Minggu, Oktober 21

Peluang Usaha Menjadi Reviewer atau Content Creator


Artikel Penting | Tulisan Bebas | Catatan Harian - Era keterbukaan informasi yang semakin maju saat ini membuat setiap orang menerima banyak informasi. Informasi yang banyak ini bagi sebagian orang merupakan suatu keuntungan sendiri sebagai dasar pengambilan keputusan yang penting. Beda cerita bagi masyarakat awam yang baru mengenal teknologi informasi. Lalu lintas informasi yang terlalu cepat dengan jumlah yang banyak sering membuat mereka bingung untuk memfilter informasi mana yang benar-benar dibutuhkan dan bermanfaat.

Permasalahan ini secara tidak sadar pasti kita alami juga, meskipun kita sudah melek IT. Misalnya saja ketika kita mau membeli suatu produk secara online, setelah mendapatkan kandidat produk yang akan dibeli, kita terlebih dahulu memastikan bahwa testimoni pembeli sebelumnya banyak yang positif terhadap produk. Saya pribadi, selain faktor harga, elemen testimoni menempati posisi kedua hal penting yang harus di cek ketika hendak membeli suatu produk secara online.

Dari kondisi tersebut, munculah para content creator, atau content writer yang sering kita lihat di berbagai chanel youtube, blog atau social media. Kalau di youtube kita sering mendapati video dengan judul "Unboxing, bla bla", atau kalau yang dari indonesia judulnya "Anboksing", "Anbogsing", dan beberapa judul alay lainnya (pengalaman pribadi mencari judul unboxing di youtube). Kalau di blog sering kita temui blog yang membahas mengenai review produk kecantikan atau kosmetik oleh kaum hawa. Begitu juga di social media, banyak para penulis konten memasukkan unsur endorsment para artis agar testimoninya menjadi sinyal positif bagi calon pembeli untuk segera ATC (add to cart - bahasa dalam marketing online).

Bagi Sobat yang baru mulai masuk ke dalam bidang content creator/content writer ini, mungkin saya bisa bagikan dahulu tips dan triknya. Kalau dalam dunia internet marketing, para pelaku usaha menulis review atau testimoni ini sering disebut dengan Lead. Di wikipedia sendiri disebutkan mengenai lead generation yaitu:
In marketing, lead generation is the initiation of consumer interest or enquiry into products or services of a business. Leads can be created for purposes such as list building, e-newsletter list acquisition or for sales leads. The methods for generating leads typically fall under the umbrella of advertising, but may also include non-paid sources such as organic search engine results or referrals from existing customers. - Wikipedia
Cara kerja lead generator sederhananya adalah bagaimana menarik calon konsumen agar tertarik dengan suatu produk, melalui iming-iming atau media yang memikat dan menarik. Jadi aturan pertama yang harus kamu lakukan jika ingin menjadi penulis konten suatu produk adalah memilih produk yang ingin ditawarkan. Nah, perlu dipahami bahwa produk ini tidak selalu harus produk yang kita miliki sendiri ya guys. Produk disini bisa juga diartikan dengan sistem referal (mendapatkan komisi), jadi kita menawarkan produk orang lain melalui url atau link unik dengan id khusus akun kita. Kalau kita memiliki produk, maka lead itu bekerja untuk memasarkan produk kita sendiri.
Kedua, kamu harus memiliki media untuk menawarkan produk tersebut. Saya bisa list media online yang sering digunakan, yaitu Youtube (membuat video review produk), blog (menulis testimoni dan review), sosial media (direct lead, dengan posting link promosi secara langsung atau posting dengan bahasa yang mengarah pada produk tertentu).

Pengalaman saya menjadi content creator/content writer untuk suatu produk lumayan menguntungkan juga loh guys.. saya beberkan produk yang pernah saya pasarkan yaitu AirBNB. Hah? kok bisa AirBNB jadi lead produk? di akun AirBNB, kita akan ditawarkan untuk melakukan share link ke teman-teman kita. Cara kerja referal di AirBNB yaitu kita cukup mengarahkan (lead) teman untuk mendaftar melalui link khusus, sehingga kita mendapatkan komisi. Di airBNB sendiri komisinya lumayan besar yaitu $15/registrasi baru. Sejak saya menulis review artikel mengenai AirBNB ini, saya sudah mendapatkan komisi sekitar $500. Keunggulan menjadi content creator untuk lead produk adalah kita hanya perlu menulis 1 artikel yang menarik, lalu biarkan artikel tersebut bekerja untuk menghasilkan income secara tak terbatas. Enak toh? berikut ini link artikelnya:  

https://medium.com/mahasiswaonline/3-cara-mudah-booking-kamar-di-airbnb-ece3a22c17f5

Silakan Sobat mempelajari baik-baik bagaimana gaya penulisan artikel untuk tujuan lead agar pembaca tertarik untuk mendaftar. Semoga artikel ini memberikan banyak pencerahan dan manfaat serta peluang usaha baru bagi kamu yang suka menulis atau membuat konten online. Kalau ada yang kurang jelas, silakan menulis komentar pada kotak di bawah ini. Salam.



Judul Artikel: Peluang Usaha Menjadi Reviewer atau Content Creator
Link URL : https://debrianruhut.blogspot.com/2018/10/peluang-usaha-menjadi-reviewer-atau-content-creator-writer.html
Jangan lupa untuk membagikan artikel Peluang Usaha Menjadi Reviewer atau Content Creator ini jika bermanfaat bagi sobat.

Debrian Ruhut says: Indonesian blogger, ten-fingers typist, pepsi hater, mommy cuisine lover, dog lover, and thank GOD a cum-lauder too :P ▬ You may share the article but don't forget to write the source link. No plagiarism please.
Next Prev Home
Pengunjung yang baik selalu memberikan Komentar. No Sara. No Spamming. Bersama, kita bangun blogger Indonesia lebih cerdas dan kreatif. Terima Kasih :)

0 komentar:

Posting Komentar

PageRank

Free PageRank Checker
 

Debrian Ruhut Blog. © May 2009 - 2021 All Rights Reserved Revolution Two Church theme by Brian Gardner | Terms Of Service | Privacy Policy | Powered By Blogger |