Sabtu, Juni 30

Cara Mudah Mengukur Kaki / Ukuran Sepatu


Artikel Penting | Catatan Pengalaman | Tulisan Bebas - "Libur telah tiba, libur telah tiba...Horee!" sorakan yang banyak diteriakkan pelajar dan mahasiswa saat ini. Musim liburan telah datang, tapi tidak berlaku untuk pegawai dan karyawan yang "terlanjur" terjun ke dunia pekerjaan, termasuk saya. hoho. Di tengah kesibukan pekerjaan, untungnya saya masih sempat menulis catatan di blog ini. Tulisan untuk tujuan dokumentasi pribadi, berupa tutorial, tips, pengetahuan, dan informasi penting lainnya. Beruntunglah sobat yang sudah mampir di blog ini, haha :D

Di musim liburan ini, menurut saya adalah waktu yang tepat untuk belanja. Loh? kok gitu?. Iya, coba saja sobat lihat di berbagai pusat perbelanjaan dan toko online, sudah mulai bertebaran diskon-diskon menarik. Hmm, maksud saya belanja keperluan yang memang sedang dibutuhkan, dan kebetulan pas dengan adanya penawaran diskon tersebut. Saya sendiri sebenernya tidak terlalu terpaku pada diskon. Kalau sedang butuh, ya dibeli. Kalau tidak butuh, kenapa harus beli? iya tah?

Belakangan, saya sedang mencari sepatu baru karena yang lama sudah bapuk, alias brodol jaitannya, lebih gampangnya, sudah usang. Nah, setiap mencari sepatu, saya selalu terkendala dengan ukuran. Kaki saya masuk dalam kategori besar. Di toko sepatu biasanya saya kesulitan mencari ukuran yang sesuai. Ukuran sepatu terakhir yang pas dengan kaki saya sekitar 43, mungkin sekarang jadi 44 (menurut sistem Eropa)..hoho. Kalau sobat sering membeli sepatu dengan sistem pembayaran online, maka sobat perlu memastikan ukuran sepatu yang cocok dengan kaki sobat. Cara mengukur kaki atau ukuran sepatu sebenarnya sangatlah mudah. Bila ada yang masih belum tahu, bisa melihat tabel ukuran di bawah ini.

Klik untuk memperbesar gambar

Di tabel ukuran kaki di atas, dapat kita lihat bahwa ada berbagai macam sistem ukuran menurut berbagai negara. Yang sering di pakai di Indonesia adalah sistem eropa (misal ukuran 43, dll). Bagaimana kita dapat mengetahui kalau ukuran kaki/sepatu kita dari tabel tersebut? sobat bisa melakukan cara sederhana di bawah ini, yaitu dengan mengukur panjang kaki sobat, lalu meng-konversi ukuran panjang menjadi ukuran sepatu:

Cara Mengukur Kaki/Ukuran Sepatu
1. Kita membuat cetakan kaki di atas sebuah kertas, ambil saja selembar kertas A4, lalu buat coretan pola garis mengikuti alur kaki.
Sumber gambar: sandalku.com

2. Khusus untuk sobat yang ingin memesan sendiri sepatu, lebih baik menggunakan kaus kaki ketika membuat cetakan pola kaki,
Sumber gambar: sandalku.com

3. Setelah pola di bentuk, ukur panjang pola dari ujung kaki sampai ke tumit dengan menggunakan penggaris, dengan pengukuran berada ditengah-tengah, untuk menentukan “Panjang Kaki” sobat, dan ukur dari ujung kanan ke kiri atas untuk menentukan “Lebar Kaki” sobat.
Sumber gambar: sandalku.com
4. Setelah mendapatkan ukuran kaki sobat, selanjutnya mengecek detail size / ukuran sepatu atau sandal yang sesuai dengan ukuran kaki sobat dibawah ini (Menurut Sistem Eropa):
  • Panjang Kaki 17 cm = size 32
  • Panjang Kaki 18 cm = size 33
  • Panjang Kaki 19 cm = size 34
  • Panjang Kaki 20 cm = size 35
  • Panjang Kaki 21 cm = size 36
  • Panjang Kaki 22 cm = size 37
  • Panjang Kaki 23 cm = size 38
  • Panjang kaki 24 cm = size 39
  • Panjang Kaki 25 cm = size 40
  • Panjang Kaki 26 cm = size 41
  • Panjang Kaki 27 cm = size 42
  • Panjang Kaki 28 cm = size 43
  • Panjang Kaki 29 cm = size 44
  • Panjang Kaki 30 cm = size 45
Nah, setelah mendapat angka size di atas, maka sobat bisa dengan mudah meng-konversi lagi ke sistem ukuran yang lainnya, sesuai gambar tabel sebelumnya. Bagaimana? Mudah bukan mengukur kaki sendiri? Semoga bermanfaat bagi sobat yang hendak membeli sepatu, khususnya bila sobat membeli dengan sistem online. Setelah saya ukur, panjang kaki saya 27,5 cm, maka setelah saya mencocokkan size, ukuran sepatu yang sesuai adalah 43 (bukan 42) karena mengantisipasi agar tidak kesempitan..hhe

Akhirnya pencarian sepatu saya berakhir, setelah saya menemukan yang satu ini. Produk asli Indonesia  dengan kualitas tidak kalah dengan merk luar, dengan ukuran 43 tentunya. Terbukti ukuran sepatu ini pas, dan nyaman dipakai. So, jangan sampai salah menentukan ukuran sepatu ya..  :D
YK - Made in Indonesia

Cari Webhosting Terbaik? BaliOrange.net jawabannya. Telah melayani beberapa website terkemuka sejak 2003. Harga Terjangkau dan Berkualitas!

Hosting Indonesia
Judul Artikel: Cara Mudah Mengukur Kaki / Ukuran Sepatu
Link URL : http://debrianruhut.blogspot.com/2012/06/cara-mengukur-kaki-ukuran-sepatu.html
Jangan lupa untuk membagikan artikel Cara Mudah Mengukur Kaki / Ukuran Sepatu ini jika bermanfaat bagi sobat.

Debrian Ruhut says: Indonesian blogger, ten-fingers typist, pepsi hater, mommy cuisine lover, dog lover, and thank GOD a cum-lauder too :P ▬ You may share the article but don't forget to write the source link. No plagiarism please.
Sudah gabung dengan sumber dollar berikut ini?
Next Prev Home
Pengunjung yang baik selalu memberikan Komentar. No Sara. No Spamming. Bersama, kita bangun blogger Indonesia lebih cerdas dan kreatif. Terima Kasih :)

0 komentar:

Poskan Komentar

PageRank

Free PageRank Checker
 

Debrian Ruhut Blog. © May 2009 - 2011 All Rights Reserved Revolution Two Church theme by Brian Gardner | Terms Of Service | Privacy Policy | Powered By Blogger |