Jumat, September 10

Sebagian Orang Tidak Punya Sidik Jari?


Kamu Penggemar Buku Lang Leav dan Amari Soul? Cek buku terbarunya (Popular Book) "Memories" by Lang Leav, Love and Misadventure by Lang Leav (English Version), Reflections Of A Man by Mr. Amari Soul
loading...
Artikel Penting | Catatan Pengalaman | Tulisan Bebas - Setiap orang seharusnya memiliki sidik jari yang bisa menjadi lambang identitasnya. Tapi beberapa orang diketahui tidak memiliki sidik jari. Apa penyebabnya?

Para ilmuwan percaya bahwa orang-orang yang diketahui tidak memiliki sidik jari disebabkan oleh adanya cacat genetik yang langka. Sidik jari merupakan perwujudan dari bahasa rahim yang terbentuk sejak janin berusia 6 bulan. Saat usia tersebut janin sudah punya ciri khas di ujung jarinya.

Peneliti mengungkapkan hampir tidak ada yang mengetahui dengan pasti bagaimana gen berfungsi di dalam kulit. Tapi biasanya jari ditutupi oleh gunungan yang disebut dengan dermatoglyphs yang sepenuhnya terbentuk sebelum bayi lahir.

Seseorang yang didiagnosa dengan kondisi hanya memiliki atau tidak punya sidik jari sama sekali dikenal dengan nama adermatoglyphia. Kondisi ini lebih populer dengan sebutan'Immigration delay disease', karena nantinya orang tersebut akan mengalami masalah saat harus melewat bandara.

Sebuah studi yang diterbitkan dalam American Journal of Human Genetics menganalisis 1 keluarga di Swiss yang sebagian besar diantaranya tidak memiliki sidik jari. Tapi melalui analisis DNA dari keluarga tersebut peneliti mengidentifikasi adanya pengaruh dari gen SMARCAD1.

Dalam studi lain yang dilakukan peneliti dari Tel Aviv Sourasky Medical Center di Israel menganalisa kode genetik dari 16 anggota keluarga yang mana 7 diantaranya memiliki sidik jari sementara 9 orang lainnya tidak memiliki sidik jari.

Peneliti menemukan adanya versi pendek dari gen SMARCAD1 yang mengalami mutasi pada kulit anggota keluarga yang tidak memiliki sidik jari.

"Temuan kami menunjukkan bahwa adanya keterlibatan dari gen SMARCAD1 dalam pengaturan pembentukan sidik jari," ujar peneliti utama Profesor Eli Sprecher, seperti dikutip dari BBCNews, Jumat (5/8/2011).

Prof Sprecher menuturkan saat ini hanya sedikit hal yang diketahui mengenai fungsi dari SMARCAD1, tapi kemungkinan mutasi yang terjadi pada gen tersebut mempengaruhi pembentukan sidik jari seseorang.

Umumnya pola yang ditemukan dari sidik jari ini dibagi menjadi dua karakteristik yaitu akhir punggungan dan bifurkasi. Hal ini karena urutan akhir punggungan dan karakter bifurkasi berbeda di setiap sidik jari. Karakteristik ini juga bisa dihubungkan dengan peta genetik terhadap kecenderungan penyakit tertentu.

Sumber : http://zonapencarian.blogspot.com/2011/08/kenapa-ada-orang-yang-tidak-punya-sidik.html

Judul Artikel: Sebagian Orang Tidak Punya Sidik Jari?
Link URL : http://debrianruhut.blogspot.com/2010/08/sebagian-orang-tidak-punya-sidik-jari.html
Jangan lupa untuk membagikan artikel Sebagian Orang Tidak Punya Sidik Jari? ini jika bermanfaat bagi sobat.

Debrian Ruhut says: Indonesian blogger, ten-fingers typist, pepsi hater, mommy cuisine lover, dog lover, and thank GOD a cum-lauder too :P ▬ You may share the article but don't forget to write the source link. No plagiarism please.
Next Prev Home
Pengunjung yang baik selalu memberikan Komentar. No Sara. No Spamming. Bersama, kita bangun blogger Indonesia lebih cerdas dan kreatif. Terima Kasih :)

0 komentar:

Poskan Komentar

PageRank

Free PageRank Checker
 

Debrian Ruhut Blog. © May 2009 - 2016 All Rights Reserved Revolution Two Church theme by Brian Gardner | Terms Of Service | Privacy Policy | Powered By Blogger |