Kamis, Februari 2

Tipuan Maut Pemberian Diskon Situs Jualan Online


Artikel Penting | Catatan Pengalaman | Tulisan Bebas -  Wah, ngeri ya judul artikel kali ini.. hehe, bukan mau membuat takut Sobat pembaca blogger sekalian, namun inilah yang terjadi dengan banyak situs jualan online akhir-akhir ini dalam menawarkan produknya. Yang mau saya soroti sebenarnya bukan kepada situsnya, namun pada produk yang ditawarkan dengan memberikan diskon yang fake (diskon akal-akalan). Kenapa saya bilang fokus pada produknya? karena situs jualan online yang mau saya bahas ini sebenarnya hanya sebagai marketplace aja, bukan yang bertanggung jawab pada produk yang dijual.

Siapa yang tidak tergiur dengan diskon atau potongan harga? apalagi sekarang sudah memasukin bulan februari, bulan penuh cintaaa.. ok next, skip. Selain karena harga produk jadi lebih murah, kesempatan langka ini tentu tidak jarang kita temui. Tidak mungkin kita lewatkan dong. Saya pribadi sebenarnya bukan orang gila diskonan. Hanya saja sering kepapasan mendapatkan diskon ketika hendak mencari barang yang dibutuhkan. alesan.

Situs yang saya maksud adalah situs jualan online LZD. You know what I mean lah. Iklannya terpampang disegala penjuru website setanah air. Entah menjelang musim libur nasional, event seasonal bahkan tidak ada season pun, situs ini gencar dengan iklannya dimana-mana. Saya salah satu orang yang pernah membeli dari situs tersebut. Pendapat saya dari produk yang saya beli, 2 dari 3 transaksi penjualan mengecewakan saya. Saya membeli power bank tenaga surya yang katanya bisa menyimpan tenaga surya, hasilnya nihil sama sekali. Harganya waktu itu 200 Ribu, dan saya membeli 2 sekaligus karena akan diberikan untuk adik saya satunya lagi. Satu-satunya produk yang bisa berfungsi yang saya beli dari situs tersebut adalah tongsis. Yaelahh toongg.  Pengalaman saya membuktikan bahwa untuk barang-barang elektronik sebaiknya Sobat tidak membeli dari toko online. Banyak sekali kasus untuk barang online tidak disertai aksesori yang lengkap atau bahwa ada cacat pada produknya, dan yang paling apes adalah produk sama sekalian tidak berfungsi bahkan jadi tumpukan sampah setelah dibeli. Ada lagi kasus mungkin pemakaian pertama-tama baik-baik saja, namun seperti sudah terprogram, ketika beberapa waktu setelah periode penukaran barang (dispute) berakhir maka produk tersebut mulai menunjukkan gejala-gejala tidak berfungsi.

Kembali ke masalah diskon tadi, Situs ini kebetulan saya dapati memberikan informasi palsu kepada calon pelanggan yaitu dengan memberikan diskon harga yang sebenarnya bukan diskon. Kita sudah biasa ya guys kalau ada diskon pasti harganya turun dari harga normal? tapi apa yang terjadi ketika harga diskon ternyata itulah harga asli produknya? Bukti bisa Sobat lihat sendiri dari gambar di bawah ini. Harga Xiaomi Redmin 3S Pro 4G ditawarkan dengan harga Rp.1.845.000 setelah diskon dari harga semula Rp. 7.890.000. (Tertulis Diskonannya 77%, WOW) HEloooowww. Xiaomi Redmi Pro 4G harganya sampai 7 jutaan? Dapat dipastikan Hoax (jujur kesal saya lihat penipuan harga ini, sambil nulis pun masih kesal).
Produk dari Situs Jualan Online dengan INFORMASI DISKON PALSU
Setelah saya browsing dan melakukan Cek Toko Sebelah.. tuh, sampai judul film bioskop saya caplok di sini..hehe, ya setelah saya bandingkan dengan situs jualan online yang lainnya saya mendapati harga jualannya tidak jauh berbeda dari harga setelah diskon dari situs LZD ini. Dengan spesifikasi produk yang sama, bahkan gambar yang sama pula, harganya bisa berbeda. Yang satu memberikan informasi palsu yang menyesatkan pembeli, yang satu informasi yang jujur. Saya 1 tahun yang lalu membeli HP ini juga sama persis dengan harga yang sekitar 1.7 jutaan saja Sobat. 

Harga sebenarnya dari Toko Sebelah.
Harga normalnya memang Rp1.800.000 untuk Xiaomi Redi 3S Pro 4G
Setelah banyak mengalami kekecewaan dalam produk yang dijual, pada waktu itu benar langkah saya untuk tidak lagi membeli barang dari situs tersebut. Ditambah dengan adanya penemuan yang tidak sengaja ini, membuat saya semakin yakin untuk segera meninggalkan jauh-jauh dan tidak tergiur dengan produk serta diskon yang sering mereka tawarkan. Bayangkan, ini baru ditemukan satu produk dan dibandingkan hanya dengan satu situs sesama ecommerce saja. Hasilnya sudah dapat menunjukkan mana situs jualan online yang tidak jujur kepada para calon pembelinya. Perlu digaris bawahin juga bahwa situs ini sudah memiliki nama besar di kalangan masyarakat Indonesia. 

Tulisan ini saya sampaikan dengan maksud agar Sobat bisa belajar dari pengalaman dan lebih bijak dalam berbelanja online. Dalam membeli produk online, saran saya tidak perlu melihat seberapa terkenal atau seberapa sering situs tersebut tampil, entah di facebook, twitter, instagram atau website. Yang terpenting adalah cari referensi hasil review untuk produk yang akan Sobat beli dari internet. Cari sebanyak-banyaknya testimoni pembeli dan fokus pada testimoni dengan kesan/feedback yang negatif atau paling buruk. Saya terbiasa untuk melihat review dengan melihat rate terburuk dahulu dari produknya, setelah itu melihat bagaimana respon penjual atas testimoni dan tanggapan yang disampaikan dan kecepatan membalasnya.

Oke, sekian dulu ya.. artikel mengenai review situs jualan online ini. Kalau Sobat pernah mengalami pengalaman buruk dalam belanja online bisa dibagikan juga di kotak komentar di bawah ini. Salam.

Judul Artikel: Tipuan Maut Pemberian Diskon Situs Jualan Online
Link URL : https://debrianruhut.blogspot.com/2017/02/tipuan-maut-pemberian-diskon-situs-jualan-online.html
Jangan lupa untuk membagikan artikel Tipuan Maut Pemberian Diskon Situs Jualan Online ini jika bermanfaat bagi sobat.

Debrian Ruhut says: Indonesian blogger, ten-fingers typist, pepsi hater, mommy cuisine lover, dog lover, and thank GOD a cum-lauder too :P ▬ You may share the article but don't forget to write the source link. No plagiarism please.
Next Prev Home
Pengunjung yang baik selalu memberikan Komentar. No Sara. No Spamming. Bersama, kita bangun blogger Indonesia lebih cerdas dan kreatif. Terima Kasih :)

0 komentar:

Posting Komentar

PageRank

Free PageRank Checker
 

Debrian Ruhut Blog. © May 2009 - 2021 All Rights Reserved Revolution Two Church theme by Brian Gardner | Terms Of Service | Privacy Policy | Powered By Blogger |