Kamis, Juli 25

Butuh Lebih Dari Seumur Hidup Untuk Bisa..


Artikel Penting | Catatan Pengalaman | Tulisan Bebas - Butuh lebih dari seumur hidup untuk bisa mempelajari dan mengerti makna dan kejadian dalam hidup seorang manusia. Ada satu istilah umum yang sering saya dengar terkait pengetahuan dan pengertian, bahwa manusia tidak akan pernah bisa menguasai semua ilmu dan pengetahuan yang ada di dunia. Dikatakan bahwa manusia harus memiliki 1 keunggulan atau lebih tepatnya memiliki spesialisasi dalam suatu bidang, yang disebut dengan keahlian. Statement di atas sempat menjadi beban pikiran saya beberapa tahun, karena saya yakin semua ilmu pasti bisa dipelajari. Toh terbukti memang benar bisa dipelajari, namun apa yang saya dapatkan mengenai "Bisa dipelajari" malah berbeda. Kita tidak bisa mendalami semuanya itu sekaligus, dan menjadi ahli dalam bidang-bidang tersebut. Semakin kita ingin mempelajari semuanya, semakin kita tahu bahwa apa yang kita pelajari hanya kulit luarnya saja.

Mungkin sobat agak bingung dengan kata-kata saya di atas. Intinya, banyak tokoh-tokoh pembawa inspirasi dunia lahir dari suatu spesialitas yang mereka miliki dan mereka kembangkan. Jika Sobat memiliki passion dalam hal musik, kuasailah musik dengan segenap hati dan pikiran. Bila sobat suka dalam hal fotografi, lakukanlah itu dengan maksimal. Dan mungkin ada di antara sobat yang suka dalam bidang memasak, dancing, menyanyi, gapailah predikat tertinggi dalam bidang tersebut. Maka dari situlah lahir yang namanya keahlian dan spesialitas. Sobat pasti akan menjadi orang hebat.

Belajar tidak harus dari NOL. Pengetahuan dan pengalaman adalah 2 hal yang berbeda menurut saya. Pengetahuan bisa sobat dapatkan melalui buku-buku, teori-teori dan sumber informasi lainnya. Sedangkan pengalaman menuntut sobat untuk merasakannya langsung baru sobat bisa mengerti bagaimana sesuatu bekerja. Pengetahuan itu mutlak bisa dipelajari, namun bagaimana dengan pengalaman? tidak semua orang bisa mendapat kesempatan yang sama untuk satu pengalaman. Solusi paling baik saat ini adalah dengan belajar dari tokoh-tokoh pendahulu kita yang sudah pernah merasakan perjalanan yang kita inginkan untuk dijalani. "Jangan sekali-sekali melupakan sejarah" kata pendiri negara ini. Belajar dari pengalaman orang lain adalah shortcut yang bisa kita lakukan. Pengalaman itu memiliki nilai tak terhingga bagi "Orang Baru" yang hendak terjun dalam suatu bidang. Beruntung bila kita bisa mengalami sendiri pengalaman itu, pahit-manis, suka-duka untuk mendapatkan nilai pengalaman. Okay..

Melanjutkan artikel Mengenal Tokoh-Tokoh Pembawa Inspirasi sebelumnya, kali ini ada tokoh Steve Jobs dan Oprah Winfrey yang bisa kita pelajari pengalaman hidupnya. Semoga sobat semakin bersemangat menggapai cita-cita sobat sekalian.

 3. STEVE JOBS

Tahun 1976, bersama rekannya Steve Wozniak, Jobs yang baru berusia 21 tahun mulai mendirikan Apple Computer.Co di garasi milik keluarganya. dengan susah payah mengumpulkan modal yang diperoleh dengan menjual barang" mereka yang paling berharga, usaha itu pun dimulai. komputer pertama mereka, Apple 1 berhasil mereka jual sebanyak 50 unit kepada sebuah toko lokal. dalam beberapa tahun, usaha mereka cukup berkembang pesat sehingga tahun 1983, Jobs menggaet John Sculley dari Pepsi Cola untuk memimpin perusahaan itu. sampai sejauh itu, Apple Computer menuai kesuksesan dan makin menancapkan pengaruhnya dalam industri komputer terlebih dengan diluncurkannya Macintosh. namun, pada tahun 1985, setelah konflik dengan Sculley, perusahaan memutuskan memberhentikan pendiri mereka, yaitu Steve Jobs sendiri.

Setelah menjual sahamnya, Jobs yang mengalami kesedihan luar biasa banyak menghabiskan waktu dengan bersepeda dan berpergian ke Eropa. namun, tak lama setelah itu, pemecatan tersebut rupanya justru membawa semangat baru bagi dirinya. ia pun memulai usaha baru yaitu perusahaan komputer NeXT dan perusahaan animasi Pixar. NeXT yang sebenarnya sangat maju dalam hal teknologinya ternyata tidak membawa hasil yang baik secara komersil. akan tetapi, Pixar adalah sebuah kisah sukses lain berkat tangan dinginnya. melalui Pixar, Jobs membawa trend baru dalam dunia film animasi seiring dengan diluncurkannya film produksinya Toy Story dan selanjutnya Finding Nemo dan The Incredibles.

Sepeninggal Jobs dan semakin kuatnya dominasi IBM dan micr*soft membuat Apple kalah bersaing dan nyaris terpuruk. maka, tahun 1997, Jobs dipanggil kembali untuk mengisi posisi pimpinan sementara. dengan mengaplikasi teknoligi yang dirancang di NeXT, kali ini Apple kembali bangkit dengan berbagai produk berteknologi maju macam MacOS X, IMac dan salah satu yang fenomenal yaitu iPod.
kisah sukses Steve Jobs mengajarkan kepada kita bahwa tidak ada kesuksesan yang instan. penolakan dan kegagalan seringkali mewarnai perjalanan hidup kita, tapi jangan biarkan semua itu membuat kita berhenti.

4. OPRAH WINFREY

Bermodal keberanian "Menjadi Diri Sendiri", Oprah menjadi presenter paling populer di Amerika dan menjadi wanita selebritis terkaya versi majalah Forbes, dengan kekayaan lebih dari US $ 1 Milyar. Copy acara “The Oprah Winfrey Show” telah diputar di hampir seluruh penjuru bumi ini.

TAHUKAH ANDA?
Lahir di Mississisipi dari pasangan Afro-Amerika dengan nama Oprah Gail Winfrey. Ayahnya mantan serdadu yang kemudian menjadi tukang cukur, sedang ibunya seorang pembantu rumah tangga. Karena keduanya berpisah maka Oprah kecil pun diasuh oleh neneknya di dilingkungan yang kumuh dan sangat miskin. Luarbiasanya, di usia 3 tahun Oprah telah dapat membaca Injil dengan keras.

“Membaca adalah gerai untuk mengenal dunia” katanya dalam suatu wawancaranya.

Pada usia 9 tahun, Oprah mengalami pelecehan sexual, dia diperkosa oleh saudara sepupu ibunya beserta teman-temannya dan terjadi berulang kali. Di usia 13 tahun Oprah harus menerima kenyataan hamil dan melahirkan, namun bayinya meninggal dua minggu setelah dilahirkan.

Setelah kejadian itu, Oprah lari ke rumah ayahnya di Nashville. Ayahnya mendidik dengan sangat keras dan disiplin tinggi. Dia diwajibkan membaca buku dan membuat ringkasannya setiap pekan. Walaupun tertekan berat, namun kelak disadari bahwa didikan keras inilah yang menjadikannya sebagai wanita yang tegar, percaya diri dan berdisiplin tinggi.

Prestasinya sebagai siswi teladan di SMA membawanya terpilih menjadi wakil siswi yang diundang ke Gedung Putih. Beasiswa pun di dapat saat memasuki jenjang perguruan tinggi. Oprah pernah memenangkan kontes kecantikan, dan saat itulah pertama kali dia menjadi sorotan publik..

Karirnya dimulai sebagai penyiar radio lokal saat di bangku SMA. Karir di dunia TV di bangun diusia 19 tahun. Dia menjadi wanita negro pertama dan termuda sebagai pembaca berita stasiun TV lokal tersebut. Oprah memulai debut talkshow TVnya dalam acara People Are Talking. Dan keputusannya untuk pindah ke Chicago lah yang akhirnya membawa Oprah ke puncak karirnya. The Oprah Winfrey Show menjadi acara talkshow dengan rating tertinggi berskala nasional yang pernah ada dalam sejarah pertelevisian di Amerika. Sungguh luar biasa!

Latar belakang kehidupannya yang miskin, rawan kejahatan dan diskriminatif mengusik hatinya untuk berupaya membantu sesama. Tayangan acaranya di telivisi selalu sarat dengan nilai kemanusiaan, moralitas dan pendidikan. Oprah sadar, bila dia bisa mengajak seluruh pemirsa telivisi, maka bersama, akan mudah mewujudkan segala impiannya demi membantu mereka yang tertindas.

Oprah juga dikenal dengan kedermawanannya. Berbagai yayasan telah disantuni, antara lain, rumah sakit dan lembaga riset penderita AIDs, berbagai sekolah, penderita ketergantungan, penderita cacat dan banyak lagi.

Dan yang terakhir, pada 2 januari 2007 lalu, Oprah menghadiri peresmian sekolah khusus anak-anak perempuan di kota Henley-on-Klip, di luar Johannesburg, Afrika selatan, yang didirikannya bersama dengan pemirsa acara televisinya. Oprah menyisihkan 20 juta pounsterling ( 1 pons kira2 rp. 17.000,- )atau 340 milyiar rupiah dari kekayaannya. “Dengan memberi pendidikan yang baik bagi anak2 perempuan ini, kita akan memulai mengubah bangsa ini” ujarnya berharap.

Kisah Oprah Winfrey ialah kisah seorang anak manusia yang tidak mau meratapi nasib. Dia berjuang keras untuk keberhasilan hidupnya, dan dia berhasil. Dia punya mental baja dan mampu mengubah nasib, dari kehidupan nestapa menjadi manusia sukses yang punya karakter. Semangat perjuangannya pantas kita teladani!

Nantikan cerita dan pengalaman tokoh-tokoh pembawa inspirasi lainnya! :D

Judul Artikel: Butuh Lebih Dari Seumur Hidup Untuk Bisa..
Link URL : https://debrianruhut.blogspot.com/2013/07/butuh-lebih-dari-seumur-hidup-untuk-bisa.html
Jangan lupa untuk membagikan artikel Butuh Lebih Dari Seumur Hidup Untuk Bisa.. ini jika bermanfaat bagi sobat.

Debrian Ruhut says: Indonesian blogger, ten-fingers typist, pepsi hater, mommy cuisine lover, dog lover, and thank GOD a cum-lauder too :P ▬ You may share the article but don't forget to write the source link. No plagiarism please.
Next Prev Home
Pengunjung yang baik selalu memberikan Komentar. No Sara. No Spamming. Bersama, kita bangun blogger Indonesia lebih cerdas dan kreatif. Terima Kasih :)

0 komentar:

Posting Komentar

PageRank

Free PageRank Checker
 

Debrian Ruhut Blog. © May 2009 - 2021 All Rights Reserved Revolution Two Church theme by Brian Gardner | Terms Of Service | Privacy Policy | Powered By Blogger |