Rabu, November 23

Mengenal Profesi : Music Director


Artikel Penting, Catatan Pengalaman, Tulisan Bebas - Pekerjaan yang sering kita temui dalam kehidupan kita sehari-hari, namun jarang mendapat perhatian. Setiap kali mendengar radio, pasti ada selingan lagu-lagu (playlists) yang diputar. Nah, itu adalah pekerjaan Music Director. Ingin tahu bagaimana profesi ini secara lanjut, simak artikel berikut ini. 

Dilihat dari namanya, sudah pasti profesi ini berhubungan langsung dengan musik. Ya, profesi ini memang salah satu profesi yang menentukan sebuah karakter sebuah radio dan bersentuhan langsung dengan musik. Seperti apakah kerjanya? Pernahkah Anda mengamati tiap-tiap lagu yang Anda dengar di radio kesayangan Anda? Apakah Anda merasakan feel dari tiap lagu yang dimainkan? Music Director adalah aktor dibalik itu semua. Dialah yang mengatur semua bentuk playlist yang ditampilkan oleh sebuah radio. Music Director juga yang berhak menentukan layak atau tidaknya sebuah lagu diputar di radio tersebut.

Apa Yang Menjadi Pertimbangan Seorang Music Director Dalam Menentukan Lagu?

Setiap pekerjaan pasti memiliki standar, begitu pula dengan Music Director. Dalam menentukan lagu mana yang cocok, Music Director perlu menyesuaikan playlist lagu yang akan diputar dengan suasana yang ada. Playlist saat siaran pagi hari tentu berbeda dengan saat siaran siang atau malam. Hal itu dikarenakan tingkat psikologis pendengar yang berbeda.

Jenis dan karakter sebuah radio juga turut mempengaruhi cara kerja seorang Music Director. Radio hits maker atau radio pembentuk trend yang memutar lagu-lagu baru, biasanya memiliki banyak pilihan dalam menyusun playlist. Berbeda dengan radio top 40, yang hanya memutarkan 40 lagu hits perhari.

Apa Syarat Menjadi Seorang Music Director?

Karena beban dan tanggung jawabnya yang cukup tinggi, tentu syarat untuk menjadi Music Director tidak sembarangan. Syarat yang terutama pastinya harus memahami musik. Itulah kenapa kebanyakan Music Director memiliki latar belakang musik misalnya pemain band, penyanyi, atau pengamat musik.

Referensi: JobsDB.com

Judul Artikel: Mengenal Profesi : Music Director
Link URL : http://debrianruhut.blogspot.com/2011/11/mengenal-profesi-music-director.html
Jangan lupa untuk membagikan artikel Mengenal Profesi : Music Director ini jika bermanfaat bagi sobat.

Debrian Ruhut says: Indonesian blogger, ten-fingers typist, pepsi hater, mommy cuisine lover, dog lover, and thank GOD a cum-lauder too :P ▬ You may share the article but don't forget to write the source link. No plagiarism please.
Next Prev Home
Pengunjung yang baik selalu memberikan Komentar. No Sara. No Spamming. Bersama, kita bangun blogger Indonesia lebih cerdas dan kreatif. Terima Kasih :)

0 komentar:

Posting Komentar

PageRank

Free PageRank Checker
 

Debrian Ruhut Blog. © May 2009 - 2021 All Rights Reserved Revolution Two Church theme by Brian Gardner | Terms Of Service | Privacy Policy | Powered By Blogger |