Sabtu, Oktober 13

Software Webcam Online Unik dan Kreatif


Artikel Penting | Catatan Pengalaman | Tulisan Bebas - Selamat malam sobat! senang sekali akhirnya saya bisa menyempatkan membeli webcam baru. hehe. Bagi sobat pengguna laptop pasti sudah tersedia fitur webcam. Tapi bagi pengguna desktop seperti saya, harus membelinya secara terpisah. Banyak sekali kegunaan webcam selain yang sering digunakan untuk video call, atau merekam video. Kebetulan webcam yang saya beli kemarin memiliki resolusi 5 megapixel, jadi gambar atau video pasti jadi lebih tajam. Dengan fitur yang lumayan bagus ini, saya berencana membuat video-video lucu ataupun kreatif dari webcam ini.

Sebelum memulai membuat video dari webcam, ada beberapa software yang perlu sobat siapkan. Kalau di laptop sudah ada software bawaan seperti Cyberlink YouCam. Selain software bawaan itu, ada software video webcam lain yang tidak kalah bagusnya.

1) Debut Video Capture, memiliki fitur yang lengkap untuk mengambil video lalu sekaligus mengedit video tersebut. Software ini merupakan recomended saya untuk urusan video dengan menggunakan webcam.

2) ManyCam, memiliki fitur yang lumayan bagus dan gratis. Untuk tambahan fitur dan efek, sobat harus membeli fitur premiumnya. Download Software Manycam di official websitenya.

3) YawCam, kependekan Yet Another Webcam Software, fitur yang disediakan sangat sederhana dan tidak akan sobat temui fitur-fitur efek seperti pada software Manycam. Namun, satu kelebihan YawCam ini adalah sobat bisa merekam video secara terjadwal menggunakan webcam. Cocok digunakan untuk mengawasi rumah atau barang berharga dirumah sobat.

4) WebCamXP, hampir sama dengan YawCam, selain bisa digunakan untuk integrasi dengan software chatting seperti Yahoo messanger dan Skype, WebcamXP bisa digunakan untuk mengawasi keadaan sekitar.

Ok, kalau sobat sudah menemukan sofware yang tepat dan cocok untuk sobat, kini saatnya kita berkreasi lebih lagi dengan menggunakan webcam yang kita punya. Jika sobat bosan dengan webcam yang digunakan hanya untuk chatting atau video call, kini saya beri beberapa tools dan software webcam menarik untuk sobat sekalian:

Pernahkah sobat melihat avatar animasi dimana wajah orang tersebut yang digunakan untuk animasi tersebut? Yup, Aplikasi website yang satu ini sangat membantu kita membuat sendiri Emote animasi dengan fungsi webcam. Dijamin sobat akan ketagihan untuk membuat avatar animasi yang unik dan kreatif buatan sobat sendiri.
Bila sobat sudah mencoba aplikasi webcam PsykoGif sebelumnya, mungkin terpikirkan dalam benak sobat untuk membuat video seperti itu namun dengan durasi yang lebih lama. Tenang, saya juga sudah berpikir tentag hal itu dan mendapatkan cara membuat Stop-motion video menggunakan webcam, dengan menggunakan tool JellyCam. Untuk membuatnya ikuti langkah-langkah berikut ini:
  • Download dan install terlebih dahulu AdobeAIR di link ini http://get.adobe.com/air/?promoid=BUIGQ 
  • Setelah selesai mendownload dan mengintall, kini sobat buka websitenya JellyCam di alamat http://www.ticklypictures.com/shop/jellycam/, lalu pilih "Add to Cart' untuk mendownload. Sobat tidak perlu melakukan pembayaran karena program ini gratis.
  • Setelah selesai instalasi, jalankan programnya, dan siapkan Webcam dengan gambar yang ingin di ambil.
Bila sobat masih bingung bagaimana cara menggunakan software ini, sobat bisa melihat video tutorialnya di bawah ini.

Mungkin masih ada banyak software ataupun tool webcam menarik yang belum saya temukan. Semoga artikel ini bisa memberikan inspirasi untuk sobat sekalian. Kalau ada ide unik dan kreatif lain berkaitan dengan penggunaan Webcam, sobat bisa beritahu saya di kotak komentar bawah. Salam hangat selalu.

Inilah hasil video stop motion buatan saya, menggunakan webcam dan software JellyFish di atas. :)

Judul Artikel: Software Webcam Online Unik dan Kreatif
Link URL : http://debrianruhut.blogspot.com/2012/10/software-webcam-online-unik-dan-kreatif.html
Jangan lupa untuk membagikan artikel Software Webcam Online Unik dan Kreatif ini jika bermanfaat bagi sobat.

Debrian Ruhut says: Indonesian blogger, ten-fingers typist, pepsi hater, mommy cuisine lover, dog lover, and thank GOD a cum-lauder too :P ▬ You may share the article but don't forget to write the source link. No plagiarism please.
Next Prev Home
Pengunjung yang baik selalu memberikan Komentar. No Sara. No Spamming. Bersama, kita bangun blogger Indonesia lebih cerdas dan kreatif. Terima Kasih :)

0 komentar:

Posting Komentar

PageRank

Free PageRank Checker
 

Debrian Ruhut Blog. © May 2009 - 2021 All Rights Reserved Revolution Two Church theme by Brian Gardner | Terms Of Service | Privacy Policy | Powered By Blogger |