Kamis, September 1

Cara Setting Google Public DNS (Optimasi Browser)


Google mengeluarkan Public DNS untuk bisa dipakai untuk umum. Fungsi Public DNS yakni menambah privasi dan kecepatan browsing. Pengguna internet rata-rata melakukan pencarian DNS ratusan setiap hari, hal ini memperlambat pencarian website saat kita browsing. Seiring dengan web yang terus berkembang, beban yang dihasilkan juga makin besar pada infrastruktur DNS. Mesin pencari Google telah menjelajahi web setiap hari dan dalam prosesnya Google menyimpan informasi DNS cache yang besar. Hal ini dilakukan Google untuk melakukan eksperimen terkait isu-isu penanganan DNS yaitu kinerja dan keamanan. Google menawarkan layanan kepada publik dengan harapan mencapai tujuan berikut:
  1. Menyediakan sebuah alternatif pengguna internet untuk layanan DNS mereka saat ini. Google Public DNS menerapkan beberapa pendekatan baru yang mereka percaya bisa menghasilkan lebih banyak hasil yang valid, peningkatan keamanan, serta kinerja yang lebih baik.
  2. Membantu mengurangi beban pada ISP ’server DNS. Dengan mengambil keuntungan dari data global Google pusat dan cache infrastruktur, Google dapat langsung melayani sejumlah besar permintaan pengguna tanpa harus query DNS resolvers lain.
  3. Membantu membuat web berjalan lebih cepat dan lebih aman. Google meluncurkan layanan percobaan ini untuk menguji beberapa cara baru dalam rangka penanganan masalah-masalah terkait DNS.
Bagi pengguna internet, saya sarankan menggunakan Google publik DNS ini agar kecepatan browsing di komputer menjadi lebih cepat. Perbedaan kecepatan ini benar-benar terasa setelah saya mengganti dns default.
Sekarang bagaimana caranya menggunakan Google Public DNS ?
Jika anda menggunakan windows XP berikut ini caranya: Pertama anda harus masuk ke control panel, lalu pilih “network connections”, pilih local area connection yang anda pakai, Klik Kanan dan pilih properties.
Klik kanan local connection

Sesudah Anda masuk ke properties, anda pilih “Internet Protocl (TCP/IP) lalu klik Properties. Anda bisa ganti DNS server: (ingat jika sudah ada settingan di DNS server anda, copy paste di notepad terlebih dahulu jadi jika terjadi error, anda bisa membalikan ke DNS semula)
Preferred DNS Server: 8.8.8.8
Alternate DNS Server: 8.8.4.4
Sesudah diganti, klik OK dan OK lagi.
Setelah setting sudah selesai, anda harus masuk ke DOS command. Klik “Start” pada menu kiri bawah, “run” isi dengan “cmd” dan klik ok. Maka akan terbuka sebuah windows baru yang merupakan program DOS.



Pada program DOS, anda ketik: ipconfig /flushdns lalu tekan enter. *ada spasi antara ipconfig dan tanda miring* Jika anda menulisnya dengan benar maka akan muncul tulisan:

Windows IP Configuration
Successfully flushed the DNS Resolver Cache

Setelah itu, mari kita test apakah DNS anda sudah berubah menjadi Google DNS Server:








Pengecekan Terakhir
Pada program DOS, anda ketik kembali: nslookup www.microsoft.com lalu tekan enter.
Jika anda melihat: Server: google-public-dns-a.google.com, maka anda sudah berhasil memakai google public DNS Selamat ya :D

Catatan: Setting Google DNS ini juga penting untuk mengatasi masalah Redirect Sedoparking.com. Apa itu Redirect ke sedoparking? Temukan di artikel selanjutnya.."Cara mengatasi Redirect ke sedoparking"

Judul Artikel: Cara Setting Google Public DNS (Optimasi Browser)
Link URL : https://debrianruhut.blogspot.com/2011/09/cara-setting-google-public-dns.html
Jangan lupa untuk membagikan artikel Cara Setting Google Public DNS (Optimasi Browser) ini jika bermanfaat bagi sobat.

Debrian Ruhut says: Indonesian blogger, ten-fingers typist, pepsi hater, mommy cuisine lover, dog lover, and thank GOD a cum-lauder too :P ▬ You may share the article but don't forget to write the source link. No plagiarism please.
Next Prev Home
Pengunjung yang baik selalu memberikan Komentar. No Sara. No Spamming. Bersama, kita bangun blogger Indonesia lebih cerdas dan kreatif. Terima Kasih :)

0 komentar:

Posting Komentar

PageRank

Free PageRank Checker
 

Debrian Ruhut Blog. © May 2009 - 2021 All Rights Reserved Revolution Two Church theme by Brian Gardner | Terms Of Service | Privacy Policy | Powered By Blogger |