Selasa, November 1

Belajar Pemrograman Java Step by Step (JENI)


Artikel Penting | Catatan Pengalaman | Tulisan Bebas - Halo sobat, rasanya sudah hampir genap 4 tahun saya meninggalkan dunia programming..Dunia yang selalu membuat saya menjadi "Autis" di depan komputer, tahan seharian ga makan sama sekali..Hehe memang itulah yang terjadi kalau kita sudah hobby atau menggemari suatu pekerjaan. Saya masih ingat saat saya di wawancarai oleh seorang pengajar yang sedang menyeleksi masuk mahasiswa SarMag (Sarjana Magister) di Univ. Gunadarma. Saat itu beliau melontarkan pertanyaan yang menurut saya mungkin itulah yang menjadi alasan mengapa saya bisa lolos mendapatkan program beasiswa ini. Beliau bertanya, "Bahasa pemrograman apa saja yang kamu ketahui dan bisa walau sedikit?". Singkat tapi padat, pertanyaan itu langsung saya jawab dengan tanpa beban, "Saya bisa HTML, Pascal, Basic, Visual Basic, C Sharp/C# sedikit, C++ sedikit, dan JAVA (sedang dalam belajar)". Saya ingat beliau melihat heran sambil sedikit menganggukkan kepala. Saya juga heran kenapa saya bisa menjawab semua pertanyaan itu dengan tanpa beban. hehe.

Memang dalam dunia TI, bahasa pemrogram adalah kunci dan senjata perang kita. Kita tidak harus Mahir semua bahasa pemrograman itu, yang terpeting adalah kita mengerti pola dan alur berpikir suatu bahasa pemograman. Fokuslah pada satu bahasa pemrograman dan dalami dengan tekun. Maka, kita akan di ibaratkan memiliki satu pedang pamungkas yang dapat di andalkan, ketimbang mempunyai 10 pedang namun semuanya tumpul. Bahasa pemrograman yang terakhir saya pelajari adalah JAVA. Sayang sekali saya tidak sampai tuntas menyelesaikan bahasa ini. Waktu dan kondisi yang tidak memungkinkan membuat saya harus meninggalkan bahasa ini. Menurut saya, untuk saat ini bahasa pemrograman JAVA merupakan bahasa pemrograman yang bisa di andalkan untuk berbagai pembuatan program yang di butuhkan. Kompatibilitasnya di berbagai platform dapat menyaingi bahasa pemrograman yang di miliki Microsoft dengan Visual Studionya (Visual C++, dll)

Kenapa tidak memulai belajar bahasa pemrograman JAVA dari sekarang? Untuk membantu sobat sekalian mempelajarai bahasa pemrograman JAVA, saya berikan modul yang sangat bagus, yang selama ini saya pakai untuk belajar bahasa java. Modul ini di dapat dari JENI, Pusat Pembelajaran JAVA (http://www.jeni.or.id/).

Download Materi Pemrograman Java dari JENI (Java Educational Network Indonesia), diambil dari website IPB.

JENI-Intro1-Bab01-Pengantar Pemrograman Komputer.pdf
JENI-Intro1-Bab02-Pengenalan Bahasa JAVA.pdf
JENI-Intro1-Bab03-Mengenali Lingkup Pemrograman Anda.pdf
JENI-Intro1-Bab04-Dasar-Dasar Pemrograman.pdf
JENI-Intro1-Bab05-Mendapatkan Input Dari Keyboard.pdf
JENI-Intro1-Bab06-Struktur Kontrol.pdf
JENI-Intro1-Bab07-Java Array.pdf
JENI-Intro1-Bab08-Argumen CommandLine.pdf
JENI-Intro1-Bab09-Bekerja Dengan Java Class Library.pdf
JENI-Intro1-Bab10-Penulisan Class.pdf
JENI-Intro1-Bab11-Pewarisan, Polimorfisme, dan Interface.pdf
JENI-Intro1-Bab12-Penanganan Pesan Exception.pdf
JENI-Intro2-Bab01-Review Konsep Dasar.pdf
JENI-Intro2-Bab02-Exception & Assertion.pdf
JENI-Intro2-Bab03-Teknik Pemrograman Lanjut.pdf
JENI-Intro2-Bab05-Aplikasi berbasis Text.pdf
JENI-Intro2-Bab06-Algoritma Sorting.pdf
JENI-Intro2-Bab07-Abstract Windowing Toolkit dan Swing.pdf
JENI-Intro2-Bab08-GUI Event Handling.pdf
JENI-Intro2-Bab09-THREADS.pdf
JENI-Intro2-Bab11-Applet.pdf
JENI-Intro2-Bab12-Stream IO Lanjut.pdf
JENI-Intro2-Bab13-Pengenalan Generics.pdf

Silahkan Anda download di situs IPB, karena lebih lengkap.
Namun di situs tersebut masih ada yang kurang Yaitu “JENI-Web Programming-Bab 10-Advanced JSF.pdf” dan "JENI-Intro2-Bab10-jaringan.pdf”

Link Download di sandur dari http://zulkaryanto.wordpress.com/download/download-materi-java-programming-dari-jeni/

Judul Artikel: Belajar Pemrograman Java Step by Step (JENI)
Link URL : http://debrianruhut.blogspot.com/2011/11/belajar-pemrograman-java-step-by-step.html
Jangan lupa untuk membagikan artikel Belajar Pemrograman Java Step by Step (JENI) ini jika bermanfaat bagi sobat.

Debrian Ruhut says: Indonesian blogger, ten-fingers typist, pepsi hater, mommy cuisine lover, dog lover, and thank GOD a cum-lauder too :P ▬ You may share the article but don't forget to write the source link. No plagiarism please.
Next Prev Home
Pengunjung yang baik selalu memberikan Komentar. No Sara. No Spamming. Bersama, kita bangun blogger Indonesia lebih cerdas dan kreatif. Terima Kasih :)

0 komentar:

Posting Komentar

PageRank

Free PageRank Checker
 

Debrian Ruhut Blog. © May 2009 - 2021 All Rights Reserved Revolution Two Church theme by Brian Gardner | Terms Of Service | Privacy Policy | Powered By Blogger |