Rabu, November 23

Mengenal Profesi : Music Director


Kamu Penggemar Buku Lang Leav dan Amari Soul? Cek buku terbarunya (Popular Book) "Memories" by Lang Leav, Love and Misadventure by Lang Leav (English Version), Reflections Of A Man by Mr. Amari Soul
loading...
Artikel Penting, Catatan Pengalaman, Tulisan Bebas - Pekerjaan yang sering kita temui dalam kehidupan kita sehari-hari, namun jarang mendapat perhatian. Setiap kali mendengar radio, pasti ada selingan lagu-lagu (playlists) yang diputar. Nah, itu adalah pekerjaan Music Director. Ingin tahu bagaimana profesi ini secara lanjut, simak artikel berikut ini. 

Dilihat dari namanya, sudah pasti profesi ini berhubungan langsung dengan musik. Ya, profesi ini memang salah satu profesi yang menentukan sebuah karakter sebuah radio dan bersentuhan langsung dengan musik. Seperti apakah kerjanya? Pernahkah Anda mengamati tiap-tiap lagu yang Anda dengar di radio kesayangan Anda? Apakah Anda merasakan feel dari tiap lagu yang dimainkan? Music Director adalah aktor dibalik itu semua. Dialah yang mengatur semua bentuk playlist yang ditampilkan oleh sebuah radio. Music Director juga yang berhak menentukan layak atau tidaknya sebuah lagu diputar di radio tersebut.

Apa Yang Menjadi Pertimbangan Seorang Music Director Dalam Menentukan Lagu?

Setiap pekerjaan pasti memiliki standar, begitu pula dengan Music Director. Dalam menentukan lagu mana yang cocok, Music Director perlu menyesuaikan playlist lagu yang akan diputar dengan suasana yang ada. Playlist saat siaran pagi hari tentu berbeda dengan saat siaran siang atau malam. Hal itu dikarenakan tingkat psikologis pendengar yang berbeda.

Jenis dan karakter sebuah radio juga turut mempengaruhi cara kerja seorang Music Director. Radio hits maker atau radio pembentuk trend yang memutar lagu-lagu baru, biasanya memiliki banyak pilihan dalam menyusun playlist. Berbeda dengan radio top 40, yang hanya memutarkan 40 lagu hits perhari.

Apa Syarat Menjadi Seorang Music Director?

Karena beban dan tanggung jawabnya yang cukup tinggi, tentu syarat untuk menjadi Music Director tidak sembarangan. Syarat yang terutama pastinya harus memahami musik. Itulah kenapa kebanyakan Music Director memiliki latar belakang musik misalnya pemain band, penyanyi, atau pengamat musik.

Referensi: JobsDB.com

Judul Artikel: Mengenal Profesi : Music Director
Link URL : http://debrianruhut.blogspot.com/2011/11/mengenal-profesi-music-director.html
Jangan lupa untuk membagikan artikel Mengenal Profesi : Music Director ini jika bermanfaat bagi sobat.

Debrian Ruhut says: Indonesian blogger, ten-fingers typist, pepsi hater, mommy cuisine lover, dog lover, and thank GOD a cum-lauder too :P ▬ You may share the article but don't forget to write the source link. No plagiarism please.
Next Prev Home
Pengunjung yang baik selalu memberikan Komentar. No Sara. No Spamming. Bersama, kita bangun blogger Indonesia lebih cerdas dan kreatif. Terima Kasih :)

3 komentar:

Tugas music director menjadi gampang jika pendengar mengirimkan sebuah lagu permintaan, ya kan Pak Ruhut?

Ya ya ya...bener juga itu Pak. Kalau di pikir-pikir, dengan banyaknya request lagu, maka si music director tidak usah capek2 lagi melakukan riset untuk nentuin Hits Lagu yg lagi nge-trend saat ini. :D Salam Pak.

Saya ingin berbagi cerita kepada anda bahwa dulunya saya ini cuma seorang.
penjual es kuter kelilin tiap malam. pendapatannya tidak seberapa dan.
tidak pernah cukup dalam kebutuhan keluarga saya,, suatu hari saya dapat.
informasi dari teman bahwa MBAH SUJARWO bisa memberikan angka ritual/goib.100% tembus.
akhirnya saya ikuti 4D nya dan alhamdulillah memanG bener-bener terbukti tembus.
saya sangat berterimakasih banyak kpd MBAH SUJARWO.atas bantuan MBAH saya sekarang.
sudah bisa mencukupi kebutuhan keluarga saya bahkan saya juga sudah buka.
usaha matrial dan butik pakaian muslim.
Jika anda mau buktikan
silahkan bergabun sama Mbah Sujarwo
Di:http://sitogelsgp.blogspot.com Atau { KLIK-DISINI }
No: tlp.0823-2424-4298
Saya sudah buktikan benar2 tembus 3x permainan....!!!

Poskan Komentar

PageRank

Free PageRank Checker
 

Debrian Ruhut Blog. © May 2009 - 2016 All Rights Reserved Revolution Two Church theme by Brian Gardner | Terms Of Service | Privacy Policy | Powered By Blogger |