Selasa, Agustus 21

KidungOnline.Com - Mesin Pencari Lagu KJ, NKB, PKJ


Artikel Penting | Catatan Pengalaman | Tulisan Bebas -  Selamat datang!, Setelah berjuang kurang lebih 2 minggu menyelesaikan proyek database lagu Kidung Online, sekarang tibalah saatnya saya mengulas website ini. Ok, nama websitenya KidungOnline.com. Website ini merupakan alat yang mempermudah sobat yang beragama Kristen untuk mencari lagu-lagu rohani yang sering dinyanyikan di gereja. Database lagu-lagu yang ada di Kidung Online, masih terdiri dari 3 buku lagu, yaitu dari Buku Nyanyian Kidung Jemaat (paling sering), buku nyanyian Pelengkap Kidung Jemaat, dan terakhir buku lagu Nyanyikanlah Kidung Baru. Untuk kedepannya mungkin, akan saya tambahkan lagu pujian dari buku nyanyian Puji Syukur, Gita Bakti, Kidung Muda-mudi, dan lagu lainnya yang mungkin sering kita nyanyikan dalam ibadah.

Sebenarnya apa kelebihan website Kidung Online?
Latar belakang pembuatan website ini sebenarnya sederhana, ketika saya mendengarkan suatu nyanyian/lagu kadang saya hanya mengingat satu atau 2 baitnya, padahal saya ingin mengetahui judul lagunya, supaya bisa saya cari dan lihat lagunya di buku nyanyian. Ada banyak sumber lirik lagu-lagu ini di internet, tetapi sumbernya sangat banyak dan terpencar. Ada website yang menyediakan lirik saja, ada juga yang hanya menyediakan not lagu (berupa file midi), lalu ada juga yang menyediakan file slideshow not angka (berupa file gambar). Nah, dengan menyatukan sumber-sumber tersebut, mungkin pekerjaan pencarian lagu-lagu gereja ini menjadi lebih mudah. Secara umum berikut ini fitur-fitur yang ada di website KidungOnline.com:

  • Database lagu terdiri dari 3 buku lagu: Kidung Jemaat, Nyanyikanlah Kidung Baru dan Pelengkap Kidung Jemaat. 
  • Untuk masing-masing lagu, disediakan Lirik lagu, Not musik (file midi), serta Not angka (file gambar jpg). Sehingga jemaat dapat langsung melihat lirik sambil mendengarkan instrumen musiknya, ditambah lagi gambar slideshow not angkanya. 
  • Pencarian di Kidung Online lebih mudah, cepat dan efisien. Sobat bisa mencari berdasarkan judul atau nomor lagunya saja, atau pencarian melalui Lirik Lagunya (terutama bila kita lupa judul lagunya). 
  • Website Kidung Online kompatible dengan berbagai jenis browser, serta mendukung tampilan Handphone/Mobile serta tampilan untuk aplikasi iPad, dan sejenisnya. 
  • Database diusahakan terus ditambahkan. Saat ini masih terdiri 3 buku lagu, bila memungkinkan serta sumber daya memadai, maka pengembangan untuk buku lagu lainnya sangat dimungkinkan.

Tentunya dengan adanya website ini, tidak menggantikan buku lagu yang telah kita pegang selama ini. website ini hanya sebagai tool dan sarana untuk mempercepat pencarian lagu-lagu.
Tampilan Desktop

Tampilan Mobile

Judul Artikel: KidungOnline.Com - Mesin Pencari Lagu KJ, NKB, PKJ
Link URL : http://debrianruhut.blogspot.com/2012/08/kidung-online-mesin-pencari-kj-nkb-pkj.html?m=0
Jangan lupa untuk membagikan artikel KidungOnline.Com - Mesin Pencari Lagu KJ, NKB, PKJ ini jika bermanfaat bagi sobat.

Debrian Ruhut says: Indonesian blogger, ten-fingers typist, pepsi hater, mommy cuisine lover, dog lover, and thank GOD a cum-lauder too :P ▬ You may share the article but don't forget to write the source link. No plagiarism please.
Next Prev Home
Pengunjung yang baik selalu memberikan Komentar. No Sara. No Spamming. Bersama, kita bangun blogger Indonesia lebih cerdas dan kreatif. Terima Kasih :)

0 komentar:

Posting Komentar

PageRank

Free PageRank Checker
 

Debrian Ruhut Blog. © May 2009 - 2021 All Rights Reserved Revolution Two Church theme by Brian Gardner | Terms Of Service | Privacy Policy | Powered By Blogger |