang wajar di mana manusia sebagai pelaku utamanya, bukan mesin seperti yang ada pada program-program auto surf. Easyhit4you traffik exchange merupakan salah satu program yang terbukti. Selain memperoleh kunjungan balik, kita akan memperoleh sejumlah uang untuk setiap melakukan kunjungan ke website orang lain. Program ini menawarkan 1:1 traffic exchange (20 detik) dan 2:1 traffic exchange (15 detik). Pilihan yang pertama berarti kita akan mendapat 1 point setiap melakukan 1 hit (mengunjungi situs lain sekali) selama 20 detik. Yang kedua, kita akan mendapat 1 kunjungan untuk setiap 2 kunjungan yang kita lakukan masing-masing 15 detik.

Sobat bisa mendaftar dan bergabung DI SINI. Setelah berhasil membuat sebuah account pada pendaftaran yang sobat lakukan diatas, sobat dapat memasukan halaman website atau blog kedalam menu ‘mysite’ yang tersedia, setiap kita akan memperoleh 10 halaman web yang dapat di promosikan.

Tips ini sudah saya buktikan sendiri. Bila sobat melihat widget PAGE VIEWS di sebelah kanan blog ini, maka sobat akan menemukan hit counter yang menunjukkan angka 12.097. Itu artinya pengunjung blog ini sudah mencapai 12 ribu! dan sebagai efeknya, blog ini menjadi lebih dikenal di mesin pencari. Tapi tentunya jumlah pengunjung tersebut tidak sepenuhnya dari traffic exchange, paling hanya 4000-an yang dari traffic exchange tersebut :P Satu hal yang selalu  harus diingat yang tidak kalah penting yaitu mengenai isi dari blog sobat sendiri. Dalam dunia internet, isi adalah RAJA. Tulisan dalam blog sobat lebih di utamakan, agar pengunjung mendapatkan manfaat dari blog sobat, dan tidak segan-segan untuk mengunjungi lagi di lain waktu. Tunggu apa lagi? Selamat mencoba! :D


Judul Artikel: Cara Meningkatkan Traffic Dan Peringkat Blog
Link URL : http://debrianruhut.blogspot.com/2011/09/tingkatkan-traffic-dan-peringkat-blog.html
Jangan lupa untuk membagikan artikel Cara Meningkatkan Traffic Dan Peringkat Blog ini jika bermanfaat bagi sobat.

Debrian Ruhut says: Indonesian blogger, ten-fingers typist, pepsi hater, mommy cuisine lover, dog lover, and thank GOD a cum-lauder too :P ▬ You may share the article but don't forget to write the source link. No plagiarism please.
Next Prev Home
Pengunjung yang baik selalu memberikan Komentar. No Sara. No Spamming. Bersama, kita bangun blogger Indonesia lebih cerdas dan kreatif. Terima Kasih :)

0 komentar:

Posting Komentar

PageRank

Free PageRank Checker
 

Debrian Ruhut Blog. © May 2009 - 2021 All Rights Reserved Revolution Two Church theme by Brian Gardner | Terms Of Service | Privacy Policy | Powered By Blogger |