Selasa, Juli 12

Sistem Pakar Dalam Perencanaan Keuangan Pribadi (Financial Technology)


Artikel Penting | Catatan Pengalaman | Tulisan Bebas - Selamat pagi Sobat yang super! Saya merasa bersalah banyak yang terlewatkan untuk dibagikan melalui blog ini. Sudah sekian lama tidak pernah diupdate lagi. hiks hiks. Oke, akhirnya inilah waktu yang tepat untuk menulis lagi. :D

Belakangan ini, saya lagi tertarik tentang pengembangan sistem pakar dalam dunia keuangan dan auditing. Saya sudah mencari bahan dan referensi di pelosok Google, namun sangat sedikit sekali pembahasan mengenai sistem pakar dalam dunia keuangan. Banyak yang menulis skripsi dan jurnal tentang sistem pakar yang dikaitkan dengan dunia kesehatan (misal: diagnosis penyakit) ataupun dalam dunia teknik/IT (misal: diagnosis kerusakan laptop, dll). Nah, saya melihat seharusnya ilmu ini bisa diterapkan juga di dunia keuangan dan auditing. Dengan latar belakang saya di bidang akuntansi, hal ini memberikan ide segar untuk mempelajari dan mengkombinasikan kedua ilmu tersebut.

Dari artikel, jurnal dan skripsi yang saya baca, sistem pakar itu lebih masuk ke bidang IT atau bagi yang pernah kuliah di Ilmu Komputer/ Teknik Informatika sudah familiar dengan bahasan ini. Sistem pakar sendiri merupakan cabang dari ilmu Artificial intelligence. 
Cabang Ilmu AI (kecerdasan buatan)
 Pembagian cabang ilmu kecerdasan buatan dapat klasifikasikan berdasarkan:
1. Mundane Task (Tugas Biasa/Rutin): Persepsi (Vision and speech), Bahasa alami (Understanding, generation, translation), Pemikiran yang bersifat common sense, dan Robot control
2. Formal Task (Tugas Formal): Formal Task, Matematika (geometri, logika, kalkulus, integral, pembuktian)
3. Expert Task (Tugas Ahli): Analisis Finansial, Analisis medical, Rekayasa (desain, pencarian kegagalan, perencanaan manufaktur), Sudut pandang pemrograman.

Pengertian Sistem pakar itu sendiri merupakan sistem yang berusaha mengadopsi pengetahuan manusia ke komputer, agar komputer dapat menyelesaikan masalah seperti yang biasa dilakukan oleh para ahli. Atau dengan kata lain sistem pakar adalah sistem yang didesain dan diimplementasikan dengan bantuan bahasa pemrograman tertentu untuk dapat menyelesaikan masalah seperti yang dilakukan oleh para ahli.

(Ignizio,1991) memberi definisi tentang sistem pakar yaitu bidang yang dicirikan oleh sistem berbasis pengetahuan (Knowledge Base System), yang memungkinkan komputer dapat berfikir dan mengambil kesimpulan dari sekumpulan kaidah. Sementara itu, menurut Turban dan Aronson (2001), sistem pakar adalah sebuah sistem yang menggunakan knowledge di dalam komputer untuk memecahkan suatu masalah, yang biasanya hanya bisa dilakukan oleh seorang pakar.

Dari pembahasan awal mengenai sistem pakar, saya mendapatkan referensi tentang sistem pakar dalam dunia akuntansi dan auditing. Beberapa sumber yang pernah membahas baik dari jurnal dalam negeri maupun luar negeri berikut ini menjadi panduan saya menyusun sistem pakar:
  1. Review of Expert Systems in Auditing (https://www.researchgate.net/publication/255661295). Banyak membahas mengenai pengembangan sistem pakar dalam dunia auditing dan area mana saja yang dapat diimplementasikan. 
  2. The development of an expert system for managerial evaluation of internal controls (https://www.researchgate.net/publication/220613960). Banyak membahas mengenai pengembangan sistem pakar untuk pengambilan keputusan terkait pengendalian internal.
  3. Opportunities for artificial intelligence development in the accounting domain: The case for auditing (https://www.researchgate.net/publication/220613819). Membahas mengenai studi kasus pengembangan kecerdasan buatan khususnya sistem pakar dalam penugasan audit. Di jurnal ini banyak dibahas mengenai bidang-bidang auditing yang bisa diimplementasikan sistem pakar antara lain: Analitical Review Procedures, Clasification, Materiality Assessments, Internal Control Evaluation, Risk Assessment, Going Concern Decisions, Bankruptcy prediction, dan Aggregating audit evidence.
  4. Using An Expert Systems Based Decision Aid In Accounting Information Systems (https://www.researchgate.net/publication/237335949). Membahas mengenai penggunaan sistem pakar dalam rangka mendukung keputusan terkait sistem informasi akuntansi perusahaan dan contoh aplikasinya.
  5. Analisis dan Perancangan Sistem Pakar Penganalisis Laporan Keuangan Berdasarkan Nilai Rasio Keuangan (https://www.scribd.com/doc/60670929/Sistem-Pakar-Penganalis-Laporan-Keuangan)
  6. Desain Dan Implementasi Sistem Pengambilan Keputusan Hybrid Untuk Problem Going Concern Uncertainty Pada Saat Auditing Sebuah Perusahaan (https://www.academia.edu/17352565/HYBRID_SUPPORT_SYSTEM_1_ISSN_1411_0105)
Referensi di atas sebenarnya belum cukup karena belum memberikan gambaran yang utuh bagaimana sistem pakar diimplementasikan dari sisi teknikal. Sebagai tambahannya, saya mencari bahan-bahan bagaimana membuat sistem pakar dengan menggunakan aplikasi. Pilihan bisa 2 yaitu aplikasi Desktop atapun Web Based. Saya lebih memilih penggunaan web based karena dari segi aksesbilitas dan keseragaman lebih mudah untuk dipakai banyak orang hanya dengan browser dan internet.

Sebagai pembelajar mula, bahasan sistem pakar yang diimplementasikan dalam dunia akuntansi dan auditing masih terlalu rumit buat saya. Perlu banyak mengamati dan melakukan fokus area yang akan didalami karena pada dasarnya sistem pakar digunakan secara spesifik untuk satu bidang tertentu. Ide implementasi sistem pakar yang saya temui juga bisa dilakukan pada bidang perencanaan keuangan. Sistem ini akan sangat bermanfaat bagi masyarakat dalam mengidentifikasi karakteristik orang terhadap risiko dan pemilihan instrumen investasi yang tepat untuk masing-masing karakter. Dalam tren saat ini produk untuk aplikasi di bidang keuangan sering disebut dengan FIN-TECH (Financial Technology). Beberapa bahan jurnal yang saya baca membawa saya untuk mengembangkan sistem pakar yang diimplementasikan untuk Perencanaan Keuangan Pribadi. Bahan yang saya acu mengambil konsep dari dua sumber berikut:
  1. Sistem Pakar Berbasis Web Untuk Pengenalan Dini Terhadap Karakter Investasi Individu (Albert V. Dian Sano)
  2. Expert System Sebagai Investment Decision Support Di Bursa Efek Surabaya (Andreas Handojo, M. Isa Irawan, Samgita Kemala)
Konsep pengambilan keputusan yang dirancang adalah sebagai berikut:
  • Keputusan Investasi, yaitu hasil analisa dan rekomendasi yang diberikan kepada pengguna atas permasalahan keuangan yang dihadapi dan rencana investasi ke depan. 
  • Kondisi Pengguna, yaitu kondisi keuangan saat ini dan tujuan investasi serta bagaimana sifat pengguna terhadap risiko (risk taker atau risk avoidance). 
  • Karakteristik Instrumen, yaitu macam-macam investasi yang dapat diambil pengguna berdasarkan identifikasi kondisi pengguna dan kondisi ekonomi saat ini. Contoh: kas/tabungan, deposito, emas, obligasi, reksa dana obligasi, reksa dana saham, saham, properti.

Rencana design tampilan yang akan dibuat dengan web based adalah seperti berikut:
  • Menu Konsultasi, untuk pengguna yang akan mengetahui solusi atas investasi yang akan dilakukan 
  • Menu Kamus Istilah, untuk mengetahui istilah pennting (daftar knowledge/pengetahuan sistem pakar) 
  • Menu Login Pakar, untuk para expert/ahli mengupdate pengetahuan terkait keputusan investasi. 
  • Menu Bantuan, yaitu cara penggunaan sistem pakar.
Sistem pakar dalam perencaan keuangan pribadi ini masih dalam pengembangan, dan akan terus saya update bila ada perkembangan yang signifikan. Bagi teman-teman yang ingin membantu dalam pembuatan sistem pakar ini, dapat menuliskan komentar di bawah dan sharing bersama dalam pembuatan aplikasi ini. Prospek aplikasi ini sangatlah bagus bila semua pengetahuan pakar sudah lengkap. Bukan mustahil juga bila nantinya aplikasi dapat menggantikan paling tidak sebagai pendukung keputusan dalam melakukan perencanaan keuangan prbadi, layaknya Safir Senduk seorang pakar perencana keuangan. :D

Salam Sukses Selalu.

Judul Artikel: Sistem Pakar Dalam Perencanaan Keuangan Pribadi (Financial Technology)
Link URL : https://debrianruhut.blogspot.com/2016/07/sistem-pakar-dalam-perencanaan-keuangan-Financial-Technology.html
Jangan lupa untuk membagikan artikel Sistem Pakar Dalam Perencanaan Keuangan Pribadi (Financial Technology) ini jika bermanfaat bagi sobat.

Debrian Ruhut says: Indonesian blogger, ten-fingers typist, pepsi hater, mommy cuisine lover, dog lover, and thank GOD a cum-lauder too :P ▬ You may share the article but don't forget to write the source link. No plagiarism please.
Next Prev Home
Pengunjung yang baik selalu memberikan Komentar. No Sara. No Spamming. Bersama, kita bangun blogger Indonesia lebih cerdas dan kreatif. Terima Kasih :)

0 komentar:

Posting Komentar

PageRank

Free PageRank Checker
 

Debrian Ruhut Blog. © May 2009 - 2021 All Rights Reserved Revolution Two Church theme by Brian Gardner | Terms Of Service | Privacy Policy | Powered By Blogger |