Rabu, Agustus 24

Tips Penggunaan Handphone Yang Aman


Kamu Penggemar Buku Lang Leav dan Amari Soul? Cek buku terbarunya (Popular Book) "Memories" by Lang Leav, Love and Misadventure by Lang Leav (English Version), Reflections Of A Man by Mr. Amari Soul
loading...
Artikel Penting | Catatan Pengalaman | Tulisan Bebas Banyak masyarakat modern membutuhkan handphone untuk kebutuhan hidup. Hand phone (HP) dianggap sebagai  produk adiktif saat ini, dan melanda dunia ke seluruh kalangan masyarakat. Total sudah lebih dari 1000 jenis handphone dikeluarkan pabrikan. Sayangnya penguna tidak pernah menyadari seberapa kuat radiasi gelombang elektromagnetic  pada handphone yang dipakai.
Handphone/ponsel tidak memancarkan radiasi infra merah pada saat menerima SMS/telepon. Berdasarkan artikel mengenai Cellular Frequencies (Wikipedia), frekuensi handphone adalah pada band 800 Mhz, 1800 Mhz, atau 1900 Mhz, sedangkan gelombang infra merah memiliki frekuensi 300 Ghz – 400 Thz. Ini jelas berbeda jauh. Lagi pula, dalam sebuah handphone yang tidak ada fasilitas komunikasi infra merah, tidak ada alat atau komponen yang dapat memancarkan infra merah.

Apakah aman menggunakan handphone / ponsel ?
Ketika Anda mengirim/menerima SMS atau menelepon/ditelepon, handphone memancarkan gelombang elektromagnet agar dapat berkomunikasi dengan pemancar operator terdekat. Dalam jumlah yang berlebihan, radiasi ini berbahaya, namun dalam jumlah kecil, radiasi gelombang elektromagnet tidak berbahaya bagi manusia.
FCC (salah satu lembaga pemerintah AS) menetapkan batas maksimal besarnya radiasi yang diperbolehkan untuk handphone atau telepon genggam. Besarnya radiasi handphone ini dinyatakan dalam SAR (Specific absorption rate). SAR adalah nilai maksimum radiasi yang diserap oleh tubuh per satuan berat. FCC menentukan besarnya SAR untuk handphone adalah maksimal sebesar 1.6 W/kg. Negara-negara di Eropa (European Union) menetapkan besarnya SAR maksimal adalah sebesar 2 W/kg. Handphone/ponsel yang berada di atas batas ini tidak boleh diproduksi dan diperdagangkan di negara tersebut.
Anda bisa melihat daftar nilai SAR dari berbagai macam merk HP di situs FCC, klik di sini. Jika nilai SAR tinggi, maka radiasi handphone tersebut tinggi. 
Bila Hand Phone anda masuk daftar sebagai HP dengan radiasi tertinggi. Ada baiknya mengurangi pemakaian HP. Dibawah ini 10 teratas bagi Hand Phone dengan nilai SAR atau radiasi rendah sampai yang tertinggi (namun masih di bawah batas ‘aman’):
10 Hand Phone dengan Radiasi Rendah :
  1. Samsung Impression (  SGH-a877 )
  2. Motorolla RAZR V8
  3. Samsung ( SGH-t229 )
  4. Samsung Rugby ( SGH-a837 )
  5. Samsung Propel Pro ( SGH-i627 )
  6. Samsung Gravity ( SGH-t459 )
  7. T-Mobile Sidekick
  8. LG Xenon ( GR500 )
  9. Motorolla Karma QA1
  10. Sanyo Katana II
Sedangkan, 10 Hand Phone dengan Radiasi Tinggi adalah :
  1. Motorola MOTO VU204
  2. T-Mobile myTouch 3G
  3. Kyocera Jax S1300
  4. Blackberry Curve 8330
  5. Motorola W385
  6. T-Mobile Shadow
  7. Motorola C290
  8. Motorola i335
  9. Motorola MOTO VE240
  10. Blacberry Bold 9000
Adakah Handphone anda termasuk pada barisan tersebut ?
Bagi Anda pengguna BlackBerry, Anda dapat melihat tingkat radiasi masing-masing jenis Ponsel ini di situs ini GHIBOO.com . Dari kesimpulannya dinyatakan bahwa BlackBerry Storm 9500 handset paling aman radiasi dengan tingkat SAR US 0.57 W/kg (head) 0.50 W/kg (body) atau SAR EU 0.47 W/kg (head) 0.27 W/kg (body). Dan tingkat SAR tertinggi ada pada hampir semua jenis BlackBerry BOLD dengan SAR EU sebesar 1.72 w/kg.
Resiko yang timbul akibat radiasi Handphone ?
  • KHUSUS para pria, sebaiknya jangan membiasakan mengantongi telepon seluler (ponsel) dalam kondisi stand by atau menyala di saku celana. Meski tak sedang digunakan untuk berkomunikasi, kondisi itu masih menyisakan risiko kemandulan pada pria hingga 30 persen. (Sumber: metrotv).
  • Paparan radiasi dari ponsel bisa mengakibatkan kanker otak. Kesimpulan tersebut diumumkan WHO seusai menggelar pertemuan dengan 31 ilmuwan dari 14 negara belum lama ini. (Sumber: Sindo).
  • Radiasi Ponsel bisa memicu kecelakaan pesawat. Laporan dari International Air Transport Association, 75 kecelakaan pesawat udara yang terjadi antara tahun 2003 sampai 2009 merujuk bahwa  kecelakaannya disebabkan oleh ponsel dan perangkat elektronik lainnya. (Sumber: yangcanggih)
Berikut beberapa tips dalam menggunakan ponsel yang dapat membantu mengurangi radiasi ponsel, yang dikutip dari berbagai sumber.
  1. Batasi pemakaian ponsel dan selalu gunakan handsfree. Anda tidak dilarang dalam menggunakan ponsel dalam melakukan komunikasi. Namun yang perlu diingat adalah, gunakan ponsel untuk menerima panggilan yang penting saja. Bicara seperlunya dan tidak perlu sampai berjam-jam untuk menempelkan kuping ke ponsel. Jika hal tersebut terpaksa dilakukan, gunakan alat bantu handsfree untuk meminimalisir adanya radiasi yang dibentuk oleh gelombang elektromagnetik.
  2. Jarak antara telinga dengan ponsel. Jika memakai ponsel tanpa handsfree, tunggulah sampai panggilan benar-benar terkoneksi sebelum menaruh ponsel di telinga untuk melakukan pembicaraan. Usahakan menjauhkan ponsel setidaknya 1 inci (2,5 cm) dari tubuh Anda.
  3. Ponsel di saku celana? Itu sebuah kesalahan. Jangan Masukkan Handphone di Saku Celana Material bahan di celana kadang dapat menjadi konduktor yang cepat untuk radiasi, ketimbang reaksi ke bagian kepala.
  4. Terima panggilan di ruangan terbuka saja. Jangan Gunakan Handphone di Elevator, Elevator (Lift) telah menjadi standar fasilitas di gedung-gedung bertingkat. Dalam ruangan seperti ini, ponsel harus bekerja keras menstabilkan koneksi sehingga radiasi meninggi. Selain itu, ada kemungkinan radiasi memantul kembali ke pengguna di ruangan yang didominasi bahan baja.
  5. Belilah ponsel dengan level SAR (Specific Absorption Rate) yang rendah. Level SAR adalah ukuran kuantitas frekuensi radio yang diserap tubuh manusia.
  6. Gunakan alat pelindung ponsel yang mampu menekan radiasi. Ini biasanya banyak dijual di toko akesoris ponsel.
  7. Jangan meletakkan ponsel di tempat tidur. Anda memang membutuhkan alarm pada ponsel untuk membantu Anda bangun pagi. Tetapi, jangan meletakkan ponsel di dekat posisi kepala Anda. Medan elektromagnetik bisa mengurangi produksi melatonin pada tubuh, dan penyapu radikal bebas yang dapat melindungi sel-sel tubuh Anda dari kerusakan DNA. Seperti Anda tahu, kerusakan DNA dapat meningkatkan risiko kanker dan penyakit lain.
  8. Lebih baik mengirim pesan dibanding menelepon. Saat mengirim pesan frekuensi radio yang dibutuhkan lebih kecil dibandingkan saat menelepon. Jadi, kirim pesan jika pembicaraan secara langsung tidak diperlukan.
Badan Kesehatan Dunia atau World Health Organisation (WHO) menyatakan bahaya gelombang elektromagnetik pada ponsel dapat menimbulkan munculnya sel-sel kanker (carcinogen).
Kendati pernyataan dari WHO ini masih menimbulkan pro dan kontra, tak ada salahnya pengguna ponsel bersikap lebih waspada dalam menggunakan perangkat genggam tersebut. Karena mencegah lebih baik daripada mengobati.
Catatan Penting: Batasi penggunaan ponsel untuk anak-anak. Sebab, otak mereka masih berkembang. Selain itu perhatikan pula efek psikologis dan sosial akibat interaksi yang berlebihan dengan ponsel mereka.
Referensi: wikipedia.com, Okezone.com, kompas.com, tutorialgratis.net, obengware.com

Radiasi Ponsel Bisa Memicu Kecelakaan Pesawat Udara


Judul Artikel: Tips Penggunaan Handphone Yang Aman
Link URL : http://debrianruhut.blogspot.com/2011/08/tips-penggunaan-handphone-yang-aman.html
Jangan lupa untuk membagikan artikel Tips Penggunaan Handphone Yang Aman ini jika bermanfaat bagi sobat.

Debrian Ruhut says: Indonesian blogger, ten-fingers typist, pepsi hater, mommy cuisine lover, dog lover, and thank GOD a cum-lauder too :P ▬ You may share the article but don't forget to write the source link. No plagiarism please.
Next Prev Home
Pengunjung yang baik selalu memberikan Komentar. No Sara. No Spamming. Bersama, kita bangun blogger Indonesia lebih cerdas dan kreatif. Terima Kasih :)

2 komentar:

wah gimana lg ya kita tergantung itu e... ya baik2 dalam menggunaknnya aja ya thnks

Kalo aku sih, yang penting Hp jangan di bawa kalo lagi mau tidur..bahaya juga radiasinya semalaman. Pagi2nya malah jadi pusing ntar..

Poskan Komentar

PageRank

Free PageRank Checker
 

Debrian Ruhut Blog. © May 2009 - 2016 All Rights Reserved Revolution Two Church theme by Brian Gardner | Terms Of Service | Privacy Policy | Powered By Blogger |