Jumat, Maret 16

10 Poin Penting Perubahan Perpres Nomor 16 Tahun 2018 Tentang Pengadaan Barang Jasa


Artikel Penting | Catatan Pengetahuan | Tulisan Bebas - Peraturan Presiden (Perpres) yang baru pengganti Perpres Nomor 54 Tahun 2010 tentang Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (PBJ) sebagaimana yang telah diubah keempatkalinya, telah ditandatangani oleh Presiden Joko Widodo dengan No 16 tahun 2018 pada hari Kamis, 15 Maret 2018. Perubahan yang dilakukan sangat penting guna memperbaiki tata kelola, menurunkan permasalahan korupsi, dan meningkatkan transparansi, akuntabilitas, sekaligus juga meningkatkan kecepatan penyerapan anggaran. Revisi Perpres tentang Pengadaan Barang dan Jasa ini juga dimaksudkan agar belanja pemerintah yang jumlahnya cukup besar, misalnya untuk pengadaan via elektronik, mampu meningkatkan kewirausahaan yang berkelanjutan, mengembangkan industri dalam negeri, dan juga menurunkan ketimpangan.

Ketua BPD Gabungan Pelaksana Konstruksi Nasional Indonesia (Gapensi) Sumut, Tiopan Manuasa Pardede, menyebutkan dalam Perpres PBJ terbaru ini setidaknya terdapat 10 poin perubahan penting yaitu:
  • Lebih sederhana. Perpres PBJ baru itu direncanakan memiliki 15 Bab dengan 98 pasal, lebih sederhana dibandingkan Perpres 54 beserta perubahannya yang memiliki 19 Bab dengan 139 Pasal.

    Selain jumlah pasalnya yang lebih sedikit, Perpres PBJ baru juga akan menghilangkan bagian penjelasan dan menggantinya dengan penjelasan norma-norma pengadaan. Hal-hal yang bersifat prosedural, pelaksanaan tugas dan fungsi organisasi akan diatur lebih lanjut dalam peraturan Kepala LKPP dan peraturan kementerian sektoral lainnya.
  • Agen Pengadaan.
    Dalam Perpres baru akan diperkenalkan agen pengadaan, yaitu perorangan, Badan Usaha atau UKPBJ (ULP) yang akan melaksanakan sebagian atau seluruh proses pengadaan barang/jasa yang dipercayakan oleh K/L/D/I.

    Mekanisme penentuan agen pengadaan dapat dilakukan melalui proses swakelola bilamana pelakananya adalah UKPBJ K/L/D/I atau melalui proses pemilhan bilamana dilakukan oleh perorangan atau badan usaha.

    Agen Pengadaan akan menjadi solusi untuk pengadaan yang bersifat kompleks atau tidak biasa dilaksakan oleh suatu satker, sementara satker tersebut tidak memiliki personil yang memiliki kemampuan untuk melaksanakan proses pengadaan sendiri.

  • Swakelola tipe baru.
    Bila pada Perpres 54 Tahun 2010 beserta perubahannya dikenal 3 tipe swakelola, maka pada Perpres PBJ Baru dikenal dengan 4 tipe swakelola. Tipe keempat yang menjadi tambahan adalah Swakelola yang dilakukan oleh organisasi masyarakat seperti ICW, dan lainnya.

  • Layanan penyelesaian sengketa kontrak pengadaan.  Melihat banyaknya masalah kontrak yang tidak terselesaikan, bahkan sering berujung ke pengadilan atau arbitrase yang mahal, maka LKPP memberikan respon dengan membentuk Layanan Penyelesaian Sengketa Kontrak yang akan diatur lebih rinci didalam Perpres PBJ Baru. Layanan ini diharapkan menjadi solusi untuk menyelesaikan masalah pelaksanaan kontrak sehingga tidak perlu harus diselesaikan di pengadilan.
  • Perubahan Istilah Perpres.
    PBJ Baru akan memperkenalkan istilah baru dan juga mengubah istilah lama sebagai penyesuaian dengan perkembangan dunia pengadaan. Istilah baru tersebut diantaranya adalah Lelang menjadi Tender, ULP menjadi UKPBJ, Pokja ULP menjadi Pokja Pemilihan dan K/L/D/I menjadi K/L/SKPD.

  • Otonomi BLU.
    Untuk mengatur pengadaan sendiri, Perpres PBJ Baru akan menekankan bahwa BUMN/BUMD dan BLU Penuh untuk mengatur tatacara pengadaan sendiri yang lebih sesuai dengan karakteristik lembaga.

    Fleksibilitas ini dalam rangka untuk meningkatkan efisiensi dan efektifitas pengadaan di BUMN/BUMD dan BLU. Namun demikian, hendaknya BUMN/BUMD dan BLU dalam menyusun tatacara pengadaannya tidak terjebak sekedar mengubah batasan pengadaan langsung dan lelang dan secara substansi tidak memiliki perbedaan yang signifikan dengan Perpres Pengadaan Pemerintah.

  • ULP menjadi UKPBJ.
    Istilah ULP atau Unit Layanan Pengadaan yang merupakan nama generic untuk menunjukan organisasi pengadaan di K/L/D/I akan diubah menjadi Unit Kerja Pengadaan Barang/Jasa.

  • Batas Pengadaan Langsung.
    Pada Perpres PBJ baru itu, batas pengadaan langsung untuk jasa konsultansi akan berubah dari Rp 50 juta menjadi Rp 100 juta, sedangkan untuk pengadaan barang/konstruksi/jasa lainnya tetap dinilai sampai dengan Rp 200 juta.

  • Jaminan Penawaran.
    Artinya jaminan penawaran yang dihapus oleh Perpres Nomor 04 Tahun 2015, kembali akan diberlakukan khusus untuk pengadaan barang/konstruksi/jasa lainnya untuk pengadaan diatas Rp 10 miliar.

  • Jenis Kontrak.
    Jenis kontrak akan disederhanakan menjadi dua jenis pengaturan saja, yaitu untuk barang/konstruksi/jasa lainnya hanya akan diatur kontrak lumpsum, harga satuan, gabungan, terima jadi (turnkey) dan kontrak payung. Sedangkan untuk konsultansi terdiri dari kontrak keluaran (lumpsum), waktu penugasan (time base) dan Kontrak Payung.
Dengan adanya perubahan ini diharapkan proses pengadaan tidak lagi menjadi momok yang menakutkan bagi pelaksana anggaran demi mewujudkan pembangunan negeri yang lebih baik.

Judul Artikel: 10 Poin Penting Perubahan Perpres Nomor 16 Tahun 2018 Tentang Pengadaan Barang Jasa
Link URL : http://debrianruhut.blogspot.com/2018/03/10-Poin-Perubahan-Perpres-Nomor-16-Tahun-2018-Tentang-Pengadaan-Barang-Jasa.html
Jangan lupa untuk membagikan artikel 10 Poin Penting Perubahan Perpres Nomor 16 Tahun 2018 Tentang Pengadaan Barang Jasa ini jika bermanfaat bagi sobat.

Debrian Ruhut says: Indonesian blogger, ten-fingers typist, pepsi hater, mommy cuisine lover, dog lover, and thank GOD a cum-lauder too :P ▬ You may share the article but don't forget to write the source link. No plagiarism please.
Prev Home
Pengunjung yang baik selalu memberikan Komentar. No Sara. No Spamming. Bersama, kita bangun blogger Indonesia lebih cerdas dan kreatif. Terima Kasih :)

1 komentar:

Sudah puluhan kali saya tertipu oleh paranormal gadungan. Dan sudah puluhan juta saya habiskan tapi hasilnya nihil..! Setelah saya bertemu teman lama dari medan saya ceritakan semua keluhan saya. dan dia menyarankan saya utk meminta tlg ke ki DRAJAT. Alhamdulillah Berkat beliau Hutang sya yang 800jt lunas dalam 2 hari.
Jika sdra punya mslah ekonomi, ke uangan trpuruk atau di lilit hutang dan butuh dana untuk modal usaha.insyaallah KI DRAJAT siap membantu bgi yg butuh. melalui PESUGIHAN putih tampa mahar/tumbal. UANG GAIB, UANG BALIK, TUYUL atau ANGKA TOGEL JITU, di jmin 100% tembus/jebol silahkan konsultasi mslh anda dng KH DRAJAT di no. 081247428367 atau klik; http://mbahdrajat.blogspot.com
sumpah demi allah ini kisa nyata saya.
SALAM SUKSES

Posting Komentar

PageRank

Free PageRank Checker
 

Debrian Ruhut Blog. © May 2009 - 2017 All Rights Reserved Revolution Two Church theme by Brian Gardner | Terms Of Service | Privacy Policy | Powered By Blogger |