Minggu, Agustus 12

Kumpulan Video Tutorial Website Gratis


Artikel Penting | Catatan Pengalaman | Tulisan Bebas - Di zaman seperti sekarang ini, dimana internet dan akses informasi semakin mudah, sistem pembelajaran mulai dilakukan secara virtual. Lihat saja, beberapa univesitas dan kampus mulai memasukkan sistem pembelajaran V-class atau Virtual Class di beberapa materi pelajarannya. Mungkin masih sebatas materi yang berbentuk softcopy, yang bisa dibaca di berbagai media dan gadget, namun setidaknya sistem ini menjadi trend baru dalam dunia pendidikan.

Di luar kampus, ada beberapa pengembang software tutorial yang mulai fokus memasarkan produk pembelajaran dalam bentuk video tutorial. Biasanya pembelajaran ini dikemas dalam bentuk CD. Tidak bisa dipungkiri, orang lebih mudah menangkap suatu pelajaran dengan melihat langsung instruksi step-by-step-nya. Kalau saya pribadi, termasuk orang yang lebih mudah menangkap informasi lewat bentuk dan warna. Dengan bantuan video tutorial, tentu akan sangat membantu saya menangkap informasi tersebut. Grafik, text, gambar dll, akan sangat mudah dipahami dibandingkan dengan text dan text saja. Lebih memusingkan menurut saya :p

Ada banyak sumber video tutorial gratis di internet. Video tutorial lebih didominasi dengan materi dari bidang komputer, seperti programming dan design. Jujur, video tutorial gratis lebih banyak yang bersumber dari luar negeri. Saya sudah hunting beberapa sumber website video tutorial berbahasa Indonesia, namun kebanyakan harus membayar atau menjadi member. Itulah yang menjadi dasar sampai saya membuat blog khusus untuk menampung video tutorial, yang kebanyakan berbahasa Indonesia. Di artikel sebelumnya "Tutorial Hits -  Kumpulan Video Tutorial Gratis" sudah pernah saya singgung. Sobat bisa mendapatkan berbagai macam video tutorial berbahasa Indonesia di blog tersebut. Jika sobat belum puas mendapatkan video tutorial yang dibutuhkan, sobat bisa melihat beberapa referensi luar di bawah ini, mengenai website video tutorial gratis.

Woopid’s video tutorials mencakup beberapa kategori pembelajaran yaitu Windows, Microsoft Office, Mac OS X, Linux dan beberapa pengetahuan hardware serta website. Tutorial dibuat untuk semua kalangan baik dari pemula maupun yang sudah profesional. Video tutorial di Woopid dibuat secara teratur menjadi beberapa bundel atau paket tutorial, misal Panduan pemula Excel 2007 (17 video), dll.

Website yang berisi tutorial designing seperti grafik desain, website designing (HTML, CSS, XML) serta beberapa tutorial windows. Website ini juga menawarkan penggunanya untuk meng-upload video sendiri dan berpeluang mendapatkan pendapatan dari adsense yang ditampilkan. Selamat mencoba.

Video Tutorial Zone memberikan video tutorial yang unik dan bermanfaat. Ada video tutorial mengenai SEO, Office, VOIP Telephony, Content Management seperti CMS; Joomla, Drupal, dan lain sebagainya. Tidak hanya itu, di website ini, sobat bisa melakukan request video tutorial yang mungkin belum tertera di list video tutorial.

Website ini lebih banyak membahas secara dalam tentang aplikasi website, internet marketing, serta beberapa video tutorial mengenai design blog.

Website ini merupakan rekomendasi saya untuk video tutorial. Video tutorialnya lumayan lengkap dan berbobot. Ada banyak kategori pembelajaran dalam video tutorial ini, mulai dari hacking tutorials, Program Tutorials (graphic applications), Language Tutorials, OS Tutorials, and Database Tutorials, dll.

Beberapa tutorial juga dilengkapi dengan file aslinya (Source Files) yang akan mempermudah pengguna untuk mencoba sendiri hasil tutorial tersebut. Dapatkan juga kesempatan mendapatkan penghasilan dari kontes dan video tutorial yang kita submit.

Website ini membahas lebih dalam mengenai Flash dan ActionScript tutorials. Bagi sobat yang sangat tertarik membuat animasi di Flash serta programming actionscript, website ini sangatlah membatu.

Website ini memiliki database yang banyak yaitu sekitar 9675 video dengan berbagai kategori. Database video tutorial yang lengkap ini menjadi keunggulan untuk pengguna baik yang masih pemula, maupun yang sudah bekerja di bidang IT. Sebagai contoh, video tutorial dari suatu konferensi, kuliah, serta beberapa ilmu terkait seperti matematika dan ilmu pengetahuan.

Sekian informasi mengenai Kumpulan Website Video Tutorial Gratis ini, semoga memberikan pencerahan bagi yang membutuhkan sumber pembelajaran virtual melalui video tutorial. Salam.

referensi: makeuseof.com

Judul Artikel: Kumpulan Video Tutorial Website Gratis
Link URL : http://debrianruhut.blogspot.com/2012/08/kumpulan-video-tutorial-website-gratis.html?m=0
Jangan lupa untuk membagikan artikel Kumpulan Video Tutorial Website Gratis ini jika bermanfaat bagi sobat.

Debrian Ruhut says: Indonesian blogger, ten-fingers typist, pepsi hater, mommy cuisine lover, dog lover, and thank GOD a cum-lauder too :P ▬ You may share the article but don't forget to write the source link. No plagiarism please.
Next Prev Home
Pengunjung yang baik selalu memberikan Komentar. No Sara. No Spamming. Bersama, kita bangun blogger Indonesia lebih cerdas dan kreatif. Terima Kasih :)

0 komentar:

Posting Komentar

PageRank

Free PageRank Checker
 

Debrian Ruhut Blog. © May 2009 - 2021 All Rights Reserved Revolution Two Church theme by Brian Gardner | Terms Of Service | Privacy Policy | Powered By Blogger |