Rabu, Juni 3

5 Kunci Penentu Sukses Tidaknya Bisnis Startup


Artikel Penting | Catatan Pengalaman | Tulisan Bebas - Selamat datang kembali sobat yang budiman. Saat ini kita melihat banyak sekali bisnis baru yang bemunculan baik di sektor riil maupun di internet. Salah satu yang menarik perhatian saya adalah bisnis startup, dimana lahirnya bisnis ini bermula dari ide baru yang "katanya" bisa menjebatani antar kebutuhan masyarakat dengan penawaran bisnis startup itu sendiri. Startup yang dibentuk dari ide sederhana seorang individu, dengan modal mandiri, lalu berkembang seiring dengan bantuan komunitas yang ada, ternyata belum cukup mampu mendukung suatu bisnis startup bisa sukses di masa mendatang. Ada hal-hal yang perlu kita cermati yang menjadi kunci penentu kesuksesan bisnis startup menurut Bill Gross, pendiri Idealab. Berikut ini pemaparan dari Bill Gross dalam acara TED:
5 elemen penting yang menentukan kesuksesan suatu bisnis startup yaitu, Ide, Tim, Bisnis Model, Keuangan dan Waktu. Masing-masing elemen memiliki bobot penentu kesuksesan suatu bisnis startup. Ketika Sobat memiliki ide yang bagus untuk di realisasikan, tentu harus didukung dengan Tim yang solid serta bisnis model dan keuangan yang memadai. Namun, dari kelima elemen tadi, ada satu elemen yang dipandang paling menentukan kesuksesan bisnis startup. Di bawah ini merupakan perbandingan antara beberapa bisnis startup yang telah dinilai oleh IdeaLab menurut 5 elemen tadi.
Bisnis startup yang dinilai
Timing yang tepat dalam memulai bisnis
Dari gambar di atas, dapat kita lihat bahwa suatu bisnis yang diluncurkan pada waktu / Timing yang tepat, lebih mudah sukses kedepannya ketimbang bisnis yang memiliki pendanaan banyak sekalipun seperti Kozmo, pets ataupun webvan misalnya.
Dari hasil survey dan penelitian Idealab, oleh Bill Gross, terhadap lebih dari 200 perusahaan startup, maka komposisi Timing adalah yang terbesar dalam menciptakan bisnis yang sukses yaitu mengambil bobot 42%. Sedangkan Team sebesar 32% artinya memiliki tim yang solid dan mampu beradaptasi dalam setiap perkembangan sangat diperlukan agar bisnis bisa bertahan. Di urutan ketiga adalah Idea, yang menjadi motif dasar suatu ide dibuat. Lalu ada bisnis model sebesar 24%, serta keuangan atau funding yang menentukan porsi paling sedikit yaitu 14%. 

Penelitian di atas dapat menjadi inspirasi baru bagi kita para penggiat startup, bahwa keuangan bukan masalah utama sebuah bisnis startup menjadi maju, namun yang paling penting adalah timing atau waktu peluncuran suatu bisnis ke masyarakat luas. Di contohkan seperti bisnis AirBnB bisnis yang menyediakan sarana bagi backpacker mendapatkan penginapan murah, yaitu dengan menyediakan kamar yang disewakan untuk orang asing. Bisnis ini diluncurkan saat keadaan orang-orang sedang dalam masa resesi yang membutuhkan penghematan dalam pengeluaran. Di sisi lain, ada orang-orang yang memiliki rumah tinggal dengan kamar yang banyak kosong. Di sinilah letak kekuatan bisnis AirBnB berkembang. Menutup gap suatu masalah dengan timing yang tepat.

Okay, sekian paparan mengenai 5 kunci penentu sukses tidaknya suatu bisnis startup. Sobat bisa melihat video aslinya melalui link berikut ini.


Judul Artikel: 5 Kunci Penentu Sukses Tidaknya Bisnis Startup
Link URL : http://debrianruhut.blogspot.com/2015/06/5-kunci-penentu-sukses-tidaknya-bisnis-startup.html
Jangan lupa untuk membagikan artikel 5 Kunci Penentu Sukses Tidaknya Bisnis Startup ini jika bermanfaat bagi sobat.

Debrian Ruhut says: Indonesian blogger, ten-fingers typist, pepsi hater, mommy cuisine lover, dog lover, and thank GOD a cum-lauder too :P ▬ You may share the article but don't forget to write the source link. No plagiarism please.
Next Prev Home
Pengunjung yang baik selalu memberikan Komentar. No Sara. No Spamming. Bersama, kita bangun blogger Indonesia lebih cerdas dan kreatif. Terima Kasih :)

0 komentar:

Posting Komentar

PageRank

Free PageRank Checker
 

Debrian Ruhut Blog. © May 2009 - 2021 All Rights Reserved Revolution Two Church theme by Brian Gardner | Terms Of Service | Privacy Policy | Powered By Blogger |