Minggu, Maret 29

Yuk Menulis: Teknik Penulisan Karya Ilmiah


Artikel Penting | Catatan Pengalaman | Tulisan Bebas - Selamat hari minggu Sobat Blogger setanah air! Hari minggu terasa singkat, tidak berkesan jika belum menulis sebuah artikel di blog. Paling tidak setiap minggu ada 1 artikel yang ditulis. Dulu saya bahkan pernah membuat jadwal untuk membuat tulisan setiap 3 hari. Namun, perjalanan penulisan kadang tidak mudah karena pekerjaan yang menguras waktu. hehe. Artikel ini masih menyambung artikel sebelumnya yang membahas topik pendidikan/education yaitu Belajar Search Engine Optimization (SEO) Sampai Bisa. Kalau topik sebelumnya lebih mengarah kepada ilmu yang sifatnya pengalaman, kali ini saya ingin memberikan ilmu yang sifatnya standar di bidang pendidikan, Tips dan Trik bagaimana Teknik Penulisan Karya Ilmiah. Mungkin sobat banyak menemui artikel-artikel yang membahas hal ini. Saya sendiri menulis artikel ini sebagai bentuk upaya mendorong generasi muda Indonesia untuk berkarya lebih banyak melalui Karya Ilmiah.

Apa itu Karya Ilmiah? 

Karya Ilmiah atau tulisan ilmiah adalah karya seorang ilmuwan (yang berupa hasil pengembangan) yang ingin mengembangkan ilmu pengetahuan, teknologi dan seni yang diperoleh melalui studi kepustakaan, kumpulan pengalaman, dan pengetahuan orang lain sebelumnya. Mungkin Sobat sering mendapatkan ide di bidang yang sedang digeluti. Bagaimana teknis meneliti dan mengungkapkan studi terkait ide kita tersebut harus dilakukan dengan baik agar orang lain dapat mengerti alur pikir dari ide yang kita sampaikan.
Untuk menghasilkan tulisan yang efektif tentu dibutuhkan keterampilan teknik menulis yang memadai. Membicarakan teknik menulis, artinya membicarakan cara mengemas ide dalam bentuk tulisan sedemikian rupa sehingga orang yang membaca tulisan tersebut dapat menangkap ide yang disampaikan dengan benar.
Ada beberapa tujuan umum dalam penulisan karya ilmiah, antara lain untuk:
  1. Menyampaikan gagasan, 
  2. Memenuhi tugas dalam studi, 
  3. Mendiskusikan gagasan dalam suatu pertemuan, 
  4. Mengikuti perlombaan, serta
  5. Menyebarluaskan ilmu pengetahuan/hasil penelitian.
Persiapan Apa yang Dibutuhkan dalam Menulis Karya Ilmiah?
  1. Motivasi dan displin yang tinggi. Penulisan karya ilmiah harus sejalan dengan motivasi dan minat dalam bidang yang akan Sobat ditulis. Biasanya kita menemukan dahulu permasalahan dari hasil observasi lapangan. Misalnya mengapa sebelum hujan, suhu udara selalu terasa lebih panas? atau mengapa susu bila dicapur soda rasanya jadi lebih enak? (Eh, yang ini agak ngaco :p)
  2. Kemampuan mengolah data. Data adalah fakta yang harus kita temukan dan olah dalam meneliti suatu isu. Mengolah data membutuhkan bantuan ilmu statistik untuk mengamati hubungan variabel atau parameter terhadap suatu kejadian. Misalnya; kita menelaah faktor yang membuat suhu udara lebih panas ketika akan hujan dikarenakan beberapa hal: banyaknya awan, angin yang bertiup, dll. Variabel itu harus kita tentukan hubungannya, apakah banyaknya awan berpengaruh pada terjadinya hujan, atau angin yang bertiup juga berpengaruh?
  3. Kemampuan berfikir logis (urut) dan terpadu (sistematis). Berpikir logis tentu diperlukan dalam memahami kejadian yang akan kita teliti. Tidak semua variabel yang kita temukan akan revelan dengan topik penelitian yang akan dibahas. Misal kita berpikir bahwa suhu udara menjadi lebih panas ketika akan hujan yakni karena rumah kita tidak memakai AC? tentu itu adalah variabel yang sama sekali tidak relevan dengan topik yang akan diteliti. hehe
  4. Kemampuan berbahasa. Penulisan karya ilmiah harusnya menggunakan bahasa yang baku. Tidak bisa ditawar. Titik.
Untuk Sobat yang mengikuti lomba Penulisan Karya Ilmiah, ada beberapa hal formal yang perlu diperhatikan agar Karya Ilmiah kita memenuhi syarat:
  1. Lugas dan tidak emosional mempunyai satu arti, sehingga tidak ada tafsiran sendiri-sendiri (interprestasi yang lain),
  2. Logis disusun berdasarkan urutan yang konsisten,
  3. Efektif satu kebulatan pikiran, ada penekanan dan pengembagan,
  4. Efisien hanya mempergunakan kata atau kalimat yang penting dan mudah dipahami,
  5. Ditulis dengan bahasa Indonesia yang baku.
Bagaimana Format Penulisan Karya Ilmiah?
Secara umum format penulisan Karya Ilmiah dapat dilihat sebagai berikut:

Kerangka Karya Ilmiah (Proposal Penelitian)

BAB I PENDAHULUAN
A. Latar Belakang Masalah
B. Identifikasi Masalah
C. Pembatasan Masalah
D. Perumusan Masalah
E. Tujuan Penelitian
F. Manfaat Penelitian

BAB II KAJIAN PUSTAKA
A. Kerangka Teoretis
B. Kerangka Pemikiran
C. Hipotesis (jika ada)

BAB III METODE PENELITIAN
A. Populasi dan Sampel
B. Metode Pengumpulan Data
C. Instrumen Penelitian
D. Metode Analisis Data

BAB IV HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN
A. Hasil Penelitian
B. Pembahasan

BAB V KESIMPULAN DAN SARAN
A. Kesimpulan
B. Saran

Okay, itu tadi sedikit informasi tentang Penulisan Karya Ilmiah. Bagi sobat yang baru memulai menulis karya ilmiah, sebaiknya Sobat banyak mengamati dahulu lingkungan yang akan menjadi bahan pembahasan. Bagi yang memiliki minat di bidang Sosial, sobat mengamati lingkungan sekitar dimana pasti ada banyak permasalahan yang bisa diangkat menjadi penelitian. Mungkin juga sobat yang minat di bidang Teknologi, sobat bisa mengamati perkembangan satu teknologi yang paling sobat sukai. Dari situ sobat pasti akan menemukan topik yang bagus untuk diangkat menjadi penelitian.

Intinya, perbanyaklah mengamati keadaan sekeliling kita. Jadilah Agen Perubahan Bangsa dengan banyak mengamati dan mencari solusi masalah dan menuangkannya dalam bentuk Karya Ilmiah yang bisa di baca semua orang. Salam SUPER! :D

Judul Artikel: Yuk Menulis: Teknik Penulisan Karya Ilmiah
Link URL : http://debrianruhut.blogspot.com/2015/03/yuk-menulis-teknik-penulisan-karya-ilmiah.html
Jangan lupa untuk membagikan artikel Yuk Menulis: Teknik Penulisan Karya Ilmiah ini jika bermanfaat bagi sobat.

Debrian Ruhut says: Indonesian blogger, ten-fingers typist, pepsi hater, mommy cuisine lover, dog lover, and thank GOD a cum-lauder too :P ▬ You may share the article but don't forget to write the source link. No plagiarism please.
Next Prev Home
Pengunjung yang baik selalu memberikan Komentar. No Sara. No Spamming. Bersama, kita bangun blogger Indonesia lebih cerdas dan kreatif. Terima Kasih :)

0 komentar:

Posting Komentar

PageRank

Free PageRank Checker
 

Debrian Ruhut Blog. © May 2009 - 2021 All Rights Reserved Revolution Two Church theme by Brian Gardner | Terms Of Service | Privacy Policy | Powered By Blogger |