Sabtu, Oktober 6

5 Macam Asuransi dan Manfaatnya


Kamu Penggemar Buku Lang Leav dan Amari Soul? Cek buku terbarunya (Popular Book) "Memories" by Lang Leav, Love and Misadventure by Lang Leav (English Version), Reflections Of A Man by Mr. Amari Soul
loading...
Artikel Penting | Catatan Pengalaman | Tulisan Bebas -  Halo sobat yang budiman, bertemu lagi kita di blog ini setelah beberapa minggu off dan tidak posting artikel. hehe. Kali ini saya ingin membahas salah satu instrumen investasi yang saat ini sedang trend di Indonesia. Sobat pasti pernah mengetahui yang namanya Asuransi atau Insurance. Di berbagai media sering diiklankan berbagai macam produk asuransi dari berbagai perusahaan. Jika ada keluarga sobat yang bekerja di pemerintahan atau perusahaan, sobat pasti mengenal Askes, Jamsostek, dll. Itu semua adalah bentuk-bentuk asuransi. Namun, seberapa sadarkah sobat tentang manfaat asuransi itu sendiri? Apakah sobat mengenal asuransi hanya sebagai penjamin jiwa bila ada kecelakaan, yang sering kita sebut dengan Asuransi Jiwa? Kalau iya, berarti nasib kita sama..eh? maksudnya saya, awalnya saya juga tidak begitu mengerti manfaat asuransi itu sendiri. Baiklah..

Saya dulu mengenal asuransi hanya sebagai penyedia dana darurat bila ada kejadian luar biasa dengan saya, misalnya (semoga tidak terjadi) kecelakaan, sakit keras mendadak, dll, yang memerlukan biaya besar. Ketidaktertarikan saya terhadap asuransi lebih disebabkan karena proses klaim premi yang terkenal berbelit-belit dan membutuhkan waktu lama, selain itu premi yang kita bayarkan akan hangus bila tidak digunakan (bukan untung malah rugi tah?).

Misalkan sobat sebagai anggota asuransi A, membayar premi tiap bulannya sebesar Rp.100.000. Lalu secara tidak sengaja dan diduga, sobat mengalami sakit keras yang memerlukan dana besar. Ketika masuk rumah sakit tersebut, sobat akan membiayai semua biaya yang terjadi atas sakit kita, lalu kita melakukan klaim untuk mengganti biaya yang sudah kita keluarkan tadi. Nah, masalahnya di kebanyakan asuransi tersebut, tidak semua item/fasilitas yang telah kita terima akan diganti oleh Perusahaan asuransi. Dan yang lebih tidak mengenakkan lagi, proses untuk klaim ini lama.

Sebelum melangkah lebih lanjut, kita rinci terlebih dahulu macam-macam asuransi yang biasa ditawarkan oleh perusahaan asuransi:

1. Asuransi Jiwa, jenis asuransi ini paling banyak kita dengar sekaligus asuransi yang paling penting untuk kita miliki. Sangat bijaksana untuk memilih jenis asuransi ini bagi sobat sendiri, orangtua, istri/suami, anak-anak, bahkan orang lain yang sobat kasihi. Kita memang tidak menginginkan kejadian buruk seperti kematian atau kecelakaan, tetapi akan lebih bijak kalau jauh-jauh hari sudah mengantisipasi hal itu. Terutama tentang masalah keuangan, musibah tidak mengenal apakah pada saat itu kita mempunyai cukup uang atau tidak.

Oleh karena itu menyisihkan pendapatan sobat untuk memiliki asuransi jiwa akan sangat membantu, agar kelak tidak menyusahkan orang lain ketika terjadi sesuatu hal yang buruk menimpa kita.

2. Asuransi Kesehatan, dewasa ini, kebutuhan orang akan kesehatan yang layak semakin meningkat, seiring dengan gaya hidup masyarakat Indonesia yang semakin berkembang. Kesehatan adalah harta yang mahal harganya. Hal ini sejalan karena biaya medis dan pengobatan yang bisa dibilang semakin tidak terjangkau. Ketersediaan dana pada saat kita mengalami sakit yang cukup serius adalah suatu hal yang mutlak (ini fakta). Biaya rumah sakit seperti rawat inap, pengobatan, dan layanan-layanan medis lain “biasanya” menggerus kekayaan seseorang. Oleh karena itu asuransi kesehatan sangatlah perlu untuk dimiliki setiap orang selain produk asuransi jiwa.


3. Asuransi Pendidikan,  bagi kaum muda yang baru memasuki dunia pekerjaan, atau mereka yang baru memasuki menikah, asuransi pendidikan mungkin belum dianggap sebagai kebutuhan yang penting/mendesak. Namun, sebagai calon Ayah dan Ibu yang baik, dari masa muda inilah kita ditutut untuk berpikir kedepan mempersiapkan masa depan generasi kita selanjutnya. Kita tahu, dari tahun ke tahun biaya pendidikan di Indonesia semakin mahal, apalagi jika kondisi keuangan tidak stabil. Sebagai orangtua sobat pasti memiliki keinginan untuk dapat menyekolahkan anak-anak dari jejanjang SD, SMP, SMA/Kejuruan, sampai Perguruan Tinggi. Semakin tinggi jejanjang pendidikan yang harus dijalani, semakin tinggi pula biaya yang harus dikeluarkan. Sangatlah bijak bila sobat sudah merencanakan segala kebutuhan pendidikan tersebut mulai dari sekarang.

4. Asuransi Kendaraan, dalam berbagai kasus, asuransi kendaraan memiliki kelebihan tersendiri bagi orang-orang yang melakukan aktifitas secara mobile (berpindah secara aktif). Sebagai satu-satunya alat transportasi yang menunjang pekerjaan seseorang, kebutuhan akan asuransi kendaaraan sangat dibutuhkan. Dengan adanya asuransi kendaraan, seseorang dapat terus fokus pada pekerjaannya tanpa harus repot mengurusi hal-hal terkait kendaraan, bila suatu waktu terjadi hal yang tidak diinginkan pada kendaraannya (mengganti komponen kendaraan sebagian atau seluruhnya).

5. Asuransi Property/Rumah, properti atau rumah merupakan kebutuhan yang sudah pasti bagi setiap orang. Dalam hal ini rumah juga tidak lepas dari resiko adanya kerusakan, baik akibat umur yang sudah lama maupun kejadian lain yang bisa merusak fungsi dan fisik rumah, seperti kebakaran, perusakan, pencurian, dan lain-lain. Pembangunan atau renovasi suatu rumah tentu butuh dana yang besar yang biasanya sudah dipersiapkan di tahun-tahun sebelumnya. Dengan adanya Asuransi Rumah, sobat dan saya tidak perlu lagi merasa kuatir mengenai resiko musibah yang kemungkinan terjadi pada rumah tersebut. Asuransi akan menjamin baik fisik bagunan maupun seluruh isi perabotan yang ada di dalam rumah, tergantung kemampuan premi yang sobat bayarkan.

Bagi saya, asuransi diibaratkan investasi masa depan. Asuransi adalah jalan keluar untuk mengatasi Resiko yang sewaktu-waktu bisa terjadi atas diri kita. Kalau dulu asuransi hanya berpatokan pada "membayar premi" dan "melakukan klaim", saat ini sudah ada perusahaan asuransi yang menawarkan sistem investasi dari pembayaran premi tersebut, disamping kita mendapatkan berbagai paket asuransi serta klaim yang lebih mudah. Yup, jadi premi yang kita bayarkan bila tidak terjadi klaim, tidak akan hangus. Mirip seperti deposito, uang yang kita bayarkan memiliki jangka waktu yang bisa kita ambil setelah jatuh tempo berakhir.

Asuransi yang Konvensional sering dipusingkan dengan proses klaim yang berbelit dan pembayaran klaim yang lama. Itupun terkadang tidak sepenuhnya diberi ganti rugi, tergantung item-item mana saja yang menjadi tanggungan perusahaan. Hal ini berbeda dengan sistem asuransi yang saya sebutkan sebelumnya. Saat ini sobat tidak perlu takut dan kuatir lagi untuk mengikuti asuransi, asalkan sobat pintar memilih perusahaan asuransi yang benar-benar memberikan manfaat bagi kita. Jangan pilih asuransi dengan sistem konvensional, karena akan merepotkan kita sendiri kedepannya. Salam Insurance, happy weekend :)

Referensi: permatabank.net

Judul Artikel: 5 Macam Asuransi dan Manfaatnya
Link URL : http://debrianruhut.blogspot.com/2012/10/macam-macam-asuransi-dan-manfaatnya.html
Jangan lupa untuk membagikan artikel 5 Macam Asuransi dan Manfaatnya ini jika bermanfaat bagi sobat.

Debrian Ruhut says: Indonesian blogger, ten-fingers typist, pepsi hater, mommy cuisine lover, dog lover, and thank GOD a cum-lauder too :P ▬ You may share the article but don't forget to write the source link. No plagiarism please.
Next Prev Home
Pengunjung yang baik selalu memberikan Komentar. No Sara. No Spamming. Bersama, kita bangun blogger Indonesia lebih cerdas dan kreatif. Terima Kasih :)

1 komentar:

Setuju sekali Tips Memilih Asuransi Properti.
Ini penting, karena kita tak bisa menebak apa yang bisa terjadi pada properti atau rumah kita di masa depan.

Poskan Komentar

PageRank

Free PageRank Checker
 

Debrian Ruhut Blog. © May 2009 - 2016 All Rights Reserved Revolution Two Church theme by Brian Gardner | Terms Of Service | Privacy Policy | Powered By Blogger |