Jumat, November 11

Download Majalah Online Berbayar Dari PressReader.com


Artikel Penting | Catatan Pengalaman | Tulisan Bebas -  Selamat malam Sobat sekalian.. terima kasih masih setia membaca artikel-artikel di blog sederhana ini. Kali ini saya ingin menceritakan pengalaman saya ketika sedang mencari suatu bahan bacaan yang ternyata membawa saya pada suatu situs online PressReader.com. Situs ini merupakan website untuk membaca koran online atau majalah online dengan publikasi secara internasional. Saat ini terakhir saya buka, jumlah publikasi yang sudah terbit sebanyak 6,081 majalah dan koran online. Saat itu saya sedang mencari bahan mengenai "sistem pakar" dan ternyata mengenai salah satu artikel CHIPS dan INFOKOMPUTER di website tersebut. Ketika sedang membuka ternyata halaman tersebut tidak bisa dibuka untuk umum alias hanya member premium yang bisa membuka.

Layanan PressReader.com seperti langganan koran pada umumnya, namun dilakukan secara online. Untuk 1 majalah INFOKOMPUTER atau CHIPS tersebut dihargai $1.99 dan langganan bulanan sebesar $29.95. Hanya berbekal penasaran akan informasi yang saya cari tanpa harus berlangganan, mulailah saya mencari celah bagaimana dapat membaca majalah tersebut (tidak semua info penting saya butuhkan di sana).
Setelah melihat-lihat sebentar, saya kemudian membuka navigator di bagian bawah majalah online yang sedang terbuka tersebut. Sobat bisa lihat ada navigasi 1. Halaman Depan, 2. Editorial, dst..
Setelah diklik maka Sobat akan melihat ternyata ada screenshoot berupa Thumbnail gambar dari isi yang di kunci.
Logika saya berpikir, kalau dia bisa menampilkan gambar thumbnail dari dokumen yang di kunci tersebut, berarti saya bisa mendapatkan file lain dengan versi besarnya. Gambar thumbnail tersebut berukuran sekitar 213pixel lebarnya, dan itu tidak memungkinkan kita untuk membaca artikel dengan tulisan yang kecil. Dengan menggunakan tools dari google chrome yaitu "inspect" saya melihat kode html di balik website tersebut. Saya arahkan ke gambar thumbnail tersebut dan mendapatkan link utama dari gambar yaitu:
http://cache-img1.pressdisplay.com/pressdisplay/docserver/getimage.aspx?file=49152016100100000000001001&page=2&scale=35&nd_id=thumb_2

Link di atas menarik sekali untuk kita jelajahi lembil lanjut. Kita identifikasi bahwa ada parameter yang digunakan dalam menampilkan file gambar yaitu parameter Page=2, Scale=35 dan nd_id=thumb_2. Fokus saya ada pada 2 parameter pertama yaitu Page dan Scale. Parameter dn_id bisa saya hilangkan karena tidak ada pengaruh apa-apa.

  1. Pertama saya coba ganti parameter Scale menjadi 100. Hasil yang diperoleh mengecewakan karena halaman tidak ditemukan alias error. 
  2. Lalu saya mengganti dengan angka lainnya juga mendapatkan hasil yang sama. Logika dan rasa penasaran kembali muncul, karena parameter scale tsb pasti kunci masuk untuk mendapatkan file dengan gambar yang lebih besar. Untuk melakukan scanning parameter Scale dengan angka lain akan sangat membuang waktu bila dilakukan satu per satu. Saya gunakanlah tool IDM (Internet Download Manager) dengan memakai tool. 
  3. Setelah jendela terbuka, masukkan link yang akan kita scanning tadi lalu mengganti parameter Scale dengan simbol * bintang wildcard, lalu isi scanning angka mulai dari angka 1 sampai dengan 200. Fungsi itu berarti akan melakukan scanning dan mengganti simbol * dengan angka 1 sampai 200 dan mendownload secara paralel. Hasil dari scanning terlihat seperti di bawah ini. Kita dapat melihat bahwa untuk link dengan parameter tertentu menghasilkan feeback yang sesuai dengan yang kita harapkan. Hasilnya parameter 101 menjadi nilai Scale yang paling besar dari pada Scale default thumbnail 35. 
  4. Sampai di sini kita sudah mendapatkan Parameter Scale yang paling besar yaitu angka 101. Langkah selanjutnya adalah mengulangi fungsi di atas, namun dengan wildcard untuk parameter halaman mulai dari angka 1 sampai dengan jumlah halaman yang akan kita download secara paralel sekaligus. Untuk pembuktian hasil scanning, Sobat bisa buka link berikut ini dan mendapatkan gambar yang lebih besar dan bisa terbaca. 
http://cache-img1.pressdisplay.com/pressdisplay/docserver/getimage.aspx?file=49152016100100000000001001&page=2&scale=101
Setelah semua file gambar dengan ukuran scale 101 berhasil didownload dengan bantuan IDM Batch Downloader, maka kita akan menggabungkan file gambar tersebut menjadi 1 dokumen PDF. Kali ini kita menggunakan tool dari Nitro PDF. Cara mudah, Sobat tinggal pilih semua gambar tadi, lalu klik kanan di files dan pilih Combine Supported Files. 

Nah, perlu diketahui juga bahwa fungsi combine di Nitro PDF memiliki batasan jumlah pages. Saya sendiri memecah menjadi 2 karena halaman majalah INFOKOMPUTER sekitar 122, maka saya gabungkan per 75 halaman dan sisanya. Setelah di combine, dan menghasilkan 2 part file, maka kedua file PDF tadi kita gabungkan menjadi 1 file saja.

Cukup mudah bukan! Cara ini sebenarnya celah yang bisa diimplementasikan di berbagai website yang mengusung koran atau majalah online. Cuma kita perlu menyesuaikan dan mempelajari bagaimana komunikasi dan interaksi file dengan fungsi yang diterapkan. Dari website tersebut file yang saya download adalah majalah Reader's Digest terbitan November 2016. Menarik... :D

Judul Artikel: Download Majalah Online Berbayar Dari PressReader.com
Link URL : https://debrianruhut.blogspot.com/2016/11/download-majalah-online-berbayar-dari-PressReader.com.html
Jangan lupa untuk membagikan artikel Download Majalah Online Berbayar Dari PressReader.com ini jika bermanfaat bagi sobat.

Debrian Ruhut says: Indonesian blogger, ten-fingers typist, pepsi hater, mommy cuisine lover, dog lover, and thank GOD a cum-lauder too :P ▬ You may share the article but don't forget to write the source link. No plagiarism please.
Next Prev Home
Pengunjung yang baik selalu memberikan Komentar. No Sara. No Spamming. Bersama, kita bangun blogger Indonesia lebih cerdas dan kreatif. Terima Kasih :)

0 komentar:

Posting Komentar

PageRank

Free PageRank Checker
 

Debrian Ruhut Blog. © May 2009 - 2021 All Rights Reserved Revolution Two Church theme by Brian Gardner | Terms Of Service | Privacy Policy | Powered By Blogger |