Minggu, Juni 17

Tutorial Hits - Kumpulan Video Tutorial Gratis


Artikel Penting | Catatan Pengalaman | Tulisan Bebas - Sobat sekalian yang budiman, tidak terasa sudah 1 tahun lebih saya memulai kegiatan blogging di blog debrian ruhut. Banyak sekali pelajaran yang bisa saya dapatkan dari kegiatan blogging. Selain menambah pengetahuan di bidang coding/programmer dan design, saya juga belajar untuk berbagi ilmu dengan sobat blogger lainnya. Memang banyak kendala yang kita hadapi ketika akan belajar suatu topik, misalnya hal teknis mengenai blogging. Referensi bacaan yang kurang (dalam bahasa Indonesia) ditambah akses internet yang bisa dibilang masih baru, sering menghambat seseorang untuk menulis di media blog.

Saya pernah merasakan bagaimana sulitnya akses internet, karena kemampuan yang terbatas. Jadi blogging saya lakukan dengan cepat. Ya, cepat dalam artian artikel yang sudah saya siapkan sebelumnya dari rumah, tinggal saya publish di blogger (Mengingat biaya rental internet yang lumayan menguras kantong, hehe)

Kalau mengenai design blog, dari dulu saya belajar dengan cara mengamati dan tentunya meniru. Banyak sobat-sobat blogger di luar sana yang memiliki design blog lebih bagus, simple dan profesional. Tidak menutup kemungkinan, sobat yang sedang membaca blog ini juga memiliki blog yang bagus :D. Namun, ada tips sederhana yang ingin saya beritahu ke sobat sekalian.

Pertama, pilihlah template blog yang simple, bersih dan rapi susunan widget maupun warnanya. Jangan pilih template yang hampir seluruhnya menggunakan gambar. Karena yang mau kita cari pertama adalah susunan layoutnya, bukan semata-mata tampilan gambarnya.

Kedua, setelah sobat menemukan layout blog yang bagus,  isilah fitur blogging standar yang diperlukan. Jangan memberikan widget yang berlebihan seperti kalender, jam dinding, atau permainan game yang menggunakan Flash, misalnya ikan mas koki, dll. Hal itu akan membuat blog sobat jadi lambat untuk di loading.

Ketiga, blogger (atau media blog lainnya) terdiri dari kode HTML, CSS dan Javascript. Jadi, kalau sobat mau memodifikasi blog, tidak akan jauh-jauh dari ketiga kode tersebut. Saran saya, bila sobat menemukan suatu blog atau bagian blog yang sobat anggap bagus untuk diaplikasikan di blog sobat, bukalah Page Source blog tersebut (Klik kanan > Sumber laman atau page source), lalu perhatikan kode tampilan yang hendak sobat salin. Kode HTML ini akan dibarengi dengan Class CSS, misal <div class="tampilan-body" . . .
Di sini, class "tampilan-body" mengacu ke kode CSS yang ada di tag <Style>....</style>di bagian paling atas keseluruhan kode blog sobat. Sobat bisa mempelajari kode-kode tersebut agar lebih mahir.

Dalam rangka 1 tahun Debrian Ruhut Blog, saya ingin berbagi lagi satu blog yang mungkin bisa membantu sobat dalam mempelajari berbagai hal. Blog ini dibuat sebagai media penyimpanan atau Kumpulan Tutorial dalam bentuk video. Ya, dengan Video Tutorial, kita jadi lebih mudah mempelajari berbagai hal. Karena kita bisa mendapatkan gambaran langsung mengenai hal yang sedang dibahas. Ok, tanpa berbasa basi lagi, dengan ini, telah mengudara blog Tutorial Hits.... Tada!!! :D
ScreenShoot Tampilan Tutorial Hits

Sobat bisa menemukan blog tersebut di alamat http://TutorialHits.blogspot.com/.
  • Berisikan kumpulan video tutorial yang bisa dibilang lengkap, khususnya video tutorial yang membahas langkah-langkah pemrograman. 
  • Video-video yang ada di Tutorial Hits terdiri dari 2 bahasa, yaitu bahasa Indonesia dan Inggris. Selain itu, ada beberapa video tutorial Billingual, artinya ada 2 bahasa sekaligus dalam 1 video. Sobat tinggal mengatur pengaturan Balance Speaker sobat, ke arah Kanan atau Kiri (Klik 2x di icon Speaker di pojok kanan bawah windows untuk mengatus balance sound)
  • Video yang ditampilkan di blog ini merupakan hasil filter dari berbagai sumber yang bagus untuk referensi pembelajaran. Sehingga pembelajaran jadi lebih efektif dan bermanfaat.
  • Navigasi yang mudah bagi pengunjung, yaitu kategori video tutorial di bagian atas dan bawah, atau kalau sobat mau melihat keseluruhan artikel video, sobat pilih di Menu Index Tutorial (Table of Contents)

Join Tutorial Hits Community at:





Judul Artikel: Tutorial Hits - Kumpulan Video Tutorial Gratis
Link URL : https://debrianruhut.blogspot.com/2012/06/tutorial-hits-kumpulan-video-tutorial.html
Jangan lupa untuk membagikan artikel Tutorial Hits - Kumpulan Video Tutorial Gratis ini jika bermanfaat bagi sobat.

Debrian Ruhut says: Indonesian blogger, ten-fingers typist, pepsi hater, mommy cuisine lover, dog lover, and thank GOD a cum-lauder too :P ▬ You may share the article but don't forget to write the source link. No plagiarism please.
Next Prev Home
Pengunjung yang baik selalu memberikan Komentar. No Sara. No Spamming. Bersama, kita bangun blogger Indonesia lebih cerdas dan kreatif. Terima Kasih :)

0 komentar:

Posting Komentar

PageRank

Free PageRank Checker
 

Debrian Ruhut Blog. © May 2009 - 2021 All Rights Reserved Revolution Two Church theme by Brian Gardner | Terms Of Service | Privacy Policy | Powered By Blogger |