Jumat, Januari 13

5 Tips Menjadi Pekerja Online Yang Berhasil


Artikel Penting | Catatan Pengalaman | Tulisan Bebas -  Selamat malam Sobat blogger setanah air! Semoga Sobat sekalian dalam kondisi yang sehat dan bersemangat. Hari ini saya mendapatkan pengalaman baru yang menurut saya penting untuk dibagikan. Sejak bergabung dengan satu portal kerja online ini di internet, saya mulai giat mempelajari dan menggelutinya dengan serius. Jujurly, saya sendiri adalah orang yang suka dengan waktu kerja fleksibel, bekerja efisien dan ingin menghasilkan output yang besar. Siapa yang tidak ingin menjadi orang seperti itu? dengan skill kemampuan yang sudah saya fokuskan sejak awal, menjadikan saya lebih percaya diri ketika menghadapi pekerjaan yang saya minati tersebut. Nah, pengalaman ini yang ingin saya tuliskan pada kesempatan ini, mengenai tips menjadi pekerja online yang berhasil.

Berbagai macam pekerjaan sudah pernah saya coba, khususnya yang berbasis online atau pekerjaan online. Mulai dari mencoba menjual produk orang lain, menjadi data entry, mengiklankan space halaman blog, menulis review website, sampai membuat ebook. Semua itu tidak salah dicoba, dan menurut saya yang terpenting adalah kita mengerjakannya dengan enjoy dan tanpa ada tekanan. Dari semua yang telah saya kerjakan tersebut, ada satu kunci yang perlu Sobat ketahui. Belajar dari pengalaman saya, bahwa setiap pekerjaan yang kita kerjakan hendaknya dilakukan sesuai dengan passion dan minat kita, tanpa perlu menguasai semua hal. Beberapa filosofi yang saya pegang yaitu:
  1. Filosofi Pedang Tumpul. Layaknya seseorang yang diberikan sebilah pedang tumpul, diberi tugas untuk menebang pohon dalam 8 jam. Apakah kita akan menghabiskan sepanjang 8 jam untuk langsung menebang pohon tersebut? ataukah kita mengasah pedang tersebut selama 7 jam, dan 1 jam sisanya untuk memotong pohon?
  2. Filosofi Senjata Andalan. Layaknya seorang yang memiliki 10 macam senjata untuk perang namun tidak mahir menggunakannya, dibandingkan dengan dengan seorang yang hanya mahir menggunakan busur panah ala Robinhood. Tidak ada artinya bila Sobat memiliki kemampuan yang banyak namun semuanya dangkal, ketimbang yang memiliki kemampuan 1 saja tetapi mahir bahkan sampai mendalam mempelajari alat tersebut.
Kedua filosofi di atas menggambarkan secara jelas dan menggugah saya. Ketika saya hanya memiliki skill programming PHP Native (tanpa framework CI, CakePHP, Laravel, dsb.) misalnya, maka saya berusaha memaksimalkan kemampuan tersebut sampai saya paham seluk beluk, kelemahan dan kelebihannya. Tidak perlu kuatir dibilang ketinggalan jaman karena orang lain memakai framework dalam membuat suatu website. Akan ada saatnya nanti diri kita merasa perlu ada upgrade skill.  Bila Sobat memiliki minat yang besar dalam dunia penulisan artikel/writing, maka curahkanlah semua kemampuan untuk menjadi master dalam bidang tersebut. Ini lebih baik daripada Sobat mempelajari skill writing, skill analisa, skill speaking (berbicara) dalam satu waktu namun hanya permukaannya saja. See?
Beralih ke dunia mencari pekerjaan, Sobat perlu sekali lagi menetapkan keputusan dalam diri Sobat. Sobat ingin dikenal orang lain sebagai ahli dalam bidang apa? Ketika sudah menetapkan pastikan bahwa keputusan itu yang paling sobat minati untuk dilakukan. Setelah itu mulailah mencari bahan-bahan pembelajaran yang tepat dan mendukung tercapainya mimpi Sobat tadi. 

Dalam dunia kerja online, saya punya referensi bagus untuk memulai karier path Sobat sebagai freelancer atau pekerja bebas. Portal tersebut adalah projects.co.id. Saya telah mencoba dan mendapatkan hasil yang nyata dari portal tersebut. Secara garis besar, portal tersebut bertujuan untuk mengumpulkan para pencari pekerjaan dan pemberi pekerjaan dalam satu website. Efektif menggunakan media yang ada seperti website projects.co.id akan menjadikannya mesin uang yang tidak terbatas untuk Sobat. Itu juga yang menjadi tujuan kita dalam bekerja yaitu bekerja efektif, efisien dengan hasil yang maksimal. Untuk membantu perkembangan Sobat berikut ini tips berharga bagi Sobat agar berhasil fokus membangun skill serta memaksimalkan website projects.co.id untuk keberhasilan Sobat:
  1. Temukan Bidang Pekerjaan yang Sobat Sukai, sejalan dengan sharing saya di awal, setelah menemukan kelebihan dan passion Sobat, kini saatnya beraksi mendapatkan bidang pekerjaan yang sesuai di projects.co.id. Berbagai kategori pekerjaan diberikan mulai dari programming, writing, membuat media video/audio, translating sampai pada pembuatan design grafik.
  2. Buat Profile yang Dipercaya atau kredibel. Poin ini untuk memberikan keyakinan orang lain pemberi kerja dan menjadi kepercayaan diri bahwa skill yang kita miliki akan mampu memberikan kontribusi yang baik dalam pekerjaan yang diberikan. Buat profile diri semenarik mungkin namun jangan juga terlalu berlebihan atau bahkan tidak sesuai kenyataan. Jadilah diri sendiri apa adanya tetapi juga hargailah kemampuan yang ada dalam diri sendiri.
  3. Mulai Bekerja dan Fokus Pada Hasil Terbaik. Setelah suatu proyek berhasil Sobat dapatkan, mulailah untuk bekerja dengan fokus dan jalin komunikasi yang baik dengan pemberi kerja. Hal ini penting karena produk akhir yang Sobat hasilkan harus sesuai dengan keinginan pemberi kerja, bukan keinginan atau yang menurut kita baik saja.
  4. Tunjukkan Kelebihan Sobat ketika Melamar (bidding) suatu Proyek Pekerjaan. Karena sistem pada website projects.co.id adalah sistem BID (melamar) maka Sobat akan bersaing dengan pelamar-pelamar yang lainnya. Dalam hal ini, Sobat harus memberikan impresi yang terbaik dengan menunjukkan kelebihan yang dimiliki. Sebisa mungkin juga Sobat harus bisa memberikan keyakinan bahwa Sobat mampu mengerjakan pekerjaan yang akan diberikan. Bacalah baik-baik instruksi yang diberikan pemberi kerja.
  5. Latih Terus Kemampuan Sobat. Nah, ketika Sobat sudah berhasil mengerjakan satu proyek dengan hasil yang memuaskan, maka Sobat pastinya belajar banyak dari pekerjaan tersebut. Sama seperti saya yang pernah mendapatkan pekerjaan online, ketika berhasil mengerjakan satu proyek, maka kemampuan dan kepercayaan diri saya meningkat. Dalam benak saya timbul usaha untuk meningkatkan cara kerja yang lebih efisien dan tentu dengan hasil yang lebih baik lagi.
Demikian sharing yang bisa saya bagikan untuk Sobat sekalian. Pengalaman adalah guru yang terbaik kata orang pintar. Terima kasih karena telah mampir membaca artikel ini, semoga pengalaman ini menjadi penuntun Sobat yang ingin serius menggeluti dunia kerja online. Salam Sukses Selalu! :D

Judul Artikel: 5 Tips Menjadi Pekerja Online Yang Berhasil
Link URL : http://debrianruhut.blogspot.com/2017/01/5-tips-menjadi-pekerja-online-yang-berhasil.html
Jangan lupa untuk membagikan artikel 5 Tips Menjadi Pekerja Online Yang Berhasil ini jika bermanfaat bagi sobat.

Debrian Ruhut says: Indonesian blogger, ten-fingers typist, pepsi hater, mommy cuisine lover, dog lover, and thank GOD a cum-lauder too :P ▬ You may share the article but don't forget to write the source link. No plagiarism please.
Next Prev Home
Pengunjung yang baik selalu memberikan Komentar. No Sara. No Spamming. Bersama, kita bangun blogger Indonesia lebih cerdas dan kreatif. Terima Kasih :)

0 komentar:

Posting Komentar

PageRank

Free PageRank Checker
 

Debrian Ruhut Blog. © May 2009 - 2021 All Rights Reserved Revolution Two Church theme by Brian Gardner | Terms Of Service | Privacy Policy | Powered By Blogger |