Kamis, Agustus 25

Mengetahui Kerusakan Hardisk Dan Solusinya


Kamu Penggemar Buku Lang Leav dan Amari Soul? Cek buku terbarunya (Popular Book) "Memories" by Lang Leav, Love and Misadventure by Lang Leav (English Version), Reflections Of A Man by Mr. Amari Soul
loading...
Artikel Penting | Catatan Pengalaman | Tulisan Bebas - Pernahkah sobat mengalami hal seperti ini: udah ngumpulin file data di hardisk sampe bergiga-giga, trus tanpa sebab akibat, gak ada angin gak ada hujan, hardisk kita error alias rusak.Wah, kesel banget tuh pas kejadian itu terjadi di hardisk saya. Jadi kejadiannya pertama gini, semaleman aku pake komputer, dan komputer itu udah aku nyalain selama 15 jam non-stop dari pagi (lagi banyak-banyak tugas). Nah, sewaktu paginya lagi aku mau nyalain, eh ternyata dia ga mau masuk ke OS-nya. Langsung deh buru-buru di bawa ke reparasi.Sialnya, setelah beberapa hari di tukang reparasi, hardisk saya tetep ga bisa di nyalain. Sebenarnya bisa sih, tapi harus di lakukan yang namanya kanibal. Istilahnya hardisk yang lama diambil lempengannya lalu di ganti dengan tempat yang baru. Hmm, setelah mencari-cari berbagai artikel tentang hardisk rusak, ternyata tidak selalu hardisk yang rusak harus di kanibal. Ada beberapa alternatif yang bisa dilakukan. Ya mungkin agak aneh juga, tapi beberapa yang sudah mencoba, mengtakan kalau cara mereka tersebut berhasil. So, Check it out..

Bila memiliki hardisk yang rusak atau ngga kedetect, jangan dibuang dulu, karena mungkin saja HD agan masih bisa diperbaiki. Trik ini didapet dari seorang dosen, mudah2an ilmu yang beliau berikan bermanfaat bagi kita.

Penyebab Kerusakan Pada Hard Disk :
  • Power Supply yang tidak memadai dan merusak controller harddisk dan motor.
  • Harddisk terjatuh dan merusak mekanik didalamnya dan minimal terjadi bad sector.
  • Terlalu sering dibawa-bawa tanpa pengaman membuat platter harddisk rusak karena guncangan berlebih.
  • Suhu di dalam harddisk yang panas membuat kondisi harddisk dalam lingkungan tidak stabil.
Bedasarkan riset dan pengalaman narasumber selama menangani kerusakan harddisk, dapat dibagi menjadi 4 level kerusakan:

Level 1
Kerusakan yg terjadi pada level ini bisanya disebabkan Bad sector. Untuk menanganinya ada beberapa cara dan variasi percobaan, disesuaikan dengan merk harddisk dan banyaknya bad sector.
  • Untuk penangan awal bisa gunakan perintah FORMAT C:/C (sesuaikan dengan drive yg akan diformat). /C digunakan untuk mebersihkan cluster yg rusak.
  • Langkah kedua jika belum berhasil bisa gunakan program Disk Manager dari masing-masing pabrik pembuat Harddisk.
  • Jika belum berhasil juga anda bisa gunakan software HDDREG , silahkan download di internet programnya.
  • Jika belum berhasil coba cara Low Level Format atau Zero File.
  • Jika masih belum bisa, anda bisa lakukan pemotongan sector harddisk yang rusak, dengan cara membaginya dan tidak menggunakan sector yang rusak.
Level 2
Kerusakan yang terjadi pada level 2 adalah Kehilangan Partisi Harddisk dan Data. Ini bisa disebabkan oleh virus atau kesalahan menggunakan program utility. Ada yg perlu diperhatikan dalam mengembalikan Partisi harddisk yang hilang, yaitu kapasitas harddisk dan Jenis File Systemnya. Partisi dengan File System FAT lebih mudah dikembalikan dibanding NTFS atau File System Linux.
  • Cek terlebih dahulu partisi harddisk dengan menggunakan FDISK atau Disk Manager
  • Untuk mengembalikannya bisa gunakan software seperti Acronis Disk Director, Handy Recovery, Stellar Phoniex dll.
Level 3
Kerusakan yg menyebabkan harddisk terdeteksi di BIOS tetapi tidak bisa digunakan, selalu muncul pesan error pada saat komputer melakukan POST. Biasanya ini disebabkan FIRMWARE dari harddisk tersebut yg bermasalah. Untuk gejala ini banyak terjadi pada harddisk merk Maxtor dengan seri nama-nama Dewa. Untuk memperbaikinya anda bisa download program Firmware dari website merk harddisk tersebut.

Level 4
Kerusakan yang menyebabkan Harddisk benar tidak terdeteksi oleh BIOS dan tidak bisa digunakan lagi. Ini level yang tersulit menurut saya. Karena untuk perbaikannya kita butuh sedikit utak atik perangkat elektronika dan komponen dalamnya. Menganggulangi harddisk yang tidak terdeteksi oleh BIOS banyak cara.
  • Mengecek arus listrik yg mengalir ke harddisk
  • Mengganti IC pada mainboard Harddisk
  • Buka Penutup Cover harddisk dan cek posisi Head harddisk
  • Cara yg extreme harddisk yg rusak bisa dikanibal dengan harddisk yg lain yg keruskan berbeda, bisa dengan cara mengganti maiboardnya atau mengambil IC nya.
Jika Harddisk Bad Sector
Hal yang masih dapat dilakukan untuk memperbaiki harddisk yang terkena bad sector adalah hanya kondisi dimana harddisk masih berputar, keadaan controller harddisk masih bekerja.

Persyaratan HD yang mau diperbaiki :
  • Ada tampilan dilayar monitor, saat harddisk dihubungkan dengan kabel data dan kabel power.
  • Tidak ada komponen yang hilang atau terbakar didalam sirkuit logic board.
  • Tidak terdengar suara benturan logam didalam harddisk, saat dihubungkan power supply.
  • Motor platter berputar secara kontinyu dengan putaran konstan, saat konektor power harddisk dihubungkan dengan kabel power supply.
Solusi :
Cara 1: Ketoklah bagian mekanik harddisk (motor penggerak head harddisk) dengan gagang obeng pada saat harddisk dihubungkan dengan power supply.
Cara 2: Jatuhkan harddisk dengan ketinggian ≤ setengah meter (posisi motor head berada dibawah).
Cara 3: Masukan harddisk kedalam tuperware, kemudian masukan kedalam freezer selama 24 jam.
Cara 4: Kanibal logic board harddisk dengan merek dan kapasitas yang sama

Cobain salah satu cara diatas, kalau gagal pakai cara yang lainnya. Kalau semua cara udah ga bisa, mau diapain lagi? :P

Kalo gagal mending di daur ulang aja seperti gambar-gambar di bawah ini. hehe, masih ada aja akalnya..Malah yang ini lebih bernilai ekonomis dari pada hardisk yang masih bersih.

Robot dari Hardisk
Robot Dari Hardisk Rusak
Miniatur Motor Dari Hardisk Rusak

Referensi : Kaskus dan http://tutorial-suhendra.blogspot.com/2009/01/memperbaiki-harddisk.html

Judul Artikel: Mengetahui Kerusakan Hardisk Dan Solusinya
Link URL : http://debrianruhut.blogspot.com/2011/08/mengetahui-kerusakan-hardisk-dan.html
Jangan lupa untuk membagikan artikel Mengetahui Kerusakan Hardisk Dan Solusinya ini jika bermanfaat bagi sobat.

Debrian Ruhut says: Indonesian blogger, ten-fingers typist, pepsi hater, mommy cuisine lover, dog lover, and thank GOD a cum-lauder too :P ▬ You may share the article but don't forget to write the source link. No plagiarism please.
Next Prev Home
Pengunjung yang baik selalu memberikan Komentar. No Sara. No Spamming. Bersama, kita bangun blogger Indonesia lebih cerdas dan kreatif. Terima Kasih :)

3 komentar:

@Software House Production: thanks udah berkunjung Sob.. :D btw, link download di websitenya koq banyak yang dead ya? Linknya udah sekalian aku taruh di link exchange.. :P

Mohon bantuannya sob hdd ane gk kedeteksi padahal kondisinya piringan masih berputar dan semalem dipakek juga gk ada masalah

Poskan Komentar

PageRank

Free PageRank Checker
 

Debrian Ruhut Blog. © May 2009 - 2016 All Rights Reserved Revolution Two Church theme by Brian Gardner | Terms Of Service | Privacy Policy | Powered By Blogger |