Jumat, Maret 2

Belajar Menjadi Detektif di Dunia Maya


Artikel Penting | Catatan Pengalaman | Tulisan Bebas - Artikel satu ini bisa jadi membuka mata sobat sekalian tentang misteri yang ada di dunia maya. Mungkin tidak semua. he he. Yang pasti saya mau berbagi sedikit pengalaman dan trik tersembunyi yang pernah saya temui. Tips trik berikut ini sebenarnya sederhana, muncul dari keisengan dan rasa ingin tahu saya mengeksplorasi dunia maya. Rasanya ilmu ini patut juga sobat ketahui, agar sobat tidak mudah percaya saja dengan semua materi yang ada di internet. Inti pesan yang mau saya sampaikan adalah jangan mudah percaya dengan content di dunia maya, selalu selidiki terlebih dahulu, karena dunia maya sangatlah luas dan bebas. Siapa saja bisa berbuat apa saja, dimana saja. Secara gamblangnya saya kasih contoh sederhana.

CONTOH #1
Misalkan sobat diberikan gambar oleh teman sobat seperti di bawah ini, lalu dengan yakin teman sobat itu berkata "Lubang ini berada di lokasi pulau Kalimantan....! ?" Kira-kira sobat langsung percaya atau tidak? Kalau saya pribadi tidak akan percaya begitu saja perkataan teman saya tersebut, sebelum saya tahu pasti bahwa lubang itu memang berada di Kalimantan. Bagaimana cara membuktikannya? Di sinilah sobat akan mengetahuinya.
Katanya, Lubang ini berada di lokasi pulau Kalimantan. #True or #False ?

CONTOH #2
Apa yang ada di pikiran sobat bila melihat kode URL berikut ini:  http://a3.sphotos.ak.fbcdn.net/hphotos-ak-snc7/418471_3349999834143_1393282819_3342206_1735990287_n.jpg
Url di atas adalah url ke salah satu profile picture seseorang yang ada di facebook. 

URL ini memiliki banyak makna yang tersimpan. Bagi orang biasa, link url itu hanyalah kumpulan angka-angka rumit yang random dan sulit dimengerti. Ok, apakah memang demikian? Kita simak penjelasannya berikut ini.

PENJELASAN CONTOH #1
Tidak susah sebenarnya menentukan apakah gambar tersebut memang berada di Kalimantan atau bukan. Sobat tinggal menggunakan tool pencari yang sudah di sediakan google, yang bisa dibilang fitur baru dalam pencarian gambar, yakni membandingkan gambar yang sejenis. Sobat tinggal kunjungi google, lalu pilih pencarian gambar. Ikuti langkah di bawah ini.

Buka Google search, pencarian gambar
Paste link gambar di pilihan telusuri menggunakan gambar
Hasilnya akan muncul gambar sejenis, pilih salah satu artikelnya
Setelah di telusuri, di dapat bahwa lubang raksasa itu bukanlah berada di Kalimantan, tetapi berada Venezuela, daerah amazon.

PENJELASAN CONTOH #2
Kalau untuk penjelasan contoh 2, sobat hanya perlu ketelitian untuk mendapatkan angka yang akan kita dapatkan akun Facebook-nya.

Untuk URL foto facebook: http://a3.sphotos.ak.fbcdn.net/hphotos-ak-snc7/418471_3349999834143_1393282819_3342206_1735990287_n.jpg

Sobat bisa melihat angka yang warna merah, copy angka itu, lalu masukkan ke dalam link ini: http://www.facebook.com/profile.php?id=1393282819. Masukkan ke address bar di browser, enter, maka sobat akan mendapatkan akun facebook dari gambar tersebut.

Ok, sekian dulu trik sederhana "Menjadi detektif di dunia maya" dari saya. Setidaknya sekarang kita sedikit mengerti bagaimana cara mengecek keberadaan gambar yang ada internet, baik dari mesin pencari google, atau juga dari facebook (jika gambar berasal dari url facebook). Dari contoh di atas, ada point penting yang harus sobat perhatikan dalam menggali informasi di dunia internet:
  1. Manfaatkan Search Engine, Search Engine seperti Google, Bing dan Yahoo merupakan search engine yang paling populer untuk para peselancar dunia maya. Contoh sederhana, untuk mengetahui seberapa populer seseorang di dunia maya, sobat tinggal ketik nama orang itu di kotak pencarian google dengan memberi tanda kutip doble. Misal: "Debrian Ruhut", lalu lihat berapa banyak hasil pencarian untuk nama tersebut. Semakin banyak entri nama yang ditampilkan, maka semakin aktif seseorang di dunia maya, dalam artian sering mendaftar di beberapa situs.
  2. Manfaatkan Jejaring Sosial, Jejaring sosial seperti Facebook, Twitter, Friendster dll seolah tidak bisa dipisahkan dari kehidupan manusia. Munculnya aneka macam jejaring sosial seolah menguatkan bukti jika manusia adalah makluk sosial yang suka berinteraksi dengan orang lain. Di jejaring sosial, user seringkali posting aneka informasi penting seperti pekerjaan, foto-foto, dan status. Melalui data-data tersebut kita bisa menyakini reputasi orang tersebut. Maaf kadang user menjadi sangat terbuka sekali di jejaring sosial sehingga informasi penting seperti no tlp juga dimunculkan di sana.
  3. Manfaatkan website khusus seperti Youtube dan forum-forum online.
Mungkin masih banyak trik lainnya selain menggunakan media gambar. Salah satu trik temuan lain sudah pernah saya posting di artikel "Menjalin Pertemanan Melalui Blog" yakni bagaimana menemukan blogger di bagi per wilayah di Indonesia ataupun di luar negeri. Sobat bisa memberi tambahan melalui kotak komentar di bawah. Semoga memberi inspirasi. Salam Blogger. :D

Judul Artikel: Belajar Menjadi Detektif di Dunia Maya
Link URL : https://debrianruhut.blogspot.com/2012/03/menjadi-detektif-di-dunia-maya.html
Jangan lupa untuk membagikan artikel Belajar Menjadi Detektif di Dunia Maya ini jika bermanfaat bagi sobat.

Debrian Ruhut says: Indonesian blogger, ten-fingers typist, pepsi hater, mommy cuisine lover, dog lover, and thank GOD a cum-lauder too :P ▬ You may share the article but don't forget to write the source link. No plagiarism please.
Next Prev Home
Pengunjung yang baik selalu memberikan Komentar. No Sara. No Spamming. Bersama, kita bangun blogger Indonesia lebih cerdas dan kreatif. Terima Kasih :)

0 komentar:

Posting Komentar

PageRank

Free PageRank Checker
 

Debrian Ruhut Blog. © May 2009 - 2021 All Rights Reserved Revolution Two Church theme by Brian Gardner | Terms Of Service | Privacy Policy | Powered By Blogger |