Kamis, Agustus 25

Liburan Menarik ke Taman Laut Bunaken


Kamu Penggemar Buku Lang Leav dan Amari Soul? Cek buku terbarunya (Popular Book) "Memories" by Lang Leav, Love and Misadventure by Lang Leav (English Version), Reflections Of A Man by Mr. Amari Soul
loading...
Artikel Penting | Catatan Pengalaman | Tulisan Bebas - Hello guys, udah beberapa hari ini kegiatan di kampus sibuk banget. Pengen rasanya melepas sedikit kepenatan dengan pergi ke tempat-tempat wisata. Siapapun yang tinggal di jakarta pasti setuju kalo wisata alam adalah liburan yang paling baik dan menyenangkan. Mereka (termasuk saya, hehe) rasa-rasanya udah bosen sama yang namanya hiruk pikuk kepadatan kota. Liburan pergi nonton ke bioskop, atau pergi ke tempat pusat perbelanjaan, rasanya udah bosen banget. Salah satu impian saya nih, seandainya ada kesempatan, pengen banget berkunjung ke daerah pesisir dan laut seperti Taman Laut Bunaken. Dulu waktu tinggal di Manado pernah juga ke Bunaken, tapi waktu itu gak sempet diving. Masalahnya dulu masih SD, blum tau apa-apa. Kebayang kalau lautan itu banyak ikan hiunya. :D

Peta Bunaken - http://www.dephut.go.id
Bunaken sendiri letaknya di sebelah barat laut pantai boulevard, Manado, keindahan Taman Laut Bunaken tersohor sampai ke mancanegara. Satu-satunya taman laut yang masih menyimpan keanekaragaman bahari dan terlengkap yang masih ada sampai saat ini.
Tercatat 13 genera karang hidup di perairan Taman Nasional Bunaken, didominasi oleh jenis terumbu karang tepi dan terumbu karang penghalang. Yang paling menarik adalah tebing karang vertikal sampai sejauh 25-50 meter.
Sekitar 91 jenis ikan terdapat di perairan Taman Nasional Bunaken, diantaranya ikan kuda gusumi (Hippocampus kuda), oci putih (Seriola rivoliana), lolosi ekor kuning (Lutjanus kasmira), goropa (Ephinephelus spilotoceps dan Pseudanthias hypselosoma), ila gasi (Scolopsis bilineatus), dan lain-lain.
Jenis moluska seperti kima raksasa (Tridacna gigas), kepala kambing (Cassis cornuta), nautilus berongga (Nautilus pompillius), dan tunikates/ascidian.

Adapun kunjungan ke Taman Laut Bunaken ini paling banyak bulan Mei s/d Agustus setiap tahunnya. Mungkin karena bertepatan juga dengan libur nasional ya.
Cara pencapaian lokasi: Taman Nasional Bunaken dapat dicapai melalui Pelabuhan Manado, Marina Nusantara Diving Centre (NDC) di Kecamatan Molas dan Marina Blue Banter. Dari Pelabuhan Manado dengan menggunakan perahu motor menuju pulau Siladen dapat ditempuh + 20 menit, pulau Bunaken + 30 menit, pulau Montehage + 50 menit dan pulau Nain +60 menit. Dari Blue Banter Marina dengan menggunakan kapal pesiar yang tersedia menuju daerah wisata di pulau Bunaken dapat ditempuh dalam waktu 10-15 menit, sedangkan dari pelabuhan NDC menuju lokasi penyelaman di pulau Bunaken dengan menggunakan speed boat ditempuh dalam waktu + 20 menit.
Bagi sobat yang belum bisa berkesempatan berkunjung ke tempat ini, gak usah bersedih dulu..hehe, lihat-lihat aja gambar dan videonya di bawah ini. Siapa tau harapan kita bisa dikabulkan sama Tuhan. Yang penting dibuat dulu wishlistnya. :D



Video Duration: 18:07



Judul Artikel: Liburan Menarik ke Taman Laut Bunaken
Link URL : http://debrianruhut.blogspot.com/2011/08/liburan-menarik-ke-taman-laut-bunaken.html
Jangan lupa untuk membagikan artikel Liburan Menarik ke Taman Laut Bunaken ini jika bermanfaat bagi sobat.

Debrian Ruhut says: Indonesian blogger, ten-fingers typist, pepsi hater, mommy cuisine lover, dog lover, and thank GOD a cum-lauder too :P ▬ You may share the article but don't forget to write the source link. No plagiarism please.
Next Prev Home
Pengunjung yang baik selalu memberikan Komentar. No Sara. No Spamming. Bersama, kita bangun blogger Indonesia lebih cerdas dan kreatif. Terima Kasih :)

7 komentar:

Menarik untuk disimak.. :)

wah siiip pemandangan lautnya seperti di bunaken

ok ok siip bisa gan komennya

Terima kasih atas masukannya mas @bopfive5, untung di kasih tau error di komennya.. :D :beer:

wah terlalu jauh gan dari tempat ane.. :(

Menarik juga sih, mungkin pelanggan saya bisa ditawarkan juga berkunjung ke sini
Salam kenal

Salam kenal, jalan-jalan ke blog ane juga ya :)

Poskan Komentar

PageRank

Free PageRank Checker
 

Debrian Ruhut Blog. © May 2009 - 2016 All Rights Reserved Revolution Two Church theme by Brian Gardner | Terms Of Service | Privacy Policy | Powered By Blogger |