Minggu, Februari 5

Jurus Ampuh Buka Situs yang Diblokir (Vimeo dan Pixabay)


Artikel Penting | Catatan Pengalaman | Tulisan Bebas -  Selamat sore Sobat yang terkasih. Setelah sibuk menyiapkan skripsi dan akhirnya ujian sidang hari Jumat (03/01/2017) lalu, Yeayy, saya bisa kembali lagi mengisi artikel di blog ini dengan artikel yang bermanfaat untuk Sobat sekalian. Saya terinspirasi mendokumentasikan artikel ini karena informasi ini sangatlah berguna bagi Sobat yang terkendala dengan situs website yang diblokir. Semua situs yang diblokir ternyata tidak sulit untuk diakses kembali. Saya baru terdorong untuk mencoba membuka situs yang terblokir karena ingin mendownload video gratis di situs pixabay.com. Video disitus ini dapat diakses bahkan di download gratis dengan atribusi CC0 Public Domain Free for commercial use. No attribution required. Wow, banyak video bagus di situs ini yang dapat Sobat manfaatkan untuk membuat video kreasi Sobat. Nah, terbentur dengan masalah download video karena ternyata video yang diambil bersumber dari situs vimeo.com. Selidik punya selidik, saya baru ingat ternyata bukan karena koneksi internet saya yang jelek atau situs yang down (broken) sehingga situs ini tidak bisa diakses. 

Saya baru ingat ternyata pemerintah Indonesia melalui menkominfo pernah melakukan blokir terhadap situs ini, dan sampai sekarang belum dibuka aksesnya. Well, mungkin menurut beliau situs tersebut mengandung banyak konten yang berbahaya, namun menurut saya youtube juga tidak kalah berbahayanya namun toh tidak diblokir. Next. Berbekal keingintahuan saya seperti biasa, maka saya mendapatkan satu jurus ampuh untuk mengatasi blokir tersebut. Solusinya jika situs vimeo.com sudah bisa diakses, maka situs pixabay.com juga bisa saya akses sumber videonya dan bisa saya download konten videonya. Gambar di bawah ini menunjukkan status situs yang tidak bisa diakses tersebut.

Langkah-langkah membuka situs ini dilakukan dengan mengubah file HOSTS yang ada di C:\Windows\System32\drivers\etc. Caranya Sobat bisa mengikuti langkah berikut ini:
  1. Buka Direktori C:\Windows\System32\drivers\etc
  2. Buka file Hosts dengan text editor
  3. Buka www.ipaddress.com lalu masukkan alamat situs yang hendak diketahui IPnya sesuai gambar di langkah 4.
  4. Cek nama situs di gambar untuk mendapatkan IP Addressnya. Misal 172.230.199.129 untuk situs dengan link secure-c.vimeocdn.com. Dan seterusnya.
  5. Setelah semua alamat website kita update, masuk ke file HOSTS tadi lalu tambahkan di baris bawahnya. Bila File Hosts Sobat sudah ada isinya, tambahkan saja di space kosong paling bawah informasi IP address di atas.
  6. Cek sebelum di update (sebelum klik save). Situs Www.Vimeo.com tidak akan bisa di akses.
  7. Setelah kita SAVE file hosts. Lalu kita Restart koneksi internet kita
  8. Mungkin beberapa Sobat ketika klik SAVE file tidak mau karena tidak memiliki akses. Caranya simpan saja di my documents, lalu hilangkan ekstensi file HOSTS sehingga benar-benar kosong tanpa ekstensi file. 
  9. Untuk cara 8 agar ekstensi file terlihat di OS Windows, maka buka Folder Options lalu klik View dan setting, Uncheck Hide Extensions For Known File Types.
  10. Situs VIMEO.com sudah bisa dibuka!!
  11. Situs Pixabay.com sudah bisa menampilkan Video.. YEAYYYY
Catatan penting: IP address untuk masing-masing komputer bisa berbeda. Oleh karena itu saya sarankan Sobat untuk mengecek semua link dibawah ini sesuai dengan setting yang Sobat dapatkan dari situs ipaddress.com pada langkah di atas.

172.230.199.129 secure-c.vimeocdn.com
104.156.81.217 developer.vimeo.com
151.101.45.133 i.vimeocdn.com
151.101.45.133 f.vimeocdn.com
23.235.37.217 vimeo.com
63.238.216.25 a.vimeocdn.com
216.58.218.142 schema.org
104.156.81.217 player.vimeo.com

Setelah setting di atas diubah pada file hosts, maka saya bisa mengakses situs vimeo.com dengan lancar seperti tampilan di bawah ini:

Untuk step-by-step dengan video akan saya buat dan saya update di artikel ini. Trik ini sebenarnya tidak hanya digunakan untuk membuka situs vimeo.com dan pixabay.com. Bila Sobat ingin mencoba membuka situs yang diblokir lainnya, Sobat tinggal ikuti langkah di atas untuk situs yang tidak bisa di akses. Saya sendiri belum pernah mencoba untuk membuka blokir pada situs lainnya, karena saya hanya butuh situs vimeo.com karena ada keperluan editing video. hehe.

Update:
Berikut video tutorialnya, walau sederhana yang penting dapat menjelaskan artikel yang saya tulis ini.


#Sekian dan terima kasih

Judul Artikel: Jurus Ampuh Buka Situs yang Diblokir (Vimeo dan Pixabay)
Link URL : https://debrianruhut.blogspot.com/2017/02/jurus-ampuh-buka-situs-yang-diblokir-vimeo-dan-pixabay.html
Jangan lupa untuk membagikan artikel Jurus Ampuh Buka Situs yang Diblokir (Vimeo dan Pixabay) ini jika bermanfaat bagi sobat.

Debrian Ruhut says: Indonesian blogger, ten-fingers typist, pepsi hater, mommy cuisine lover, dog lover, and thank GOD a cum-lauder too :P ▬ You may share the article but don't forget to write the source link. No plagiarism please.
Next Prev Home
Pengunjung yang baik selalu memberikan Komentar. No Sara. No Spamming. Bersama, kita bangun blogger Indonesia lebih cerdas dan kreatif. Terima Kasih :)

0 komentar:

Posting Komentar

PageRank

Free PageRank Checker
 

Debrian Ruhut Blog. © May 2009 - 2021 All Rights Reserved Revolution Two Church theme by Brian Gardner | Terms Of Service | Privacy Policy | Powered By Blogger |